Manfaat Dan Jenis Kerajinan Unik Yang Dapat Dibuat Di Rumah

Pernahkah anda membuat berbagai macam kerajinan tangan ketika masih duduk di sekolah dasar? Jika ya, apakah anda tertarik untuk membuat berbagai macam kerajinan unik? Kerajinan tangan yang dibuat sendiri memang terasa lebih menarik, apalagi anda bisa memasukkan kepribadian anda dalam kerajinan tersebut. Misalnya saja anda suka dengan warna pink dan glitter, maka anda bisa menghias kerajinan yang anda buat dengan hiasan yang berwarna pink dan glitter warna-warni. Anda pun bisa membuat rumah atau kamar anda menjadi lebih menyenangkan dan tidak terasa membosankan lagi. Banyak juga yang mengatakan bahwa rumah yang membosankan, rumah yang tidak membuat betah, salah satu penyebabnya adalah dekorasi rumah yang kurang bagus. Nah, dengan kerajinan dari anda, yang anda buat sendiri akan mencegah rumah menjadi membosankan dan anda akan betah untuk berada di rumah terus menerus.

pxhere.com

Berbagai Manfaat Dalam Membuat Kerajinan Tangan

Ketika membuat kerajinan tangan sebenarnya anda telah membuat dua fungsi yang berbeda dalam satu barang. Fungsi yang pertama adalah fungsi pakai dan yang kedua adalah fungsi hias.

  • Fungsi hias

Kerajinan tangan yang dibuat sedemikian rupa, sangat unik dan menarik untuk dilihat biasanya lebih mengutamakan keindahan tanpa melihat kegunaan dari barang tersebut. Jenis barang-barang seperti ini adalah patung, lukisan, miniatur dan lain sebagainya.

  • Fungsi pakai

Kebalikannya dengan fungsi hias, pada fungsi pakai benda yang dibuat lebih mengutamakan kegunaan. Barang-barang yang memiliki fungsi pakai seperti lampu, kotak pensil, dan lain sebagainya.

Namun sebagai seorang pengrajin profesional ataupun bukan, mengubah fungsi sebuah barang dari barang bekas yang tidak dapat digunakan menjadi barang bermanfaat tinggi adalah hal yang berharga. Dengan membuat kerajinan unik pun anda bisa mendapatkan berbagai hal yang positif. Berikut adalah manfaat yang bisa anda dapatkan dengan membuat kerajinan tangan:

pxhere.com
  • Mengisi waktu

Apabila anda memiliki banyak waktu luang karena memang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, anda bisa mengisi kekosongan waktu tersebut dengan berkreasi. Daripada menggunakan gadget seharian yang pastinya tidak baik untuk kesehatan tubuh, lebih baik berkreasi dengan berbagai benda yang memberikan manfaat. Anda bisa mencoba beberapa jenis kerajinan tangan yang sederhana dan tidak rumit dari barang-barang bekas di sekitar anda.

  • Melatih tingkat kesabaran

Membuat kerajinan tangan membutuhkan ketekunan dan juga kesabaran, sama seperti ketika anda menyulam atau menjahit. Apabila anda cenderung memiliki sifat yang tidak sabaran, anda bisa mencoba berkreasi untuk melatih kesabaran anda. Dengan mengelola emosi menjadi lebih baik, anda bisa menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin, tidak memutuskan segala sesuatu dengan terburu-buru dan juga bisa memiliki lebih banyak pikiran positif.

  • Melatih kreativitas

Dibandingkan barang-barang original alias barang-barang yang benar-benar baru lebih sedikit jumlahnya daripada barang tiruan. Karena memang yang namanya meniru lebih mudah daripada membuat baru. Begitu juga dengan membuat kerajinan tangan. Akan tetapi bila anda sering berkreasi maka tingkat kreativitas anda pun akan naik seiring pengalaman yang anda dapatkan. Anda juga bisa mencari ide-ide yang kreatif dari video ataupun buku yang anda lihat. Mencari ide baru bisa anda lakukan dari mana saja.

pxhere.com

Kerajinan Yang Bisa Dicoba Di Rumah

Begitu banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan membuat kerajinan unik di rumah. Untuk anda yang baru saja memulai membuat kerajinan tangan, anda tidak perlu mencoba membuat kerajinan yang sulit seperti seorang pengrajin kuningan yang membuat patung dari kuningan dengan tingkat kesulitan yang tinggi. Anda cukup membuat hal-hal yang sederhana saja namun menarik dan memiliki fungsi yang besar. Berikut beberapa rekomendasi kerajinan rumah yang bisa anda coba sendiri:

  • Sarung bantal sofa

Setiap rumah pasti memiliki sofa yang ada di ruang tamu ataupun ruang keluarga. Untuk memperindah ruangan, anda bisa membuat sarungan bantal sofa yang lucu dengan berbagai hiasan dan juga pilihan warna yang menarik. Apalagi dengan membuat sarung bantal sendiri, anda bisa menyesuaikan dengan tema ruangan di rumah anda, bisa disesuaikan dengan selera anda sendiri dan pastinya lebih murah.

  • Hiasan papan tulis

Sebuah keluarga yang sudah memiliki anak pasti memiliki papan tulis, entah papan hitam atau papan putih untuk ruang coret-coret anaknya. Agar anak tertarik menulis, anda bisa menghias papan tersebut dengan hiasan yang disukai anak anda, misalnya saja karakter kartun, bunga, dinosaurus, atau hiasan lainnya.

  • Tote bag

Suka dengan kegiatan menjahit? Anda bisa mencoba membuat tote bag sederhana yang terbuat dari kain kanvas. Kain ini adalah jenis kain yang murah namun kuat sehingga sangat cocok untuk anda gunakan untuk membuat tote bag sendiri. Biasanya kain seperti ini tersedia secara polosan alias tanpa motif atau gambar, nah agar lebih menarik anda bisa menggambarnya atau menghiasnya dengan menggabungkannya dengan kain warna-warni atau kain bermotif.

Tidak sulit bukan membuat kerajinan tangan sendiri? Apabila rekomendasi kerajinan di atas tidak ada yang menarik bagi anda, anda bisa mencari ide lain untuk berkreasi. Seperti yang disebutkan di atas, anda bisa mencari ide-ide baru melalui video, buku atau hal lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags: