Siapa yang tidak pernah mendengar tentang kota Solo? Tentu mayoritas masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan kota ini. Sering disebut sebagai the spirit of Java, kota ini masih tergabung dalam Provinsi Jawa Tengah. Kota ini sangat mudah untuk diakses, baik menggunakan transportasi darat maupun udara.

Kota dengan budaya Jawa yang sangat kental ini mempunyai jumlah penduduk mencapai 500.000 jiwa. Oleh karena itu, tidak heran jika kota ini menjadi pusat untuk pengembangan budaya dan tradisi Jawa. Mayoritas penduduk kota Solo memakai bahasa Indonesia dengan dialek Jawa Mataraman yang terkenal halus itu.

Selain sebagai tempat untuk belajar budaya dan tradisi Jawa, ternyata kota ini mempunyai beberapa warisan dunia yang telah diakui oleh UNESCO. Berikut ini adalah beberapa warisan budaya kota Solo yang wajib Anda ketahui.

  1. Keris

Benda pusaka ini disahkan oleh UNESCO pada tahun 2005. Keris-keris yang terdapat disini berasal dari peninggalan kerajaan zaman dahulu. Saat ini banyak penduduk Solo yang bekerja sebagai pengrajin keris. Anda juga dapat belajar dan melihat proses pembuatan keris disana.

  1. Sangiran

Sangiran adalah tempat situs manusia purba terlengkap yang ada di Indonesia dan pada tahun 1996 resmi disahkan oleh UNESCO sebagai situs arkeologi. Anda akan menemukan banyak fosil manusia purba, baik yang hidup di Indonesia maupun dunia.

  1. Wayang

Wayang merupakan warisan budaya kota Solo yang harus dilestarikan. Wayang ini telah disahkan oleh UNESCO pada tahun 2003. Wayang Wong Sriwedari salah satu tontonan wayang yang menarik dan banyak dipertontonkan. Selain itu, pengrajin wayang kulit dapat dengan mudah Anda temukan di kota ini.

Masih ada lagi berbagai warisan budaya lainnya. Hal inilah yang membuat Anda wajib mengunjungi kota ini ketika liburan tiba untuk mengeksplor dan juga belajar mengenai budaya Jawa beserta situs-situs warisan budaya yang telah diakui oleh dunia. Sudah sepantasnya kita ikut serta bangga dan melestarikan warisan tersebut agar tidak dicuri oleh negara lain.

Leave a Reply