Layaknya makhluk hidup lain, paus juga berkomunikasi dengan spesiesnya melalui suara yang khas. Ketika berkomunikasi, suara ikan paus ini akan terdengar nyaring dan sangat keras.

Suara ini dikeluarkan untuk menandai keberadaannya. Ini bisa dijadikan pedoman bagi paus lainnya pada jarak tertentu. Terkadang, suara ini dibunyikan ketika paus sedang berburu makanan.

Perlu diketahui bahwa suara yang dihasilkan sangat keras. Tingkat kekuatannya bisa mencapai beberapa mil. Bahkan suaranya disetarakan dengan ledakan bom.

Dari beberapa jenis, ada dua jenis paus yang memiliki suara paling tinggi. Pertama ialah paus biru. Suara yang dihasilkan bisa mencapai 188 desibel. Biasanya suara ini berlangsung sekitar 10-30 detik.

Sementara yang kedua ialah paus sperma. Paus ini juga mampu menghasilkan suara sekitar 188 desibel. Ketika bersahutan, tingkat kekuatan suara yang terdengar bisa mencapai 230 desibel.

Suara ini bisa terdengar sampai 500 mil dalam dasar laut. Begitu pula bisa terdengar oleh paus lainnya dalam jarak 10 mil. Bisa dibayangkan sendiri betapa kerasnya suara ikan paus tersebut. Tidak mengherankan jika paus dinilai sebagai makhluk hidup dengan suara paling keras di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *