Saat ini merupakan masa dimana anak muda lebih memilih untuk menghabiskan waktunya untuk bermain, dan meninggalkan hal yang seharusnya menjadi kewajiban mereka sebagai muslim yakni beribadah ke masjid. Hal ini memang menjadi masalah tersendiri, dimana saat ini masjid tidak lagi ramai oleh orang beribadah. Namun anda sebagai pengurus masjid tidak boleh langsung menuduh mereka yang tidak ke masjid sebagai pihak yang salah, karena ada alasan lain kenapa mereka malas untuk sholat ke masjid. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan agar jamaah merasa nyaman dalam masjid:

Kiat Membuat Masjid Agar Nyaman Untuk Para Jamaah

Tentu tak selamnaya penyebab jarangnya orang mendatangi masjid adalah rasa malas, bisa saja penyebab lain adalah masjid yang kurang nyaman digunakan untuk berlama-lama didalamnya. Berikut ini beberapa hal yang penting bagi pengurus masjid tahu, apa saja hal yang bisa dilakukan agar jamaah betah berlama-lama didalam masjid.

www.pexels.comMeningkatkan kenyamanan masjid

Anda perlu memperhatikan beberapa aspek untuk membuat nyaman masjid anda, salah satunya adalah kebersihan dan tampilan masjid anda. Rumah Allah SWT haruslah berada dalam keadaan bersih, dengan begitu masyarakat pun akan betah untuk berlama-lama didalam masjid.

Sebagai pengurus masjid, anda perlu memperhatikan kebersihan masjid anda. Karena pada dasarnya Allah menyukai orang-orang yang mau menjaga kebersihan rumahnya (masjid), dan mereka yang selalu menjaga rumah Allah dalam keadaan bersih berhak mendapatkan surga-Nya.

Dengan menjaga kebersihan masjid, sama halnya anda membersihkan tempat anda diakhirat nanti. Tidak ada pakasaan dalam melakukan hal ini, hanya saja anda akan mendapatkan imbalan diakhirat kelak.

  1. Meletakkan buku bacaan

Di zaman Rasulullah dahulu masjid bukan hanya tempat untuk beribadah, melainkan untuk berbagai kegiatan dan salah satunya adalah belajar. Anda bisa meletakkan buku bacaan di dalammasjid selain Al Quran, sehingga para jamaah bisa betah dan menambah ilmu mereka saat di masjid.

Anda juga perlu memperhatikan bahwa buku bacaan yang anda berikan merupakan buku yang bermanfaat, jangan sampai anda meletakkan buku bacaan yang kurang bermanfaat dan tidak ada sangkut pautnya dalam hal kebaikan.

  1. Memperbaiki dan melengkapi fasilitas

Fasilitas yang belum ada di masjid haruslah anda lengkapi, dan fasilitas yang dirasa kurang sehat bisa anda perbaiki sehingga kenyamanan bisa didapatkan bagi para jamaah yang datang. Ada banyak sekali fasilitas yang bisa menjadi penyebab nyaman tidaknya jamaah, mulai dari karpet, kipas angin, atau mungkin kamar mandinya.

Untuk masalah karpet, anda bisa mengatasinya dengan cara membelinya ke orang yang jual karpet masjid. Ada banyak sekali orang yang menjajakan karpet ini untuk kepentingan masjid, dan anda juga perlu menyesuaikan kualitas serta harganya sehingga sesuai dengan budget dan kebutuhan anda.

www.pexels.com
  1. Memberi makanan dan minuman gratis untuk jamaah

Untuk meningkatkan rasa betah masyarakat di dalam masjid, anda bisa memberikan makanan dan minuman kepada masyarakat secara gratis. Untuk hal ini tidak berarti setiap hari anda harus meletakkan makanan atau minuman di masjid, bila anda memiliki keuangan yang cukup minim anda bisa mengakalinya dengan memberi dihari jumat saja.

Namun, bila anda merasa mampu untuk memberikan setiap hari maka itu akan bagus. Dengan begini, maka akan banyak jamaah yang datang untuk sholat di masjid berjamaah. Selain itu pengunjung juga bukan dari sekitar area itu saja, karena banyak pelancong yang juga membutuhkan hal ini untuk meminimalisir pengeluaran mereka.

  1. Mengadakan kegiatan keagamaan

Untuk meningkatkan keinginan masyarakat untuk pergi kemasjid, sebagai pengurus masjid perlu mengadakan kegiatan keagamaan. Tidak harus setiap hari, anda bisa melakukannya di hari tertentu saja. Sehingga semua orang bisa memiliki keinginan untuk pergi ke masjid, dan melakukan ibadah di masjid.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah, dengan mengadakan pengajian atau sebagainya. Anda tidak harus memulai dari target orang dewasa saja, karena anda bisa menggaet anak kecil untuk melakukan belajar mengaji di masjid. Dengan begitu perlahan-lahan mereka akan mengajak orang tuanya untuk sholat berjamaah di masjid.

Tentu pengaplikasian cara diatas tidak selamanya harus sesuai, karena anda bisa mengaplikasikan sendiri bagaimana cara terbaik untuk mengatasi hal itu. Perlu kami tekankan bahwa, semakin nyaman masjid akan membuat kualitas sholat atau ibadah orang menjadi bertambah.

Setelah anda melakukan hal-hal diatas secara maksimal, namun anda masih belum bisa membuat masjid anda menjadi ramai. Maka anda bisa mengetahui hal ini, dimana hal inilah yang menyebabkan masjid anda sepi jamaah.

www.pexels.com

Penyebab Masjid Sepi, Perlu Diperhatikan

Penyebab ini bisa terjadi karena perbedaan dari pribadi masing-masing, dimana penyebab yang kami rangkum ini merupakan rangkuman dari berbagai sumber yang merupakan alasan mereka enggan ke masjid.

  1. Karena keterbatasan pengetahuan ilmu agama

Hal ini merupakan penyebab utama kenapa mereka meremehkan shalat berjamaah di masjid, dimana mereka kurang begitu tahu apa saja keuntungan sholat di masjid.

  1. Lebih menyukai sholat dirumah

Kebiasaan ini terjadi karena mereka belum mengetahui apa keuntungan sholat di masjid berjamaah, atau mungkin mereka sudah tahu namun memiliki kesibukan yang membuatnya tidak ada waktu untuk pergi ke masjid. Anda perlu mengingatkan kembali pada mereka, sehingga mereka bisa mau ke masjid untuk shalat berjamaah.

  1. Shalat dimasjid terlalu lama dibanding dirumah

Ini merupakan alasan yang sama dengan nomor dua, dimana pemaparan ini merupakan hal utama yang dilakukan warga saat enggan pergi ke masjid. Anda bisa mengakali hal ini dengan memberikan surat-surat yang berukuran pendek, sehingga bisa membuat sholat tidak terlalu lama namun tetap khusuk.

Itu hanyalah beberapa alasan yang sering dilontarkan masyarakat saat ditanyai mengenai shalat berjamaah, namun perlu anda ketahui bahwa sholat berjamaah di masjid lebih banyak pahalanya dibandingkan sendiri.

www.pexels.com

Cara Mengingatkan Mereka Untuk Pergi Ke Masjid

Memang untuk melakukan hal ini tidaklah semudah membalikkan tangan, dimana anda haruslah memiliki niat dan keyakinan saat mengajak mereka. Anda bisa melakukan berbagai hal sehingga bisa mengajak mereka, mulai dari memberi tahu manfaatnya hingga memberi tugas masjid pada mereka.

Sebenarnya ada beragam cara yang bisa anda lakukan, dan salah satu cara agar jamaah merasa nyaman dalam masjid adalah memberikan fasilitas yang memadai. Dengan memperhatikan hal ini, maka anda sudah bisa membuat mereka nyaman saat beribadah didalamnya. Memang hal ini perlu biaya yang tidak sedikit, namun anda bisa mendapatkannya dengan mudah bila anda mau berusaha untuk mengajak masyarakat sekitar bergotong royong.

Karena pada dasarnya kita merupakan mahkluk sosial, maka kita tidak akan bisa berdiri sendiri. Kita akan memerlukan bantuan orang lain untuk menjalani hidup, begitupun sebaliknya. Semoga dengan adanya artikel diatas bisa membantu anda untuk menemukan cara yang tepat, untuk meramaikan masjid anda dengan jamaah.

 

Leave a Reply