Dalam menjalani kehidupan ada banyak hal yang akan membuat anda berada dalam posisi yang sulit untuk memutuskan sesuatu. Banyak hal yang akan anda alami dalam hidup ini dan salah satu momen yang sangat penting dan akan menentukan masa depan kita namun mampu membuat anda merasa bingung adalah momen dimana anda harus memilih tempat melanjutkan pendidikan anda. Jika pendidikan SD sampai SMA anda tidak akan terlalu bingung untuk memilih maka hal yang berbeda akan berlaku untuk anda yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi. Pada saat anda akan melanjutkan kuliah maka anda juga tidak bisa sembarangan memilih jurusan yang akan anda ambil karena ini akan sangat menentukan masa depan anda.

Bagi anda yang menyukai matematika dan memiliki kemampuan IPA yang lebih baik maka anda bisa coba untuk masuk ke fakultas kedokteran. Jurusan yang satu ini memang termasuk sangat sulit untuk anda dapatkan karena persaingan yang sangat ketat melebihan pilihan jurusan yang lainnya namun fakultas kedokteran juga salah satu jurusan yang akan memberikan jaminan pekerjaan yang menjanjikan untuk anda. menjadi seorang dokter bukan hanya bentuk tugas yang mulia karena bisa menolong orang khususnya yang tidak mampu namun pekerjaan sebagai dokter juga salah satu profesi yang sangat terpandang bagi masyarakat Indonesia dan tentu saja bisa membuat anda mendapatkan gaji yang besar.

pxhere.com

Fakta-fakta Yang Berhubungan Dengan Fakultas Kedokteran Umsu

Ada banyak perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki jurusan kedokteran. Mulai dari perguruan tinggi Negeri sampai Perguruan Tinggi swasta. Anda tentu akan memiliki kesempatan untuk memilih akan melanjutkan ke FK Kedokteran dari Universitas yang mana. Salah satu Perguruan Tinggi yang memiliki akreditasi yang baik untuk fakultas kedokteran khususnya yang ada di pulau Sumatera adalah UMSU. Fakultas kedokteran Umsu dapat menjadi pilihan bagi anak muda yang berdomisili di pulau Sumatera khususnya kota Medan untuk mengenyam pendidikan kedokteran hingga mendapatkan gelar sarjana kedokteran. Beberapa faktor pendukung mengapa anak muda Sumatera harus memilih kuliah kedokteran disini adalah:

  1. Memiliki banyak prestasi. Ada banyak prestasi yang telah ditorehkan fakultas kedokteran dari Umsu selama ini. Prestasi di bidang medis dan pendidikan yang berhasil di raih mulai dari skala lokal, Nasional hingga internasional.
  2. Menggunakan kurikulum terbaru. Bagi anda yang ingin melanjutkan ke kedokteran anda harus tahu jika ada kurikulum atau cara mengajar yang baru untuk jurusan ini yaitu proses untuk belajar sendiri. Dimana mahasiswa kedokteran dituntut untuk menambah wawasan medis yang luas dengan cara membaca dan mengembangkan pengetahuan dengan cara pribadi dan tidak tergantung pada mata kuliah sehingga para calon dokter akan lebih siap dan memiliki jiwa yang madiri dan fakultas kedokteran yang ada di Umsu adalah salah satu Perguruan Tinggi yang menggunakan sistem mengajar seperti itu.
  3. Telah bekerja sama dengan banyak Rumah sakit terkemuka di Kota Medan. Bagi anda tidak perlu khawatir untuk melaksanakan program koas dan intersip setelah lulus karena ada banyak Rumah Sakit yang telah menjadi mitra dari Fakultas Kedokteran di Umsu ini.
  4. Sudah banyak mencetak sarjana kedokteran yang sukses. Ada banyak alumni dari Fakultas Kedokteran yang telah berhasil berkarir sebagai seorang dokter dan telah melakukan praktek di beberapa Rumah Sakit terbaik yang ada di Indonesia.
pxhere.com

Pertimbangan Jika Ingin Melanjutkan Ke Fakultas Kedokteran

Dari penjelasan di atas tentu anda tidak akan ragu lagi untuk memilih melanjutkan pendidikan anda di Fakultas  Kedokteran Umsu karena secara kualitas fakultas ini cukup baik dan menjanjikan. Namun anda juga harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini jika anda ingin melanjutkan pendidikan Kedokteran anda di Umsu. Hal-hal tersebut adalah:

  1. Domisili dan keinginan anda untuk berkarir. Saat anda akan memilih untuk melanjutkan ke tempat ini maka anda harus mempertimbangkan domisili anda. Bagi anda yang ingin menghemat biaya hidup selama kuliah maka sebaiknya anda memilih melanjutkan kesini jika anda berdomisili di Pulau Sumatera. Selain itu karena Fakultas ini bekerja sama dengan Rumah Sakit yang ada di Medan dan sekitarnya maka jika anda ingin melanjutkan kesini maka anda harus memulai dan menjalani karir di Kota Medan dan sekitarnya.
  2. Biaya kuliah. Biaya juga hal yang harus anda pertimbangan. Jurusan yang paling mahal saat ini di Perguruan Tinggi Umsu adalah Fakultas kedokteran. Mulai dari biaya buku, biaya praktek hingga biaya lainnya sangat besar. Anda harus siap untuk mengeluarkan biaya yang besar jika ingin melanjutkan ke Fakultas Kedokteran ini.
  3. Mental anda. Fakultas Kedokteran ini akan membutuhkan mahasiswa yang memiliki mental yang kuat. Bukan hanya karena proses kualih yang sulit bahkan banyak mahasiswa yang harus ikut bimbel kedokteran namun juga proses untuk menjadi dokter sangat tidak mudah. Anda harus mengikuti ujian Negara dan menerima gaji pertama yang lebih rendah dari buruh serta bisa ditempatkan di pedalaman.

Menempuh pendidikan di Kedokteran Umsu memang pilihan yang cukup baik. Namun anda juga harus mempertimbangkan hal-hal yang telah di bahas dalam artikel ini. Semua bahasan tersebut akan membantu anda mengambil keputusan yang tepat.

 

Leave a Reply