Bagi kalian yang suka berkebun tentu sangat senang apabila melihat mekarnya bunga di taman kesayangan anda. Hobi menanam bunga, baik itu jenis bunga gantung, maupun jenis bunga yang lain memang identik dengan keindahan, suasana segar, serta bau harum yang membuat perasaan menjadi bahagia atau tenang. Bagi kalian yang tertarik untuk menanam beragam jenis bunga di rumah, namun tidak memiliki cukup ruang, maka anda bisa mencoba menanam jenis bunga hias gantung. Adapun beberapa jenis bunga hias yang cukup populer dapat bisa anda tanam yaitu sebagai berikut.

pxhere.com

Beberapa Jenis Bunga Gantung

Bunga gantung adalah sebuah metode yang di mana cara menanamnya dilakukan dengan cara digantung. Berbeda dengan teknik menanam bunga pada umunya, teknik bunga gantung dinilai oleh sebagian masyarakat memiliki nilai seni dan keindahannya tersendiri. Untuk cara menanamnya pun sama ketika anda menanam bunga dengan media pot, namun yang membedakan adalah teknik gantung di udara. Berikut beberapa jenis bunga hias yang dapat anda pilih ketika ingin menanam bunga dengan menggunakan metode gantung.

  1. Bunga Geranium

Jenis bunga gantung yang pertama adalah Geranium. Jenis bunga ini sering juga dikenal sebagai Crane’s Bill. Pada umumnya, jenis bunga ini dapat ditemukan hampir di seluruh dunia. Adapun yang membuat bunga ini cukup populer yaitu karena memiliki beragam warna seperti merah, putih, merah mudah, biru maupun ungu.

  1. Zygocactus atau Schlumbergera Truncata

Salah satu jenis bunga hias yang berasal dari familiki kaktus adalah Zygocactus. Sama halnya dengan tanaman kaktus, jenis bunga ini juga membutuhkan cuaca yang cukup panas untuk bisa tumbuh dengan baik. Walau bunga Zygocactus membutuhkan perawatan yang cukup telaten, bunga ini dapat tumbuh lama dengan awet dibanding jenis bunga hias yang lain.

  1. Portulaca

Bunga Portulaca juga sering disebut sebagai Moss Rose. Jenis bunga yang satu ini adalah jenis bunga yang membutuhkan sinar matahari dan tanah yang berpasir. Kelebihan bunga Portulaca yaitu jenis bunga ini tidak membutuhkan banyak perawatan untuk mmendapatkan kualitas bunga terbaik. Sama dengan Million Bells, bunga Portulaca juga dapat tumbuh dengan cepat. Memiliki warna yang cukup beragam, kelopak pada jenis bunga ini dapat terdiri atas kelopak tunggal maupun kelopak ganda.

pxhere.com
  1. Million Bells

Million bells adalah jenis bunga hias yang paling sering ditanam kebanyakan orang karena selalu mekar tahunan dalam jumlah yang begitu banyak. Seperti namanya, jenis bunga ini dapat tumbuh banyak dengan jarak hanya sekitar 1 inchi antara bunga yang satu dengan bunga yang lain. Karakteristik yang nampak pada bunga ini yaitu memiliki daun berwarna hijau menyala dengan bentuk oval yang lucu. Pada bagian kelopaknya, bunga ini memiliki warna utama seperti kuning dan putih.

  1. Bunga Petunia

Walau tidak memiliki ukuran seperti bunga hias yang lain, jenis bunga ini tentu tidak kalah indah. Memiliki bentuk yang kecil, karakteristik lain pada bunga petunia yaitu memiliki bentuk daun yang menyerupai hati atau oval. Pada bagian mahkotanya, jenis bunga ini tampil dalam kelopak tunggal atau ganda dengan bentuk yang hampir menyerupai terompet.

  1. Lobelia White Fountain

Salah satu karakteristik yang cukup populer dari bunga hias ini yaitu berwarna putih, jernih, padat, dan begitu indah. Di Indonesia, bunga Lobelia White Fountain sering dijadikan sebagai bunga hias gantung yang ditanam dengan cara digantung atau menggunakan pot-pot gantung di rumah. Karena memiliki karakteristik bentuk air terjun yang indah, bunga ini dapat tumbuh cepat dan dibudiyakan melalui perpindahan media tanah atau pot. Untuk masalah harganya, jenis bunga gantung ini memiliki harga yang cukup tinggi.

  1. Bunga Lipstik Merah

Sesuai dengan namanya, jenis bunga hias satu ini memang menyerupai lipstik yang berwarna merah. Pada bagian permukaan kelopaknya, bunga ini ditumbuhi oleh bulu-bulu halus yang lembut. Bunga ini umumnya mekar hingga 2 – 3 minggu. Adapun kepopuleran bunga hias ini karena bentuknya yang jatuh ke bawah pot dan menjuntai turun. Bunga ini cocok ditanam di lingkunan yang memiliki suhu panas maupun dingin. Untuk bisa mendapatkan bunga lipstik merah dengan kualitas terbaik, dibutuhkan perawatan khusus pada jenis bunga satu ini.

  1. Japanese Wisteria

Jenis bunga gantung yang terakhir adalah Japanese Wisteria. Biasanya, bunga ini memiliki kelopak bunga yang berwarna putih, pink, ungu, dan biru. Setiap susunan mahkota dari bunga ini juga terlihat padat. Bunga Japanese mekar di musim semi dan panas, selain memiliki keindahan warna pada kelopaknya, Japanese Wisteria juga memiliki wewangian mirip anggur. Karena sifatnya yang merambat naik, jenis bunga hias gantung ini sering ditanam dan dipasang dalam keranjang atau digantung. Anda bisa mendapatkan bibit bunga ini di beberapa toko yang jualbibitbunga.

pxhere.com

Perawatan Bunga Hias

Untuk bisa mendapatkan kualitas bunga gantung yang terbaik, tentu dibutuhkan perawatan dan teknik penanaman yang benar. Bagi kalian yang ingin memelihara tanaman, pastikan anda telah mengetahui beberapa tips memelihara bunga hias. Adapun tips yang dimaksud seperti mengenali tipe tanaman yang akan ditanam terlebih dahulu, menyesuaikan arah sinar matahari, menentukan spot yang tepat, serta menentukan tali gantung.

Leave a Reply