E-commerce atau yang juga dikenal dengan perdagangan elektronik merupakan salah satu penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa menggunakan sebuah sistem elektronik khususnya menggunakan internet. E-commerce ini juga bisa melibatkan beberapa sistem yang akan berhubungan dengan internet baik pembayaran dan yang lainnya.

Perkembangan E-Commerce yang Semakin Pesat

Industri dalam teknologi informasi yang saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat pada akhirnya membuat ada banyak aplikasi yang semakin bermunculan. Ada beberapa aplikasi yang cukup populer saat ini dan bergerak di bidang penjualan baik Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan yang lainnya.

Bahkan kemunculan akan aplikasi jual beli ini pun sudah banyak digunakan oleh banyak orang. Tentunya alasan mereka menggunakan aplikasi Bukalapak, Tokopedia, Shopee ini untuk melakukan beberapa pembelian barang secara online. Pembelian barang secara online memang bisa dilakukan dengan sangat mudah mengingat perkembangan internet saat ini sangat pesat.

pixabay.com

Apa yang Bisa Diketahui dari E-Commerce?

E-commerce adalah salah satu bagian dari e-business. Cakupan e-business ini jauh lebih luas bukan hanya berkaitan dengan perniagaan saja melainkan mencakup berbagai kolaborasi mitra bisnis. Contohnya adalah pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan, dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, ada berbagai teknologi jaringan yang menggunakan basis data, email, dan juga teknologi non komputer lain baik melakukan pengiriman barang, serta alat pembayaran yang bisa digunakan untuk membayarkan e-commerce ini. Pada awal mula kemunculannya, e-commerce ini diperkenalkan di tahun 1994.

E-commerce ini memang pertama kali digunakan dengan berbagai tujuan tertentu khususnya digunakan sebagai ajang promosi maupun periklanan di beberapa halaman website. Menurut beberapa pengamat, E-commerce ini akan terus berkembang karena sudah digunakan oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia khususnya di seluruh Indonesia.

pixabay.com

Bagaimana Cara untuk Menggunakan Aplikasi E-Commerce?

Nah, untuk menggunakan salah satu dari aplikasi E-commerce ini, Anda bisa mengikuti beberapa tutorial berikut ini:

  • Pertama, yang bisa bahkan wajib Anda lakukan pastinya menentukan aplikasi apa yang akan kalian pergunakan. Baik aplikasi Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan yang lainnya.
  • Setelah menentukan salah satu aplikasi tersebut, maka Anda bisa download dengan mudah melalui smartphone yang Anda miliki.
  • Setelah itu, bukalah salah satu aplikasi yang sudah Anda pilih sebelumnya. Aplikasi yang sudah dipilih ini pastinya akan menghadirkan tampilan utama berupa login atau sign in yang artinya mendaftar atau masuk.
  • Nah, jika Anda belum memiliki salah satu akun dari salah satu E-commerce yang akan Anda gunakan nantinya, maka Anda diwajibkan untuk memiliki salah satunya dengan memulainya menggunakan akun email yang dimiliki.
  • Setelah itu, Anda bisa mengisi beberapa data diri berupa nama, email yang digunakan, nomor HP aktif, tanggal lahir, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah sebagian tutorial singkat yang bisa kalian lakukan untuk memiliki salah satu akun di dalam beberapa aplikasi jual beli atau aplikasi E-commerce sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan juga Anda butuhkan. Lalu, apa kelebihan menggunakan aplikasi ini? Apakah akan memberikan kepuasan bagi para penggunanya?

pixabay.com

Beberapa Kelebihan Menggunakan Aplikasi E-Commerce?

Dalam beberapa kasus, salah satu perusahaan E-Commerce yang bisa bertahan tidak hanya mengandalkan dari kekuatan produknya saja. Melainkan adanya team manajemen yang baik, biasanya pengiriman akan dilakukan dengan tepat waktu. Selain itu, siapa pun yang menggunakan aplikasi E-Commerce ini akan mendapat banyak layanan.

Nah, beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan apabila Anda menggunakan aplikasi Bukalapak, Tokopedia, Shopee diantaranya sebagai berikut ini:

  • Belanja bisa dilakukan dengan praktis karena kita tidak harus pergi ke toko untuk mencobanya, mengantre, dan yang lainnya.
  • Bahkan beberapa aplikasi E-Commerce ini pun menyediakan beberapa barang dengan harga yang bisa dibilang cukup kompetitif.
  • Menyediakan informasi seputar barang yang lengkap, dengan berbagai disko, adanya ulasan dari beberapa pembeli sebelumnya juga menjadi bahan pertimbangan yang bisa dijadikan sebuah referensi ketika memutuskan untuk menggunakan salah satu E-Commerce.
  • Menggunakan E-Commerce juga membantu Anda mendapatkan banyak informasi tentang beberapa update tentang beberapa barang terbaru dan yang pasti beberapa barang yang diberikan adalah barang diskon.
pixabay.com

Kelebihan Lain Menggunakan E-Commerce

Adanya aplikasi E-Commerce ini memang merupakan salah satu pendukung dan juga salah satu akses yang membantu mempermudah beberapa kegiatan dari banyak orang. Bukan hanya digunakan untuk berbelanja baik pakaian, tas, sepatu dan yang lainnya, ada beberapa layanan lain yang biasanya diberikan oleh pihak aplikasi tersebut.

Sebagai salah satu contohnya saja adalah aplikasi yang bisa membantu Anda untuk melakukan beberapa pembayaran. Pembayaran mudah bisa Anda lakukan menggunakan salah satu aplikasi E-Commerce ini. Pembayaran yang dapat dilakukan contohnya seperti membayar tagihan listrik yang mudah, membayar tagihan air, membayar tagihan internet, membeli pulsa, dan lainnya.

Selain itu, adanya beberapa aplikasi E-Commerce ini juga membantu Anda untuk membeli tiket pesawat dan juga booking hotel. Ada banyak kemudahan ini membuat Anda bisa menjalankan berbagai aktivitas dan kebutuhan dengan mudah dan juga praktis. Jadi, itulah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan aplikasi modern yang canggih yaitu E-Commerce.

 

Leave a Reply