Buah merah adalah buah yang berasal dari Papua. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai kuansu. Buah ini termasuk dalam keluarga pandan-pandanan dengan ciri khas warnanya yang merah di seluruh bagiannya. Memiliki nama latin Pandanus Conoideus, buah Papua ini memiliki banyak manfaat.

Manfaat Mengonsumsi Buah Merah

  1. Mencegah kanker

Penyakit kanker seringkali dianggap sebagai penyakit yang ganas dan sulit disembuhkan. Betakaroten dan tokoferol dalam kuansu ini dipercaya dapat membantu pembentukan sel tubuh dan menekan pertumbuhan sel kanker. Mengonsumsi buah ini juga dapat menetralisir karsinogen atau penyebab kanker.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, mengonsumsi buah asal Papua ini dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Mengandung betakaroten yang baik untuk memperlambat penumpukan flek pada dinding pembuluh darah sehingga aliran darah lancar.

  1. Mengatasi Kolesterol

Penyakit kolesterol saat kadar LDL dalam darah yang tinggi akan  tidak baik untuk kesehatan tubuh. Untuk mengatasinya, buah kuansu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Selain itu, buah ini juga akan meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam darah.

  1. Mengobati asam urat

Gout atau asam urat merupakan penyakit yang memiliki gejala nyeri teruama di daerah persendian. Usia lebih dari 30 tahun biasanya memiliki risiko yang lebih tinggi terkena asam urat. Konsumsi buah kuansu untuk membantu memperlambat penumpukan lemak pada pembuluh darah.

  1. Hepatitis

Buah Papua berwarna merah ini memiliki sifat antivirus dan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu, buah ini juga bermanfaat untuk membantu peningkatan regenerasi sel yang ada di dalam liver sehingga hepatitis tidak bertambah parah.

  1. Diabetes

Kadar gula darah yang tidak normal dapat terjadi karena kerja pankreas yang melemah dalam memproduksi insulin. Penanganan pasien diabetes dapat memanfaatkan antioksidan tokoferol yang terdapat dalam buah asal Papua ini. Antioksidan tersebut akan membantu meningkatkan kerja organ pankreas.

Manfaat buah merah asal Papua ini tentunya dapat diperoleh dengan mengonsumsi secara teratur. Betakaroten di dalamnya juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan seperti untuk perawatan kulit agar sehat dan cerah.

 

 

Leave a Reply