Tips Memilih Perosotan Air Untuk Indoor dan Outdoor

Perosotan air membuat aktivitas di air menjadi lebih seru, terutama bagi anak-anak. Seperti yang kita tahu, melatih anak berenang dari bayi merupakan cara yang sangat bagus untuk merangsang kemampuan motorik anak. Selain berenang, main perosotan juga menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menstimulasi kemampuan anak. Melatih kemampuan motorik anak merupakan salah satu bentuk edukasi atau proses belajar. Edukasi anak ini sudah dimulai dari semenjak mereka balita. Umur 2 tahun mereka mulai belajar berbagai hal termasuk bagaimana cara mengenali huruf, angka, serta kemampuan dasar lainnya. Selain itu, edukasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kemmpuan motorik. Kemampuan ini terbagi menjadi dua yaitu motorik kasar dan motorik halus. Jika motorik kasar berhubungan dengan otot-otot besar maupun anggota tubuh, sedangkan motorik halus yang berkaitan dengan otot kecil. kemampuan motorik ini dapat dikembangkan melalui edukasi yang banyak jenisnya. Salah satu bentuk edukasi adalah dengan membiarkan anak melakukan berbagai aktifitas yang dapat menstimulus kemampuannya seperti main perosotan misalnya.

pxhere.com

            Aspek Pertimbangan Membeli Perosotan

Main perosotan dapat dilakukan di atas pasir maupun di atas air. Jika memang anak terbiasa main di air, akan lebih menyenangkan jika anda memasang perosotan di atas air. Pasalnya, anda tidak perlu khawatir saat meluncur anak akan terkena pasir atau tanah yang kotor. Selain itu, meluncur di atas air juga tidak menyakitkan. Jika anda membutuhkan perosotan air, maka sebaiknya anda mencari informasi terkait tempat jual perosotan anak yang bagus terlebih dahulu. Setelah menemukan tempat yang tepat, baru anda pilih jenis perosotan manakah yang anda butuhkan. Dalam memilih perosotan, ada beberapa hal yang sebaiknya anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

  1. Bentuknya

Bentuk perosotan ada banyak. Ada yang lurus, ada juga yang berliku-liku. Bentuk ini dapat anda sesuaikan dengan tempat dimana anda akan meletakkan perosotan tersebut. Jika memang tempatnya tidak terlalu luas, sebaiknya pilih perosotan yang bagian seluncurannya berliku-liku dan sedikit pendek. Hal ini akan membantu anda menghemat space yang dibutuhkan. Jika memang ruangannya besar atau di outdoor, maka tidak masalah jika anda pilih yang perosotan lurus dan besar.

  1. Ukuran

Selain bentuk, ukuran juga sepertinya harus anda pertimbangkan. Pasalnya ada banyak pilihan ukuran perosotan. Mulai dari yang super mini hingga yang besar dan bisa digunakan untuk orang dewasa. Untuk anak berumur di bawah 3 tahunm sebaiknya beli yang ukurannya tidak terlalu besar. Selain lebih aman, perosotan kecil juga lebih mudah dipindahkan jika anak kita bosan.

  1. Jenisnya

Selain bentuk dan ukuran jenis, kita juga harus memperhatikan jenis perosotan yang akan kita beli. Apakah perosotan plastik ataukan yang besi. Jika anda mencari perosotan yang mudah dipindahkan dan akan digunakan di dalam ruangan, disarankan untuk memilih perosotan plastik saja. Perosotan ini juga lebih mudah dibersihkan. Namun jika diletakkan di luar ruangan, tidak masalah untuk membeli yang terbuat dari besi. Pasalnya jika di luar ruangan, perosotan tersebut mungkin tidak dibatasi siapa saja yang boleh menaikinya. Jadi, agar lebih kuat lebih baik menggunakan perosotan besi.

pxhere.com
  1. Harga

Yang paling terakhir adalah harga. Kita sering mendengar istilah bahwa harga membawa kualitas. Boleh saja anda berpatok pada hal tersebut, hanya saja lakukan survei etrlebih dahulu sebelum membeli perosotan. Tujuannya adalah untuk perbadingan, manakah yang produknya paling bagus, namun harga tidak terlalu mahal. Biasanya ada banyak barang murah di online shop, namun jika belanja di onlien shop juga harus waspada. Cek secara mendetail berapa ukuran perosotannya. Jangan sampai karena harganya murah, ternyata anda membeli sebuah perosotan air yang bentuknya sangat kecil.

 

Jadi, kesimpulannya, jika ingin membeli perosotan air, cari tahu terlebih dahulu informasi mengenai perosotan tersebut. Dengan begitu, anda bisa memiliki perosotan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Karena ada banyak manfaat yang bisa anak dapatkan jika bermain di perosotan. Salah satu diantaranya adalah merangsang kemampuan motorik. Contoh kemampuan motorik adalah keseimbangan, konsentrasi, dan sebagainya.

pxhere.com

            Media Permainan Untuk Membantu Proses Edukasi

 

Selain bentuk mainan seperti perosotan, zaman sekarang semakin banyak media yang bisa digunakan untuk menstimulasi kemampuan anak agar mendapatkan edukasi yang sesuai. Mainan-mainan buatan montessori, mainan berupa puzzle, maupun mainan berupa angka dan huruf merupakan salah satu cara menyampaikan edukasi pada anak. Pada dasarnya, anak-anak menghabiskan sebagian waktu mereka untuk bermain. Jadi, untuk memberikan edukadi pada anak tanpa mengganggu waktu bermainnya yaitu dengan memandaatkan media-media tersebut.

pxhere.com

Menggunakan media-media tersebut penting, karena anak cenderung ogah-ogahan jika harus belajar dengan serius. Konsentrasi mereka juga tidak bertahan lama. Makanya tidak heran jika sekolah usia dini metode yang digunakan berupa permainan-permainan. Karena anak remaja saja banyak yang lebih menyukai pelajaran yang disampaikan dengan cara yang menyenangkan dan kreatif. Fokus edukasi pada anak masih seputar membaca, menulis, dan kemampuan berpikir dasar. Sesuai dengan usia mereka, edukasi yang diberikan juga sebaiknya disesuaikan. Hal ini agar memudahkan anak dalam menyerap informasi yang diberikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags: