Bunga adalah salah satu tanaman yang indah. Tidak heran tanaman yang satu ini sering dijadikan sebagai hiasan untuk memperindah rumah. Dengan bentuk daun yang beragam, serta warna bunganya yang berwarna-warni, membuat bunga banyak disukai orang. Tanaman bunga tidak hanya bisa ditanam dan diletakkan di luar ruangan saja, beberapa tanaman hias bisa diletakkan di dalam rumah sehingga dapat memperindah ruangan. Diantara banyaknya tanaman hias, salah satu tanaman yang paling sering digunakan untuk memperindah ruangan adalah tanaman bunga kamboja jepang.

kebanyakan orang mengenal bunga sebagai tanaman hias, namun sebenarnya ada juga tanaman bunga yang memiliki manfaat lain disamping sebagai hiasan. Salah satu tanaman tersebut adalah tanaman kamboja jepang. Sebelum kita mengenali jenis-jenis bunga kamboja, mari kita kenal dulu beberapa manfaat bunga kamboja terutama kamboja jepang.

Manfaat Bunga Kamboja Jepang

 

            kamboja jepasng sebagai tanaman hias merupakan hal yang biasa, namun tahukah anda kalau bunga yang satu ini juga memiliki banyak manfaat lain? simak informasinya di bawah ini.

  1. Sebagai Antibiotik

Salah satu manfaat dari kamboja jepang ini adalah sebagai antibiotik. Bakteri yang menyerang dapat mengakibatkan infeksi, jika bunga dari kamboja jepang ini dikonsumsi, maka infeksi bisa diobati.

  1. Anti radang

Manfaat lainnya adalah anti radang. Radang merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi akibat bakteri, virus, maupun jamur. Jamur sendiri ada banyak sekali jenisnya, salah satu yang cukup mengganggu adalah white mold. Dengan kandungan flavonoid yang ada di dalam bunga kamboja jenis ini, luka yang anda alami serta radang yang bisa saja terjadi dapat diobati.

  1. Mengatasi berbagai masalah kulit

Masalah kulit paling sering terjadi di daerah kaki. Kudis, kapalan, kaki pecah-pecah, maupun gangguan kulit lainnya dapat diatasi dengan bunga kamboja jepang.

  1. Mengobati disentri

Bahkan penyakit yang satu ini dapat diobati dengan bagian bunga dari kamboja jepang.

 

Selain manfaat di atas, kamboja jepang juga memiliki dapat digunakan sebagai obat beberapa penyakit seperti batuk, TBC, Maag, hingga depresi. Jika anda meletakkan bunga satu ini di dalam rumah, maka gejala depresi dapat anda hindari. Selain itu warna bunganya yang cantik juga akan memperindah rumah anda.

 

Jenis-jenis Bunga Kamboja

 

            Bunga kamboja ini banyak jenisnya, jadi manfaat yang disebutkan di atas tidak semuanya bisa anda dapatkan dari bunga kamboja. Berikut ini adalah beberapa jenis bunga kamboja yang sebaiknya anda kenali.

  1. Adenium Swazicum

Nama lain dari bunga kamboja adalah bunga Adenium. Dan salah satu jenis bunga kamboja adalah Adenium swazicum yang bentuk bunganya seperti bintang. Warna daun dari bunga kamboja jenis ini juga ada dua macam, yaitu hijau tua dan hijau muda.

  1. Adenium windmill

Bunga kamboja yang satu ini bentuk daunnya sedikit panjang jika dibandingkan dengan bunga kamboja lainnya.

  1. Adenium Multiflorum

Bunga kamboja jenis ini biasanya dapat ditemukan dengan mudah di wilayah Afrika.

  1. Adenium Boehmianum

Kamboja jenis ini bunganya berwarna putih. Masa tumbuh tanaman kamboja ini juga tidak terlalu panjang. Cukup sensitif juga terhadap jumlah air saat penyiraman

 

Selain keempat jenis tersebut, masih ada banyak lagi jenis bunga kamboja yang mungkin sebagian kita belum kenal. Selain memiliki bunga yang cantik dan jenis yang banyak, bunga kamboja ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak heran jika bunga yang satu ini banyak disukai oleh mereka yang hobi menanam tanaman hias.

 

Leave a Reply