Tips Memilih Printer

Kemajuan teknologi adalah hal yang tidak bisa kita hindari di masa sekarang ini. Teknologi yang maju juga berarti ilmu pengetahuan ikut maju karena mereka berjalan berdampingan. Dengan manusia yang juga terus belajar, semakin banyak terciptanya inovasi-inovasi dan terobosan dalam bidang teknologi. Adanya inovasi dalam bidang teknologi adalah tidak lain untuk semakin memanjakan manusia dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan.

Tujuan adanya Inovasi dalam teknologi adalah untuk memberikan manfaat yang positif bagi manusia. Teknologi menawarkan berbagai kemudahan yang sebelumnya hanya bisa dibayangkan saja. Dan ketika manusia bisa memanfaatkan itu dengan baik maka akan berdampak juga kepada kehidupannya yang semakin terbantu.

Inovasi dalam bidang teknologi

Seperti dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, bidang ini merupakan teknologi yang setiap inovasinya selalu bisa dirasakan langsung oleh orang banyak. Salah satu fungsi teknologi informasi yaitu sebagai pengolah, menuntut para produsen bidang teknologi untuk selalu memberikan sesuatu yang baru dan inovatif. Contoh teknologi informasi dan komunikasi yang inovasinya mempengaruhi langsung aktivitas manusia adalah komputer, printer, dan handphone.

Komputer saat ini memiliki bentuk yang sangat ringkas, tipis, dan memiliki kecepatan proses yang tinggi. Jika dibandingkan dengan jaman dahulu, komputer dulu memiliki layar desktop berbentuk tabung besar dan tidak ringkas seperti sekarang. Daya dan ketahanannya pun pasti jauh berbeda satu sama lain. Begitu pula dengan printer, dahulu printer memiliki ukuran yang besar dan terdapat suara bising saat proses mencetak. Sedangkan printer saat ini sudah lebih inovatif dengan ukuran yang ringkas, tidak memproduksi suara bising, dan kecepatan mencetak yang lebih tinggi. Segala perubahan dan inovasi yang terjadi pada komputer dan printer ini karena ingin memudahkan manusia dalam mengoperasikannya.

www.pexels.com

Perusahaan IT berinovasi

Saat ini komputer dan printer juga tetap terus berinovasi. Para perusahaan produsen komputer dan printer terus selalu menawarkan perubahan baik di setiap produk yang mereka pasarkan. Namun selain karena ingin memberikan kenyamanan terbaik bagi konsumennya, mereka juga harus bersaing dengan produsen yang lainnya.

Banyaknya perusahaan IT yang terus berproduksi dan menawarkan fitur-fitur baru di produknya membuat kita para konsumen juga harus lebih cermat dalam memutuskan produk mana yang akan dipakai. Perusahaan IT terkenal saat ini seperti canon, hp, dan Epson mengklaim bahwa produk mereka merupakan yang paling handal dan canggih. Maka dari itu, penting bagi kita sebagai konsumen yang ingin membeli printer untuk melakukan survey atau mencari tahu keunggulan, kelebihan dan spesifikasinya. Hal ini juga berlaku untuk produk IT lainnya.

Seperti saat anda ingin membeli printer, anda harus memahami dulu kebutuhan anda sebelum membelinya. Printer saat ini memiliki beberapa jenis tipe dengan setiap tipenya memiliki jenis yang berbeda-beda dan setiap printer telah dirancang untukĀ  bekerja pada keadaan tertentu.

Ada printer yang dirancang hanya untuk mencetak foto yang berarti printer tersebut dikhususkan untuk orang-orang yang aktivitasnya lebih banyak mencetak foto. Ada lagi printer all in one, printer yang memiliki keunggulan bisa memindai, mencetak, menyalin, berarti printer ini sesuai untuk orang-orang yang kerjanya berkaitan dengan hal-hal administrasi. Dengan memahami jenis dan tipe printer, anda akan paham printer mana yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan.

www.pexels.com

Tips Memilih Digital Printing

Ketika anda memutuskan bahwa anda membutuhkan sebuah produk dan akan membelinya, pasti yang diinginkan adalah produk yang tidak hanya sesuai kebutuhan tetapi juga sesuai dengan budget. Maka dari itu penting untuk mencari informasi agar tidak salah dalam membeli. Berikut ini adalah tips memilih printer bagi anda yang akan membeli printer:

  1. Pilihlah sesuai kebutuhan

Tips pertama ini merupakan yang paling penting yang harus diingat. Yang dimaksud dengan kebutuhan adalah seberapa sering nantinya anda akan memakai printer ini, dokumen dan file seperti apa yang akan anda cetak. Selain itu penting juga mengetahui spesifikasi sebuah printer karena hal tersebut akan mempengaruhi proses pencetakan dan hasil cetakan nantinya.

Untuk mengetahui printer jenis apa yang sesuai kebutuhan anda, maka anda harus menentukan teknologi printer yang cocok digunakan. Inkjet printer, laser printer, dan dot matrix printer merupakan tipe-tipe printer berdasarkan teknologinya. Lalu penting juga untuk diingat dasar anda menggunakan printer.

Jika anda menggunakan printer untuk rumahan dan pencetakan sederhana, maka printer dengan satu fungsi dan harga terjangkau merupakan pilihan yang tepat. Berbeda lagi dengan penggunaan printer untuk bisnis, anda bisa mempertimbangkan untuk membeli printer multifungsi dengan fitur pendukung lainnya. Umumnya printer yang digunakan adalah printer jenis laser. Lain lagi untuk printer dengan kebutuhan untuk cetak foto. Jika yang dibutuhkan adalah printer untuk mencetak foto, maka yang digunakan adalah jenis printer dengan hasil warna yang sempurna. Spesifikasi ini terdapat pada printer jenis inkjet yang membutuhkan tinta lebih banyak.

Jadi hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli printer adalah memahami kebutuhan agar hasil pencetakan juga maksimal.

  1. Membeli printer dalam kondisi baru

Printer merupakan sebuah mesin cetak buatan manusia yang tentunya juga bisa mengalami kerusakan. Maka dari itu membeli printer baru sangat dianjurkan karena berarti printer masih dalam keadaan baik dan mesinnya optimal. Printer baru juga masih memiliki garansi dan distributor dari pabrik yang memudahkan layanan servis jika terjadi kerusakan. Dengan membeli printer baru pun anda tahu kemana harus mengadu jika terjadi masalah pada printer anda. Berbeda dengan printer secondhand yang pemiliki lama nya bisa saja tidak akan bertanggungjawab dan menyembunyikan saat menjual printernya.

  1. Garansi resmi dari produsen pembuat printer

Salah satu yang juga harus diperhatikan adalah garansi resmi dari produsen printer. Perlu diperhatikan untuk mencari printer dengan garansi lama. Garansi dengan jangka waktu yang lama juga merupakan bentuk dari tanggungjawab dan keseriusan terhadap kualitas produk yang mereka produksi. Selain itu, garansi juga membantu anda untuk memperbaiki printer jika anda menemui masalah setelah anda membelinya.

  1. Pilih printer dengan merk branding yang baik

Tidak bisa dipungkiri bahwa merk branding yang baik juga membuat orang percaya bahwa merk tersebut memiliki kualitas yang tinggi. Maka dari itu pilihlah merk yang sudah teruji kualitasnya. Beberapa merk printer yang sudah terkenal akan kualitasnya adalah HP, Epson, Canon dan Xerox.

  1. Memeriksa kondisi printer saat membeli

Ini merupakan hal yang wajib dilakukan jika anda akan membeli printer. Meskipun barang dalam kondisi baru, namun terkadang terdapat masalah pada fisik printer seperti lecet dan masalah operasional lainnya. Maka dari itu jangan lupa untuk memeriksa kondisi printer untuk yang terakhir kali sebelum memutuskan untuk membeli.

  1. Perhatikan harga

Harga merupakan salah satu yang sangat menjadi pertimbangan bagi para pengguna ketika akan membeli suatu barang. Tidak dapat dipungkiri bahwa semua pengguna menginginkan printer dengan kualitas dan spesifikasi tinggi namun harga tetap terjangkau. Yang perlu diingat bahwa walaupun harga merupakan hal yang harus dipertimbangkan, tetapi anda juga perlu mempertimbangkan kualitas printer tersebut. Jangan mudah tergoda oleh harga printer yang miring tetapi kualitasnya belum teruji. Maka dari itu, pilihlah printer dengan kualitas tinggi dan awet namun dengan harga yang terjangkau.

www.pexels.com

Rekomendasi Printer Canon

Setelah memperhatikan tips untuk memilih printer, selanjutnya adalah memilih printer mana yang keunggulannya dapat membantu anda dalam aktivitas pencetakan anda. Salah satu tips memilih printer adalah memilih printer dengan merk branding yang baik dan salah satu merk yang sudah teruji kualitasnya sampai saat ini adalah Canon. Canon sebagai salah satu produsen printer terbaik di dunia saat ini selalu memberikan produk-produk yang berkualitas dan tidak mengecewakan dan selalu didukung oleh inovasi-inovasi baru. Salah satu kelebihan Canon dibanding dengan merk printer yang lain adalah kecepatan pencetakan yang lebih baik diantara pesaingnya yang lain. Selain itu harganya terjangkau tetapi tetap bisa mendapatkan printer kualitas tinggi. Berikut ini adalah rekomendasi printer untuk anda berdasarkan kebutuhannya:

  1. Printer Canon untuk pelajar, mahasiswa dan rumahan

Printer telah menjadi kebutuhan mahasiswa dan pelajar saat ini untuk mendukung belajar mengajar dan perkuliahan. Apalagi bagi mahasiswa yang hampir seluruh materi perkuliahannya dalam bentuk ppt atau jurnal, pasti mereka membutuhkan printer untuk mencetak materi. Printer yang memenuhi kebutuhan namun harga terjangkau merupakan kriteria yang dicari oleh para mahasiswa dan pelajar. Berikut ini adalah rekomendasi printer canon untuk pelajar dan mahasiswa:

  1. Printer Canon Pixma MG2570

Printer ini merupakan printer dengan fungsi all in one yang berarti bisa memindai, mencetak, menyalin cocok untuk terutama bagi para mahasiswa yang membutuhkan fitur menyalin dan memindai untuk kebutuhan administrasi kampus dan perkuliahan. Printer ini memiliki bentuk yang cukup ringkas dan dilengkapi dengan fitur Auto On yang akan membuat printer menyala otomatis ketika anda akan mencetak dokumen. Begitu juga ketika printer tidak mendeteksi pencetakan dalam jangka waktu tertentu maka printer tersebut akan otomatis mati

Printer Canon Pixma MG2570 juga dilengkapi dengan quite mode fitur yang meminimalisir suara yang dihasilkan saat mencetak. Kelebihannya yang lain adalah hasil cetak yang berbeda sesuai yang diinginkan karena memiliki Canon Hybrid System yang membuat cetakan berkualitas tinggi. Printer ini juga memiliki kecepatan mencetak 8 lembar per menit untuk cetak hitam dan 6 lembar per menit untuk cetak warna. Sedangkan untuk fitur menyalin dokumen, printer Canon ini memiliki kemampuan 1,6 lembar per menit. Canon printer drivers nya juga bisa diunduh di website canon bagi laptop anda yang belum terinstall printer ini.

Dengan segala spesifikasi dan keunggulannya, printer ini cocok untuk anda para mahasiswa dan pelajar untuk mencetak materi belajar dan kebutuhan lainnya.

  1. Printer Canon Pixma E400

Printer Canon Pixma E400 ini memiliki fungsi sama seperti Canon Pixma MG2570 yaitu mencetak, menyalin, dan memindah. Selain itu, printer ini memiliki kemampuan untuk mencetak 8 lembar per menit untuk cetak hitam dan 4 lembar per menit untuk cetak warna. Printer ini juga memiliki fitur Auto On/ Off yang dapat menyala otomatis ketika mencetak dokumen dan mematikan otomatis jika tidak terdeteksi aktivitas pencetakan pada jangka waktu tertentu.

Teknologi fast front juga tersedia di printer ini yang membantu memudahkan pengguna untuk mengganti cartridge dan mengganti kertas tanpa harus membuka printer. Terdapat fitur my image garden yang bisa digunakan sebagai mengatur foto dalam bentuk kalender. Jika anda membutuhkan cetak foto, printer ini juga dapat mencetak dengan kualitas tinggi meskipun bukan printer yang didesain untuk mencetak foto.

  1. Printer Canon Pixma IP2770

Printer ini merupakan printer inkjet dengan cetakan kualitas tinggi baik tulisan maupun foto cocok bagi mahasiswa dan pelajar yang membutuhkan printer untuk cetak biasa dan foto sekaligus. Dengan resolusi 4800×1200 dpi dan chromalife +100, printer ini dapat mencetak dengan hasil yang tajam dan cetakan warna yang dapat bertahan lama. Terdapat teknologi print head fine juga yang berpengaruh pada cetakan gambar dengan hasil yang jelas dan detail sempurna.

Printer Canon Pixma IP2770 memiliki kemampuan mencetak hingga 7 lembar per menit untuk monokrom dan 4,8 lembar per menit untuk warna. Selain itu printer ini mencetak dengan resolusi 4800×1200 dpi. Mencetak foto dengan Canon Pixma IP2770 juga menjadi lebih indah tanpa ada batas karena menggunakan fungsi borderless. Printer ini juga dapat digunakan di pc atau notebook dengan system operasi dibawah windows 8.

Printer Canon Pixma IP 2770 Ini bisa digunakan bagi anda yang ingin memulai bisnis digital printing secara kecil-kecilan. Digital printing adalah percetakan yang gambarnya berbasis digital. Anda bisa mencetak dengan kertas HVS, foto atau art paper untuk mencetak brosur, pamlet, atau selebaran.

www.pexels.com
  1. Printer Canon IP2870S

Printer Canon IP2870S merupakan printer dengan kualitas tinggi namun dengan harga terjangkau. Ukuran printer yang ringkas memudahkan untuk diletakkan diruangan kecil karena tidak memakan tempat. Cocok bagi mahasiswa yang ingin membawa printer ke kos-kosannya karena tidak terlalu besar. Printer ini memiliki kemampuan mencetak dengan 8 lembar per menit untuk hitam putih dan 4 lembar per menit untuk warna dengan kecepatan cetak standard ISO.

Selain desain produknya yang ringkas, salah satu alasan mengapa printer ini cocok untuk mahasiswa karena printer ini memakan daya listrik tingkat yang paling rendah sehingga jangan khawatir saat penggunaan printer akan memakan listrik banyak. Fitur Auto power on yang dimiliki printer ini juga menambah alasan mengapa printer ini cocok untuk masuk pertimbangan sebelum membeli printer.

  1. Printer Canon untuk perkantoran

Selain digunakan untuk pribadi, printer juga sudah menjadi barang wajib di perkantoran karena pekerjaan mereka yang berkaitan dengan surat menyurat, dokumen, dan penyalinan. Berikut adalah rekomendasi printer Canon untuk aktivitas perkantoran

  1. Printer Canon Pixma MG7150

Printer Canon Pixma MG7150 cocok untuk perkantoran karena sudah dilengkapi dengan fitur perangkat wifi yang bisa digunakan tanpa harus dengan kabel USB. Namun masih tetap bisa menggunakan kabel usb jika tidak ada jaringan internet. Selain itu, printer ini juga sudah terdapat fitur touchscreen yang memudahkan pengaturan.

Printer ini bisa mencetak dengan kemampuan 10 lembar per menit untuk cetak warna dan 15 lembar per menit untuk cetak warna. Dengan resolusi pencetakan 9600 x 2400 andan tidak perlu meragukan ketajaman gambar yang dihasilkan dari printer ini.

  1. Printer Canon Pixma MX492

Printer Canon Pixma MX492 merupakan printer all in one yang mampu mencetak, menyalin, memindah dalam satu printer. Selain itu printer ini juga bisa mengirim faksimile yang cocok untuk perkantoran. Fungsi ADF yaitu Automatic Document Feeder pada printer ini membantu untuk memindai dokumen dan kirim faks dalam jumlah banyak. Mode Auto Power On/Off juga hadir dalam printer Canon Pixma MX492 yang berfungsi untuk menyalakan printer secara otomatis jika terdeteksi aktivitas pencetakan dan mematikan jika tidak ada akivitas pencetakan lagi. Mode ini juga membantu menghemat listrik saat tidak digunakan.

Printer Canon ini memiliki kemampuan mencetak dengan kecepatan 8,8 lembar per menit sedangkan untuk cetak warna mencapai 4,4 lembar per menit. Untuk fungsi scan, printer ini memiliki resolusi memindai 600 x 1200 dpi, untuk pencetakan 4800 x 1200 dpi, dan resolusi menyalin 300 dpi untuk monokrom dan 200 dpi untuk warna. Sedangkan untuk facsimile, printer ini memiliki kecepatan transmisi data 33.6 Kps.

Bagi anda yang suka menyimpan dokumen dalam smartphone, anda bisa langsung mencetak ke printer lewat smartphone karena printer ini memiliki konektivitas Google Cloud Print dan Air Print. Walaupun mencetak lewat smartphone, jangan khawatir karena hasil cetak tetap berkualitas. Printer ini pun juga memiliki layar touch screen yang membuatnya bisa dioperasikan tanpa harus dilengkapi dengan komputer. Dengan semua spesifikasi dan keunggulan yang dimiliki printer ini, cocok untuk digunakan di perkantoran.

  1. Printer Canon Office and Business MX922

Sesuai dengan namanya, printer ini didesain untuk memenuhi kebutuhan dunia perkantoran dan bisnis. Sama seperti printer Canon yang sebelumnya, Canon MX922 ini all in one printer dengan fitur scan, print, copy, dan juga faksimili. Bagi anda yang membutuhkan dokumen cetak bolak-balik, printer ini memiliki fitur duplexer yang dapat membantu anda mencetak dokumen secara bolak-balik. Dengan daya tamping kertas yang mencapai 250 lembar, anda tidak perlu ribet bolak-balik mengisi kertas. Bagi anda yang perlu untuk mencetak foto, printer ini memiliki tray sendiri khusus untuk kertas foto yang dapat menampung 20 lembar kertas foto ukuran 6 x 4.

Printer Canon Office and Business MX922 memiliki fitur wifi membuat printer ini mudah dihubungkan ke jaringan. Jika notebook atau pc anda belum terinstal Canon printer drivers, fitur pencetakan dari handphone atau smartphone hadir di Canon MX922 untuk membantu anda mencetak dengan menggunakan aplikasi Cloud dan Airprint. Selain itu, Canon MX922 juga memiliki fitur wireless pictbridge yang berfungsi untuk mencetak foto langsung dari kamera Canon. Namun fitur ini hanya berfungsi di beberapa kamera Canon tertentu.

Canon MX922 ini dapat mencetak sebanyak 2,4 lembar per menit dengan resolusi yang tinggi 9600 x 2400 dpi. Jika anda ingin mencetak dan memindai lewat flashdisk atau smartphone via usb, anda bisa melakukannya dengan printer ini karena printer ini memiliki lcd sebesar 3 inci yang dapat membantu anda mencetak tanpa bantuan PC. Terlebih lagi, terdapat slot usb pada printer ini untuk menancapkan flashdisk atau usb smartphone ada pada printer ini.

Dengan spesifikasi dan keunggulan yang tersedia di printer ini, printer ini cocok untuk digunakan di kantor karena dapat membantu aktivitas dan produktivitas kerja.

Printer telah menjadi salah satu produk teknologi informasi yang paling berpengaruh saat ini. Jenis dan tipe printer yang akan dipakai harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan penggunanya. Cara memilih printer sebelum membeli perlu diperhatikan nantinya printer dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja para penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags: