Banyak orang yang fokus dalam mencari harta mati-matian untuk bertahan hidup di dunia. Ada juga yang bertujuan untuk menyejahterakan kehidupan anak cucu mereka hingga beberapa turunan. Ada juga yang memang suka mengoleksi harta, dan bekerja siang malam hanya untuk mempertahankan status “kaya”nya. Namun, ada yang mereka lupakan. Bahwa untuk membersihkan harta kita, jangan lupa sedekah!

Sebagai seorang Muslim, kita harus menjalankan syariat-syariat agama Islam dengan baik dan benar. Memang hukum sedekah adalah sunnah. Namun sedekah ternyata mengandung banyak sekali manfaat dan keutamaan bagi hidup kita. Berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian Sedekah

Sedekah yaitu pemberian berupa barang atau harta sejumlah yang diikhlaskan dari seorang Muslim kepada orang lain, terutama kerabat terdekat, atau yatim piatu, dan orang-orang lain yang membutuhkan. Sedekah ini hukumnya sunnah bagi orang Islam, akan tetapi ternyata sedekah mengandung manfaat dan makna yang luar biasa.

Dikatakan dalam QS Al-Baqarah ayat ke-268 bahwa setan menjanjikan kita dengan kemiskinan dan membuat kita menjadi pribadi yang pelit. Sedangkan Allah menjanjikan ampunan dan karunia-Nya. Tergantung kita akan menjatuhkan pilihan kita kepada siapa. Apakah kita akan memilih setan, ataukah Allah.

Allah menyuruh kita untuk menyuburkan sedekah dan memusnahkan riba dalam firmannya QS Al-Baqarah ayat 276. Hal ini semakin jelas bahwa sedekah merupakan hal yang dianjurkan dalam Islam. Karena semua harta kita adalah titipan Allah dan Allah menyuruh kita untuk menyedekahkannya.

pxhere.com

Keutamaan Sedekah

Sedekah bisa disalurkan dalam bentuk apa saja. Bisa berupa uang atau barang. Jika berupa barang, usahakan kita memberi barang yang sangat dibutuhkan oleh orang tersebut. Sebagai contoh, jika kita berniat bersedekah kepada orang miskin, cobalah untuk memberinya bahan pokok sembako, atau barang lain yang ia butuhkan.

Namun apabila kita tidak memiliki harta yang bisa disumbangkan, kita juga masih bisa melakukan sedekah. Kita bisa menyumbangkan pikiran, tenaga, atau bahkan senyuman kita untuk orang lain. Hal-hal kecil tersebut walaupun tidak terlihat namun dihitung sebagai sedekah di sisi-Nya.

Berikut ini adalah keutamaan dari sedekah :

  1. Sarana penghapusan dosa

Sedekah bisa menjadi ajang untuk “memutihkan” diri kita dari dosa-dosa yang telah kita kerjakan selama ini. Seberapa banyak sedekah yang kita keluarkan, sebanyak itu pula dosa kita akan dihapuskan. Subhanallah, betapa murah hatinya Tuhan kita.

  1. Tidak ada batasan dari apa yang disedekahkan

Sedekah identik dengan memberi sesuatau semampu kita kepada orang lain. Hal ini bisa berupa harta kekayaan pribadi berupa uang, barang yang sangat dibutuhkan oleh orang lain semisal bahan sembako, ataupun juga bisa berbentuk pikiran, tenaga, atau senyuman yang bisa kita berikan kepada orang lain. Jadi, apapun yang kita miliki, jangan lupa sedekah!

  1. Dengan sedekah, harta kita tidak akan berkurang

Jika ada orang yang enggan melakukan sedekah karena hal itu bisa mengurangi jumlah harta, hal itu salah besar. Justru dengan sedekah, harta kita akan selalu diisi kembali oleh Allah. Allah meridhoi orang-orang yang memberi pinjaman pada Allah. Artinya, jika kita mengeluarkan sesuatu di jalan Allah, itu artinya kita memberi pinjaman yang baik oleh Allah. Dan suatu saat Allah akan menggantinya dengan hal yang lebih baik lagi.

  1. Balasan yang berlipat ganda begi orang-orang yang bersedekah

Sudah disinggung di poin sebelumnya bahwa Allah akan mengembalikan sesuatu yang telah diseedekahkan di jalan Allah. Bahkan Allah mampu menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik lagi. Percaya kepada Allah, maka kita akan selalu dimudahkan walaupun kita sudah mengeluarkan banyak sekali bersedekah.

pxhere.com
  1. Sedekah sebagai sarana pemerataan ekonomi sosial

Pernahkah Anda membayangkan bila semua orang Islam di dunia ini melakukan sedekah dengan kesadaran diri dan tanpa dipaksa? Subhanallah, tentulah hal itu akan sangat indah. Setiap orang akan dengan kesadaran penuh mengeluarkan sedekah kepada orang lain dengan ikhlas. Masyarakat miskin pun secara bertahap akan berkurang jumlahnya. Hal ini karena uluran tangan orang yang bersedekah mampu mengangkat deerajat mereka.

  1. Mendapat perlindungan di saat hari akhir

Hari akhir menjadi puncak dari segala kegiatan kita yang ada di dunia. Setelah mengalami kematian dan beberapa proses lain setelah kematian, kita akan dihadapkan pada hari berkumpulnya semua manusia di Padang Mahsyar. Pada hari itu, manusia seakan telanjang dan yang menyelimutinya hanyalah amalannya selama di dunia. Oleh karena itu kita disarankan untuk senantiasa bersedekah agar kelak di Hari Akhir nanti kita mendapat perlindungan dan naungan Allah.

Jangan Lupa Bersedekah!

Setelah mengetahui beberapa keutamaan dari bersedekah, masihkah kita ingin menyimpan harta kita untuk diri kita sendiri? Memang menimbun kekayaan bisa bermanfaat bagi kehidupan kita kedepannya, akan tetapi lebih baik sebagian dari harta kita disumbangkan kepada orang yang membutuhkan.

Kita hidup di dunia diberi harta yang bersifat titipan oleh Allah SWT. Barang titipan suatu saat akan kembali kepada pemiliknya. Dan apabila kita hanya menghabiskan harta untuk keegoisan kita sendiri, sama sekali kita tidak akan mendapat manfaat dari harta tersebut berapapun jumlahnya di Hari Akhir kelak. Oleh karena itu, sebagai seorang Muslim kita diharuskan untuk jangan lupa bersedekah! Karena hal ini untuk kebaikan kita sendiri maupun masyarakat di lingkungan kita. salam dari Net worth

Leave a Reply