Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang diberkahi dengan akal yang sempurna di bandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Sehingga seharusnya manusia dapat hidup dengan baik dan berdampingan dengan lingkungan dan makhluk hidup lainnya apalagi alam adalah bagian penting yang membantu menopang hidup manusia. Selain hidup dengan baik dalam lingkup sosial manusia seharusnya juga bisa hidup berdampingan dengan alam sebagai lingkungan hidup yang membantu mereka untuk bertahan hidup. Tapi faktanya anda dan bahkan semua manusia yang ada di dunia ini tidak dapat membantah jika manusia juga yang menjadi pihak yang merusak alam dengan keserakahan yang dimiliki.  Alam yang merupakan bagian dari lingkup hidup yang ada di bumi harus menjadi korban dari keserakahan dan sifat tidak bertanggung jawan manusia. Sudah banyak contoh yang membuktikan jika lingkup alam ini sudah mulai rusak akibat ulah manusia yang semakin tidak bermoral dan tidak dapat menjaga dan memberdayakan alam dengan bijak dan baik.

Adanya global warming adalah salah satu puncak kerusakan alam akibat ulah manusia, banjir, longsor dan bencana alam lainnya sesungguhnya juga muncul karena ulah manusia itu sendiri. Maka dari itu untuk mencegah alam semakin rusak maka seharusnya anda dan semua manusia di dunia ini mulai belajar untuk hidup berdampingan dengan lingkup hidup yang ada di sekitarnya agar alam tidak lagi rusak serta masih bisa dipakai oleh anak-cucu manusia nantinya. Meskipun kerusakan parah sudah terjadi pada alam saat ini namun melakukan perbaikan mulai sekarang juga bukan langkah yang buruk untuk dilakukan.

pexels.com

Tindakan Yang Bisa Merusak Alam Dan Lingkungan

Sebelum masuk dalam bahasan tentang cara hidup berdampingan dengan lingkungan hidup ada hal penting lain yang terlebih dahulu harus dipahami oleh manusia. Hal penting tersebut adalah penjelasan tentang hal-hal sederhana yang dapat merusak alam yang justru banyak tindakan merusak alam yang secara tidak sadar telah dilakukan oleh manusia selama ini.  Beberapa perilaku yang secara tidak sadar dilakukan manusia namun justru berpotensi merusak alam adalah:

  1. Menggunakan parfume semprot. Saat ini banyak orang yang lebih menyukai menggunakan parfume dalam bentuk semprot karena bisa membuat wangi dari parfume mudah menyebar saat dipakai. Namun menggunakan parfume semprot ini dapat merusak lapisan atmosfer dan mirisnya hampir sebagian besar masyarakat dunia memilih menggunakan parfume semprot ini.
  2. Menggunakan plastik. Di Indonesia saja hampir semua masyarakatnya menggunakan plastik sebagai tempat yang praktis dan kuat untuk membawa barang. Mulai dari belanja, membawa barang, menyimpan dan semua aktivitas manusia akan selalu menggunakan plastik. Padahal sampah plastik adalah sampah yang paling sulit di urai, untuk mengurai sampah plastik juga membutuhkan waktu ratusan tahun.
  3. Mengendarai kendaraan bermotor. Saat ini sebagian besar masyarakat dunia melakukan mobilitas dengan menggunakan kendaraan bermotor karena dinilai lebih cepat dan mudah namun anda perlu tahu jika kendaraan bermotor dapat menimbulkan polusi dan mencemari udara bahkan menjadi salah satu penyumbang besar terjadinya global warming yang sedang terjadi saat ini.
pexels.com

Contoh Aktivitas Yang Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Global warming atau pemanasan global adalah kerusakan lingkungan hidup yang paling parah dimana fenomena pemanasan global ini dapat merubah iklim dunia, suhu udara yang semakin naik dan tidak ada lapisan yang dapat menjaga bumi jika ada benda asing yang masuk. Dampaknya es yang ada di kutub utara dan kutub melelah dan membuat volume air yang ada di laut semakin naik. Banyaknya bencana alam yang terjadi juga karena manusia tidak dapat hidup berdampingan dengan alam. Tapi anda bisa mulai sejak saat ini untuk hidup berdampingan dengan alam dan mencoba gaya hidup yang ramah dengan alam beberapa hal kecil yang bisa bermanfaat untuk menjaga alam dan dapat anda lakukan dengan mudah adalah:

  1. Perbanyak menggunakan sepeda. Jika anda mau mengurangi polusi udara karena karbomonoksida maka anda harus perbanyak menggunakan sepeda yang terkenal sebagai salah satu transportasi yang ramah lingkungan. Masyarakat Jepang dan masyarakat Eropa sudah mulai melakukan aktivitas ini.
  2. Berbelanja membawa tas. Agar mengurangi sampah plastik yang dihasilkan dari aktivitas manusia maka anda bisa memulai membawa tas saat berbelanja. Cara ini cukup efektif untuk menekan sampah plastik. Atau cara lain adalah pengusaha bisa meggunakan kantung belanja dari kertas untuk diberikan pada konsumen. Di Eropa anda akan mendapatkan kantung belanja berbahan kertas saat belanja di pasar atau supermarket.
  3. Mendaur ulang sampah. Untuk sampah yang sulit untuk terurai maka jalan lain agar sampah tidak mencemari alam adalah dengan mendaur ulang sampah menjadi barang yang bisa di jual. Saat ini program daur ulang ini sedang banyak dilakukan di Indonesia dengan memberlakukan bank sampah di berbagai daerah salah satunya di Surabaya.

Bagi anda yang mau memanfaatkan segala hal yang ada di alam maka anda juga harus membayarkan dengan belajar hidup berdampingan dengan alam. Jangan lakukan aktivitas yang dapat mencemari alam dan usahakan untuk bergabung dengan aktivitas yang bisa menjaga alam dari kerusakan yang semakin parah dari saat ini.

Leave a Reply