Deskripsi:

Tahukah Anda jika sayuran atau tanaman yang sering menjadi lahan pencarian para petani itu termasuk tanaman palawija? Ya karena merupakan tanaman kedua setelah padi.

Artikel:

Petani memang akan menanam apa saja yang bisa mengasilkan pangan seperti padi. Tapi selain itu pertanian juga bisa ditanami sayuran. Seperti yang kita tahu memang tanaman pertanian itu dipanen musiman, seperti padi atau pun sayuran. Nah apakah Anda tahu jika tanaman palawija juga sebagai bagian dari tanaman pertanian? Ya memang benar karena palawija terdiri dari berbagai jenis tanaman. Tanaman tersebut berupa sayur-sayuran.

Tanaman pada pertanian ini juga sangat menjanjikan bagi petani loh. Jika sedang musim panen dan berhasil panen akan mendapatkan upah yang luar biasa. Banyak dari petani menjadikan tanaman kedua setelah padi yang sangat menjajikan. Tapi apa saja si jenis tanaman palawija ini? Banyak sebenarnya, oleh karena itu akan kami berikan ulasannya pada artikel ini dengan cara membudidayakannya dengan benar.

Jenis Tanaman Palawija

Jenis pada tanaman palawija ini sebenarnya banyak loh kawan. Untuk lebih jelasnya akan kami jelaskan beberapa yang memiliki manfaat paling besar, yaitu:

  1. Kentang, tanaman kentang ini termasuk palawija yang sangat menguntungkan dan hidup didataran tinggi dengan suhu yang dingin.
  2. Kedelai, untuk tanaman ini termasuk jenis palawija biji-bijian sebagai bahan produk pangan dan industri.
  3. Ubi, tanaman palawija ini termasuk pada jenis umbi-umbian yang rasanya manis.
  4. Wortel, tanaman palawija jenis ini adalah tanaman yang memiliki manfaat besar untuk kesehatan terutama mata.

Salah satu jenis tanaman palawija diatas yang mudah untuk ditanam sendiri yaitu ubi. Jenis ubi pun ada 2 yaitu ubi kayu dan ubi rambat. Ubi kayu atau singkong merupakan jenis tanaman palawija yang biasanya ditanam hanya dengan batangnya saja. Nah cara menanam ubi kayu tergolong mudah, Anda cukup memotong batannya dengan ujung batang meruncing. Kemudian tanamkan sedalam 5 sampai 10 cm dengan setengah bagian batang tertimbun tanah. Penyiraman tidak perlu setiap saat, karena ubi kayu ini mampu tumbuh di tanah kering sekalipun.

Nah itulah ulasan mengenai jenis tanaman palawija dan cara menanam ubi kayu yang benar. Semoga bermanfaat sebagai ilmu tambahan agar bisa diaplikasikan di rumah.

 

Leave a Reply