Event Organizer merupakan sebuah usaha yang menyediakan berbagai macam jasa untuk membuat sebuah acara yang sesuai anda inginkan misalkan saja acara pernikahan, ulang tahundan lain sebagainya. Event Organizer sendiri pada awalnya hanya mengelola sebuah acara yang besar seperti acara music atau konser, acara fashion, acara seminar dan acara besar lainnya. Namun dengan perkembangan zaman yang semakin trend dan minat masyarakat semakin luas terhadap EO.

Dengan begitu banyak berbagai permintaan baru yang muncul dari masyarakat untuk mengelola sebuah acara yang sederhana dan bermakna untuk para klien. Di Yogyakarta sendiri banyak berbagai macam Event Organizer jogja yang dapat anda pilih misalkan saja untuk Event Organizer workshop kreatif. Banyak EO yang mengelola jasa ini salah satunya adalah Janitra Media, PT. Indolima Perkasa, Faize Event and Wedding Organizer, Terapi Perekonomian dan lain sebagainya.

pexels.com

Macam Acara Yang Ditangani Oleh Event Organizer

Banyaknya permintaan akan Event Organizer, berikut ini ada beberapa macam acara yang ditangani oleh Event Organizer, yaitu:

  1. Acara Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE)

Event Organizer mengelola acara resmi seperti acara meeting, klien biasanya akan mendiskusikannya dengan EO mulai dari tanggal acara, jumah peserta, tempat pelaksanaan dan lain sebagainya. Setelah mendiskusikan berbagai macam hal biasanya EO akan memberikan masukan jika dibutuhkan, kemudian setelah itu Event Organizer akan mulai merancang dan memesan tempat untuk pertemuan tersebut.

Sedangkan untuk acara yang besar biasanya akan membutuhkan waktu yang agak lama untuk mempersiapkan segalanya. Acara besar tersebut biasanya berupa rapat besar ataupun pameran. Untuk sebuah acara pameran biasanya akan mencari sebuah sponsor. Untuk anda yang berada di daerah jogja jangan khawatir karena sekarang ini banyak Event Organizer jogja yang menyediakan.

  1. Acara Music Dan Hiburan

Event Organizer untuk acara music dan hiburan biasanya akan mendiskusikan tempat, tanggal, desain panggung, artis yang ingin di undang, hal tersebut merupakan gambaran garis besar pekerjaan EO di bidang acara music dan hiburan. Selain itu Event Organizer juga turut serta dalam mencari mitra sponsor, media patner agar acara music dan hiburan ini terkenal, sukses dan berjalan dengan lancar. Dan biasanya untuk yang berada di daerah jogja ataupun daerah lainnya untuk acara ini EO akan menyediakan nasi box jogja ataupun lainnya.

  1. Acara Pernikahan

Acara pernikahan merupakan sebuah acara yang sangat penting bagi siapa saja yang melaksanakannya, oleh sebab itu banyak pasangan yang memilih untuk memakai jasa EO atau wedding organizer untuk acara pernikahan mereka. Event Organizer akan merancang segala kebutuhan yang klien inginkan mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki pengantin. Acara pernikan tersebut bisa dilakukan secara sederhana ataupun mewah tergantung dengan keinginan para calon pengantin.

  1. Acara Peluncuran Produk Baru

Untuk sebuah perusahaan yang akan meluncurkan sebuah produk baru pastinya akan membutuhkan sebuah kepanitian untuk mempromosikan dan mengelola acara tersebut agar produk baru sebuah perusahaan tersebut yang akan dikenalkan dapatdisampaikan dengan tepat kepad masyarakat luas. Biasnya sebuah perusahaan akan menyewa EO untuk melakukan acara tersebut, perusahaan dan EO akan menentukan tanggal dan lokasi yang tepat agar acara peluncuran produk baru ramai dan tentunya sukses.

Dalam hal inihal yang paling terpenting yaitu strategi dan cara pemasaran produk baru yang akan dikenalkan pada konsumen agar para konsumen menyukai produk baru perusahaan dan menjadi trend tersendirinya. Untuk menarik perhatian para konsumen adakan diskon dan replika maskot agar para konsumen yang hadir tertarik dengan produk baru perusahaan.

pexels.com
  1. Acara Seminar Kepemimpinan

Event Organizer menyediakan berbagai macam jasa penyelenggaraan untuk sebuah seminar, pelatihan kepemimpinan yang dibutuhkan oleh perusahan yang dapat digunakan untuk membekali para karyawannya. Event Organizer biasanya sudah memiliki sebuah daftar paket yang disedikan dan siap ditawarkan kepada para pengusahaan yang ingin bekerjasama dengan Event Organizer tersebut. EO akan biasanya akan memulai membahas mulai dari pembicara materi, metode pelatihan yang diinginkan seperti apa, semua hal tersebut akan ditangani langsung oleh Event Organizer.

  1. Acara Tour Wisata

Event Organizer juga menyediakan acara tour wisata mulai dari pemberangkatan, kendaraan, tempat-tempat yang dituju, penginapan, hingga konsumsi. Untuk perjalanan wisata ke Yogyakarta biasanya EO akan menyediakan konsumsi seperti nasi box jogja untuk makan besar pagi ataupun siang. Event Organizer biasanya akan menyediakan paket yang akan ditawarkan bervariasi tergantung dengan tempat tujuan, layanan, bahkan lamanya perjalanan.

Itulah sebagian dari beberapa macam acara yang ditangani oleh Event Organizer, bukan hanya itu saja masih banyak lagi berbagai macam acarac dari EO misalkan saja acara ulang tahun, acara pertemuan, acara seni dan budaya, dan lain sebagainya. Di Yogyajarta juga banyak berbagai macam Event Organizer Jogja yang biasa menangani berbagai macam acara. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

 

Leave a Reply