Anda mungkin sering mendengar istilah kucing domestik, namun belum paham makna yang sebenarnya. Apakah kucing domestik itu kucing ras? Apakah kucing domestik itu kucing rumahan? Atau kucing kampung? Nah agar lebih jelas, simak terus artikel ini ya!

 

Pengertian Kucing Domestik

Banyak orang beranggapan bahwa yang namanya kucing domestik itu merupakan kucing dari daerah tertentu. Ada juga yang beranggapan bahwa kucing domestik itu kucing rumahan dan kucing jalanan. Jadi mana yang benar? Nah menurut Wikipedia, kucing domestik merupakan mamalia karnivora dari keluarga Felidae. Jadi kucing apapun yang masuk dalam keluarga Felidae itu disebut dengan kucing domestik. Namun secara spesifik, kucing domestik merupakan kucing yang bisa berbagi tempat tinggal dengan manusia. Jadi kucing domestik ini bisa kucing rumahan, kucing jalanan, kucing ras, dan jenis kucing lainnya yang bisa berbagi tempat tinggal dengan manusia.

 

Selain itu kucing domestik juga bisa berarti kucing yang berada di daerah tertentu. Misalnya seperti kucing persia yang ada di Iran atau kucing anggora yang berada di Turki. Kucing domestik bisa jadi merupakan kucing purebreed (kucing ras murni) atau bisa juga merupakan kucing mixed breed (kucing hasil perkawinan silang yang tidak diketahui rasnya). Jadi baik itu purebreed maupun mixed breed, keduanya merupakan kucing domestik. Misalnya kucing seperti kucing maine coon atau kucing ragdoll yang merupakan kucing mixed breed, bisa dikatakan sebagai kucing domestik.

 

Meskipun didefinisikan sebagai kucing yang ada di daerah tertentu dan bisa berbagi tempat dengan manusia, namun tak semua kucing domestik itu merupakan kucing rumahan. Bisa saja kucing domestik berada di jalanan, di gedung kosong, di perkebunan, dan tempat-tempat lainnya. Jadi untuk mendefinisikan kucing non-domestik sangatlah mudah yaitu ketahui apakah kucing tersebut bisa berbagi tempat atau tidak dengan manusia. Jenis kucing seperti singa atau harimau tentu tidak bisa berbagi tempat dengan manusia, sehingga tidak masuk dalam kategori kucing domestik.

 

Nah itulah penjelasan kucing domestik, semoga dapat menambah wawasan Anda ya!

Leave a Reply