Anda mungkin hanya mengenal jeruk, mangga, pepaya, stroberi, dan buah-buah lain yang bisa Anda temukan di supermarket. Namun perlu Anda ketahui, masih terdapat jenis tanaman buah lain yang bisa dikonsumsi, khususnya di Indonesia ya. Ya betul sekali, Indonesia merupakan ‘surganya buah’ karena memiliki banyak sekali jenis buah yang tidak bisa ditemukan di negara lainnya di dunia.

 

Beberapa diantara tanaman buah langka di Indonesia masih bisa dikonsumsi meskipun rasanya tidak terlalu familiar. Bahkan terkadang, buah-buahan langka tersebut memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak, atau bahkan mengandung senyawa yang dapat menyembuhkan penyakit tertentu. Nah kali ini kami akan membahas beberapa buah paling langka di Indonesia yang masih bisa dikonsumsi.

 

  • Buah Buni

Buah yang sulit ditemukan pertama yaitu buah buni. Orang Sunda menyebutnya dengan buah huni, dimana rasanya sedikit manis, banyak asamnya, dan sedikit sepat. Dengan karakter rasa tersebut, buah buni ini biasanya dijadikan campuran rujak atau lalapan. Jika Anda ke supermarket, kemungkinan besar Anda tidak akan menemukan buah satu ini. Biasanya ditemukan di pekarangan rumah atau pegunungan, dimana bentuknya sekilas seperti buah anggur atau biji kopi. Buah satu ini mengandung banyak senyawa yang sangat berguna untuk kesehatan seperti vitamin C, vitamin B, fosfor, kalium, serat, dan lainnya. Namun zat paling spesial yang dimiliki buah buni yaitu antosianin yang dapat mengobati penyakit hipertensi.

 

  • Buah Carica

Jenis tanaman buah lain yang bakalan sulit Anda temukan yaitu buah carica. Buah ini dikenal juga dengan sebutan pepaya Dieng, mengapa? Karena bentuknya seperti pepaya dan hanya bisa tumbuh di dataran tinggi Dieng. Buah ini memiliki rasa yang berbeda dengan pepaya pada umumnya dan dagingnya terlihat seperti buah markisa.

 

  • Buah Wanyi

Tanaman buah langka selanjutnya yang kemungkinan besar tidak akan Anda temukan di supermarket yaitu buah wanyi. Buah satu ini berasal dari Kalimantan, dimana hanya berbuah setahun sekali.

 

Itulah beberapa jenis tanaman buah paling langka di Indonesia, tertarik untuk mencarinya?

 

Leave a Reply