Deskripsi

Pohon ceri sering tumbuh di pekarangan rumah anda. Ternyata daun seri memiliki beberapa manfaat. Artikel berikut akan membahas bagaimana manfaat daun ceri.

 

Artikel

 

Pohon  ceri atau biasa disebut pohon kersen ini memiliki buah yang enak untuk dimakan.Pohon ini memiliki chiri khas yakni buahnya yang berwarna merah dan berbuah tanpa mengenal musim. Namun pada pohon ceri ini orang lebih mengenal buahnya ketimbang daunya. Padahal daun buah ceri ini memiliki banyak manfaat.

Kandungan didalam buah ceri diantaranya adalah air,protein, serat, kalsium,zat besi, karoten, riboflavin, fosfor,  karbohidrat, lemak,  dan niacin. Daun kersen juga memiliki kandungan lain seperti tanin, saponin, flavonoid,juga steroid. Yang baik bila dikonsumsi tubuh.

 

Manfaat daun ceri

Agar lebih memahami manfaat dari daun ceri berikut akan kita paparkan :

 

  1. Mengontrol kolesterol

Kandungan saponin dan flavonoid yang terdapat dalam daun ceri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.Menurunnya kadar kolesterol jahat di dalam darah dapat berguna untuk menghindarkan kita dari berbagai penyakit kardiovaskular.

 

  1. Anti bakteri

Senyawa flavonoid berupa flavonol, flavon da auron, yang terkandung dalam daun seri terbukti memiliki daya antibakteri terhadap beberapa bakteri. Bakteri yang dapat bereaksi akan senyawa ini adalah S. aureus  P. aeruginosa, B. Subtilis dan E. Coli.

 

  1. mencegah darah tinggi

Dari ebberapa penelitain mengatakan bahwa daun ceri dapat bermanfaat untuk darah tinggi. Daun kersen berfungsi sebagai pencegah bukan sebagai pengobatan sehingga tidak bisa mengobati bila darah tinggi anda sudah parah.

 

  1. Anti kangker

Kandungan senyawa saponin, tanin,  dan flavinoid dalam daun ceri madalah senyawa  antoksidan yang mampu menangkal radikal bebas, yang merupakan salah satu pemicu kanker.selain kangker daun ini juga dapat menjadi anti tumor.

 

  1. Mengobati diabetes

Kandungan flavonoid dan saponin di dalam daun ceri dapat membantu seksresi hormon insulin dalam tubuh. Hormon insulin sendiri adalah hormon yang mengontrol kadar gula dalam darah. Daun ceri membantu mengotrol gula dalam darah sehingga sanagt baik untuk digunakan saat diabetes kambuh serta untuk mencegah bagi anda yang memiliki kemungkinan mengidap penyakit diabetes.

 

Demikian artikel tentang daun ceri dan segudang manfaatnya. Semoga artikel ini dapat berguna bagi anda.

Leave a Reply