Jogjakarta terkenal dengan batiknya yang sudah sangat mendunia. Jogjakarta memang termasuk dalam jajaran kota wisata yang memiliki banyak sekali keistimewaan dan keunikan – keunikan tersendiri. Kota ini terkenal akan kerajinan batik dan perak jogja yang digunakan oleh banyak wisatawan sebagai salah satu alternatif oleh – oleh untuk keluarga. Banyak kalangan yang menggunakan kesempatan tersebut untuk membuat berbagai cindera mata yang berasal dari batik ataupun perak. Barang – barang dari perak termasuk dalam jajaran barang yang cukup banyak dijual sebagai cindera mata. Sedangkan batik memang menjadi sentra utama dan telah menjadi ciri khas di Jogjakarta.

Untuk dapat menikmati atau berbelanja kerajinan – kerajinan tersebut wisatawan tidak perlu bingung atau pun khawatir dengan akses ataupun cara yang bisa ditempuh untuk dapat menikmati fasilitas tersebut. Para wisatawan dapat secara mudah mengunjungi sentra batik ataupun perak dengan mengikuti tour – tour yang telah banyak disediakan oleh situs – situs penyedia layanan perjalanan.

Banyak situs yang menyediakan paket wisata jogja 1 hari untuk menunjang berbagai kesibukan masyarakat yang ingin menikmati tempat – tempat terbaik di kota Jogjakarta akan tetapi memiliki waktu yang singkat. Dengan banyaknya fasilitas yang ditawarkan oleh setiap situs membuat wisatawan dapat dengan mudah menentukan daerah mana saja atau wisata mana saja yang ingin dikunjungi dalam waktu satu hari tersebut.

unsplash.com

Sentra Batik Di Jogja

Terdapat banyak sentra batik di jogja yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. selain sentra batik, perak juga merupakan salah satu souvenir yang cukup terkenal di Jogjakarta. Kerajinan batik dan perak jogja memang telah terkenal secara luas di masyarakat dunia. Dengan banyaknya kerajinan – kerajinan tersebut membuat jogja memiliki sentra batik tersendiri yang menarik banyak perhatian wisatawan. Sentra batik tersebut antara lain adalah :

  1. Giriloyo

Salah satu tempat yang termasuk sentra batik terbesar di Jogjakarta adalah giriloyo. Giriloyo adalah sebuah kampong batik jogja yang menyediakan paket – paket wisata untuk mengetahui secara mendalam tentang kerajinan batik khas jogja. Giriloyo menyediakan berbagai fasilitas bagi para pengunjung yang ingin belajar tentang batik. Sentra ini menyediakan tutor yang akan mengajari para wisatawan untuk membatik menggunakan canting ataupun belajar membuat batik tulis. Giriloyo juga membuka kelas untuk para pemula yang ingin belajar membatik. Selain itu wisatawan dapat pula membeli batik – batik dari para pengrajin di kampung ini.

  1. Wijirejo

Salah satu desa wisata yang juga terkenal karena menjadi salah satu sentra batik Jogjakarta adalah wijirejo. Sama seperti giriloyo yang juga merupakan salah satu sentra batik, wijirejo juga memiliki banyak keunggulan. Dalam wijirejo terdapat banyak batik – batik berkualitas yang nantinya dapat dibeli oleh wisatawan. batik – batik pada desa wisata wijirejo termasuk dalam jajaran batik dengan motif khusus yang sangat unik dan menarik. Motif – motif tersebut menjadi ciri khas dai batik yang diproduksi oleh desa wijirejo.  Para pengunjung sentra batik wijirejo ini bisa mendapatkan batik – batik berkualitas dengan harga murah dan model yang terkini. Berbagai jenis batik telah dimodifikasi dengan kemajuan zaman sekarang ini. sehingga batik – batik yang ditawarkan di tempat ini tidak hanya berkisar pada kain – kain saja akan tetapi juga telah merambah ke pakaian jadi yang memiliki model – model terkini. Dan dibuat mengikuti perkembangan jaman.

unsplash.com

Sentra Perak Jogja

Kerajinan batik dan perak jogja memang telah merajai pasar souvenir tanah air. Mangsa pasar yang sangat besar membuat perak menjadi salah satu kerajinan yang mendatangkan untung cukup besar bagi masyarakat jogja. Dengan banyaknya sentra perak di jogja para wisatawan tidak perlu khawatir lagi jika ingin membeli oleh – oleh patung – patung perak ataupun souvenir lainnya. Terdapat beberapa sentra perak yang cukup terkenal di jogja yaitu Kotagede

Kota ini tidak perlu lagi diragukan karena memang telah menjadi salah satu pusat industry pembuatan berbagai barang dari perak termasuk souvenir – souvenir dan juga patung – patung terbaik yang menjadi buruan para wisatawan. kotagede telah terkenal secara luas sebagai salah satu pusat industry perak. Berbagai kerajinan dijual secara bebas dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu kota gede juga terkenal karena pengrajin perhiasan perak yang dapat dengan mudah di toko – toko pinggir jalan. Kota ini telah menjadi salah satu destinasi wisata belanja terbaik yang ada di Jogjakarta. Dengan berbagai ragam pilihan , kualitas yang terbaik dan di dukung dengan harga yang tejangkau.

 

 

Leave a Reply