Saat membangun rumah, menggunakan jasa borong bangunan terbilang lebih menguntungkan dibanding sistem harian. Pasalnya, kita akan dapat menghemat lebih banyak biaya. Sistem harian memang lebih diperuntukkan bagi renovasi kecil, sementara sistem borongan khusus bagi pembangunan rumah maupun renovasi skala besar.

 

Penggunaan sistem borongan ini tentu memiliki besaran biaya yang berbeda-beda, tergantung dari ukuran rumah, material yang digunakan, penambahan ornamen seperti kolam ikan dan masih banyak lagi. Upah tukang juga bisa berbeda-beda tergantung dari lokasi serta tingkat kerumitan pembuatan rumah.

 

Perlu diketahui pula bahwa jasa borongan bisa memiliki harga berbeda tergantung dari apakah kita turut menyediakan materialnya atau tidak. Jika kita menyediakan material sendiri, maka upah tukang akan semakin rendah. Namun jika kita tidak ingin ribet, maka bisa menggunakan jasa tukang keseluruhan, mulai dari material hingga proses pembangunannya.

unsplash.com

Tukang biasanya memiliki relasi dengan toko-toko bangunan sehingga mereka akan mendapat harga lebih murah saat berbelanja. Itulah mengapa kita bisa percayakan tukang untuk membeli bahan-bahan bangunan yang dibutuhkan saat membangun rumah. Berikut adalah paparan harga jasa borongan bangun rumah per meter persegi berikut dengan materialnya.

 

  1. Rumah Minimalis 1 Lantai

Jasa borong bangunan yang dibutuhkan untuk rumah minimalis 1 lantai berkisar di angka Rp3.000.000 per meter persegi. Pondasi akan menggunakan batu kali dan cakar ayam. Struktur besi yang digunakan ialah ukuran 6, 8 ataupun 10. Sementara untuk dindingnya akan menggunakan bata ringan maupun hebel. Kusennya khusus menggunakan kayu meranti.

 

Keramik yang digunakan ialah Asia tile ukuran 30×30. Cat bisa memakai dari Vinilex dengan atap baja ringan serta genteng press. Biaya ini terbilang realistis karena ukuran rumah minimalis yang tidak terlalu besar sehingga akan memangkas ongkosnya. Rumah minimalis bisa dibuat dengan satu atau dua kamar, menyesuaikan kebutuhan para penghuni di dalamnya.

unsplash.com
  1. Rumah Minimalis 2 Lantai

Biaya jasa pembangunan rumah minimalis 2 lantai berada di angka Rp3.500.000 per meter persegi. Spesifikasi rumah akan mirip dengan rumah minimalis 1 lantai, yaitu menggunakan pondasi batu kali dan cakar ayam, struktur besi beton 6, 8 atau 10 dan dinding bata merah atau behel. Kusennya menggunakan kayu kamper atau aluminium dan keramiknya berukuran 60×60.

 

Untuk plafonnya akan menggunakan rangka hollo serta gypsum. Sanitasi menggunakan standar Toto dan cat dinding memanfaatkan merk Dulux atau Mowilex. Terakhir, bagian atap menggunakan baja ringan dan aluminium foil sementara gentengnya menggunakan M-class. Rumah minimalis 2 lantai ini akan terasa cocok bagi keluarga yang sudah memiliki anak.

 

  1. Rumah Mewah

Pembangunan rumah mewah di karyatukang.com akan menghabiskan dana sampai dengan Rp5.000.000 per meter perseginya. Pondasi akan menggunakan cakar ayam dan struktur besi beton yang digunakan ialah 6, 8, 10 maupun 13. Dindingnya menggunakan bata merah dn kusennya menggunakan kayu kamper. Keramik dapat menggunakan granit ukuran 60×60.

 

Kesehatannya akan menggunakn Toto Standard sementara bagian elektrikal menggunakan kabel eterna atau Broco. Plafon akan menggunakan rangka galvanis dan cat dinding menggunakan Dulux atau Mowilex. Atapnya bisa menggunakan baja ringan dengan aluminium foil sementara gentengnya akan menggunakan M-class.

 

Jasa tukang borongan bangunan di karyatukang.com per meter persegi akan berbeda-beda tergantung dari pekerjaan yang dilakukan. Misalnya, untuk galian tanah akan diberlakukan biaya Rp80.750 per meter kubik dan pondasi batu belah butuh biaya Rp140.750 per meter kubik. Beda lagi dengan pemasangan beton slop 15/20 yang berbiaya Rp30.750 per meter.

unsplash.com

Untuk pemasangan kolom 10/10 akan dikenakan biaya Rp30.750 per meter, pemasangan beton ring 10/10 dikenakan biaya Rp30.750 per meter dan pemasangan batu bata dikenakan biaya Rp35.750 per meter persegi. Untuk plesteran akan butuh biaya Rp30.750 per meter persegi dan acian butuh biaya Rp25.750 per meter persegi.

 

Pemasangan keramik lantai akan butuh biaya Rp50.750 per meter persegi, pemasangan keramik dinding butuh biaya Rp55.750 per meter persegi, cat dinding butuh biaya Rp20.750 per meter persegi dan instalasi listrik butuh biaya Rp65.750 per meter persegi. Harga-harga di atas masih dapat berubah tergantung dari perbedaan lokasi tempat pengerjaan bangunan.

 

Baik tenaga harian maupun borongan harus sama-sama diawasi agar hasilnya bisa sesuai keinginan kita. Pastikan pula kita menggunakan jasa yang sudah profesional serta berani memberi jaminan bahwa bangunan akan bertahan dan awet dalam jangka waktu lama, bahkan tidak cepat roboh dalam segala situasi. Ini penting agar kita bisa menghemat biaya renovasi.

 

Rancangan untuk rumah sebaiknya dibuat sendiri atau konsultasikan dengan arsitek. Tujuannya adalah agar hasil akhirnya bisa lebih memuaskan. Kita bisa menyesuaikan bentuk bangunan dengan kebutuhan serta keinginan masing-masing. Terutama sekali adalah sesuaikan jumlah ruangan kamar dengan jumlah penghuni rumah yang akan menempatinya.

 

Rumah akan ditempati dalam jangka panjang dan menjadi tempat membangun keluarga. Itulah mengapa persiapan dalam pembuatan rumah harus dilakukan semaksimal mungkin, mulai dari pemilihan lokasi, material yang digunakan, jasa kontraktor yang dipilih, desain rumah hingga legalitas terkait dokumen pelengkap. Semuanya harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari.

 

Leave a Reply