Sewaktu Anda lulus SMA pasti sedang menentukan pilihan fakutas maupun jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Jika Anda memilih Fakultas/Jurusan Kedokteran UISU, maka pilihan tersebut tidaklah salah. Memilih Fakultas Kedokteran di Universitas Sumatera Utara, Anda bisa memilih Pendidikan Dokter Gigi. Memilih Jurusan Pendidikan Dokter Gigi maka Anda hanya fokus di bidang gigi saja.

Ketika terjun ke bidang kedokteran gigi maka Anda harus memiliki persiapan mental agar tidak goyah di tengah jalan. Beberapa persiapan bisa dimulai dengan mambaca artikel ini karena kami mengulas segala hal tentang kedokteran gigi agar Anda benar-benar memahaminya.

Menjadi lulusan kedokteran gigi maka Anda memiliki prospek pekerjaan yang cukup mentereng, terlebih jasa di bidang kesehatan yang selalu diperlukan oleh masyarakat. Apalagi dengan meningkatnya perekonomian masyarakat maka makin peduli terhadap kesehatan. Tidak hanya meningkatkan angka harapan hidup saja, terlebih kebutuhan akan dokter gigi untuk kalangan lansia. Tentu dari kalangan anak-anak hingga dewasa pun memerlukan dokter gigi. Untuk tempat kerja sendiri, seorang yang baru saja lulus dari pendidikan kedokteran gigi bisa bekerja di berbagai instansi, seperti rumah sakit militer, pemerintahan, menjadi PNS, bekerja di klinik maupun rumah sakit swasta, membuka praktek pribadi, maupun lanjut studi menjadi dokter di bidang kedokteran spesialis gigi.

Dokter gigi merupakan dokter yang mempunyai keahlian khusus di bidang kesehatan gigi dan mulut. Peran Anda ketika menjadi dokter gigi akan melakukan diagnosis, pengobatan, dan pencegahan terhadap masalah gigi serta mulut. Namun, beberapa tindakan hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi yang sudah menyelesaikan pendidikan spesialis saja. Mungkin sampai sejauh ini Anda hanya kenal istilah dokter gigi umum menjadi profesi yang bisa mengatasi semua masalah mulut dan gigi. Namun, setiap permasalah gigi, mulut, dan gisi lebih berat yang memerlukan penanganan dokter gigi spesialis berdasarkan bidang keilmuan yang sudah Anda dalami.

pxhere.com

Tidak jauh berbeda degan dokter umum, untuk cabang keilmuan kedokteran gigi mempunyai spesialisasi, di antaranya adalah:

  • Dokter Gigi Spesialis Orthodonti (SpOrt)

Ortodontis mempunyai keahlian untuk mengdiagnosis, mencegah, dan mengobati maloklusi. Maloklusi atau disebut sebagai gigi tidak sejajar bisa terjadi dikarenakan gig tumbuh berdesak-desakan, jumlah gigi lebih banyak dari jumlah wajar, atau adanya gigi yang tanggal. Sebagai seorang dokter gigi spesialis orthodonti, maka Anda bertanggung jawab untuk meluruskan atau merapikan gigi menggunakan kawat gigi maupun menggunakan peralatan retainer korektif. Tidak hanya menunjang penampilan tujuan dari pemerataan gigi, yang dimaksudkan untuk memperbaiki fungsi gigi sehingga bisa mengunyah dan berbicara lebih baik.

  • Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut (SpBM)

Bidang spesialis bedah mulut ini akan menangani perawatan implant gigi, kelainan di rongga mulut, seperti keberadaan gigi bungsu yang tumbuh terpendam atau miring, lalu kelainan celah bibir (bibir sumbing, misalnya), masalah celah langit-langit, kista dan tumor di rongga mulut maupun rahang, perbaikan tulang rahang, sampai prosedur estetika. Sekian banyak masalah gigi dan mulut memerlukan tindakan, seperti pembedahan, baik secara minor menggunakan anestesi lokal maupun mayor menggunakan anestesi umum.

pxhere.com
  • Dokter Gigi Spesialis Periodonesia (SpPerio)

Spesialis ini mempunyai keahlian mendiagnosis, mengobati, dan memberikan pencegahan terhadap penyakit di jaringan gusi dan struktur pendukung gigi, baik gigi alami maupun gigi buatan. Kalau Anda memilih spesialis ini maka akan bertanggung jawab mengatasi gingivitis atau radang gusi serta periodontitis atau penyakit gusi dan tulang rahang dengan diagnosis komplikasi berat.

  • Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (SpKG)

Keahlian yang akan Anda peroleh dari spesialis ini adalah konservasi gigi (endodontik) atau merawat gigi sehingga fungsi dan estetika gigi bisa kembali normal seperti sedia kalah. Tindakan yang Anda lakukan adalah memberikan pencegahan terhadap gigi berlubang, menambal gigi berdasarkan keperluan, seperti membuatkan veneer, pasak, mahkota, onlay, maupun inlay, lalu merawat gigi berlubang, merawat dan membedah akar gigi, karang gigi, memutihkan gigi (bleaching), maupun bedah endodontik.

  • Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia (SpPros)

Jika Anda memilih spesialis ini maka akan berkutan di masalah perbaikan gigi dan pergantian gigi yang hilang lalu menggunakan gigi palsu (denture) keramik, atau mahkota (crown). Spesialis prostodontis bisa mengganti gigi menggunakan implant gigi.

pxhere.com
  • Dokter Spesialis Gigi Anak (SpKGA)

Spesialis dokter anak atau pedodontis mengharuskan Anda merawat dan mengatasi penyakit gigi, gusi, dan mulut pada anak-anak mulai dari usia satu tahun hingga menjelang remaja. Anda akan mempunyai keterampilan khusus menangani kasus dan penyakit seputar gigi dan mulut pada anak.

  • Dokter Spesialis Penyakit Mulut (SpPM)

Bagi Anda yang memilih spesialis ini maka akan berkutat di penyakit mulut, seperti kandidiasis, infeksi gigi (bakteri) dan mulut, gangguan kelenjar ludah, oral lichen planus, kanker mulut, dan kanker lidah. Sebagai dokter spesialis mulut maka Anda memberikan obat-obatan tanpa adanya prosedur bedah.

pxhere.com
  • Dokter Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (SpRKG)

Spesialis ini mempunyai keahlian dalam interpretasi semua jenis pencitraan gigi dan mulut laiknya CT-Scan dan rontgen gigi, MRI, maupun pemeriksaan penunjang radiologis lain sebagai penunjang diagnosis di sekitar mulut maupun di rahang atas.

Sekian saja penjelasan kami tentang memilih Fakultas Kedokteran UISU spesialis dokter gigi. Semoga dengan informasi ini Anda bisa melanjutkan kependidikan dengan bimbel kedokteran sesuai prosedur yang berlaku.

Leave a Reply