Berbicara mengenai manajemen pemasaran tentu anda sudah bisa menebak bahwa hal ini akan erat kaitannya dengan kegiatan bisnis promosi tertentu. Dalam suatu usaha tentu saja pemasaran adalah hal yang paling penting untuk anda pahami dan pelajari dengan benar. Salah melangkah dalam mengurus tahap pemasaran maka akan merugikan bisnis yang tengah anda jalani saat ini. Untuk itu sebelum memanajemen bisnis dalam hal pemasaran perlu anda pahami dahulu defines dan konsep dasar yang ada.

Definisi Manajemen Pemasaran

Mungkin sebagian besar dari masyarakat sudah tidak asing dan sering mendengar kata manajemen dan pemasaran. Namun belum tentu kebanyakan dari mereka mengerti arti atau definisi sebenarnya. Manajemen sendiri memiliki arti mengatur. Sedangkan pemasaran merupakan bidang yang memiliki tugas utama untuk menjual produk dan melakukan usaha pendekatan terhadap konsumen agar mau memakai produk yang tengah dijual tersebut melalui suatu promosi yang telah diatur sebelumnya. Nah dari sini bisa kita tarik suatu definisi sederhana dari manajemen pemasaran adalah suatu kegiatan mengatur segala hal yang berkenaan dengan strategi pemasaran dan bagaimana suatu kegiatan pemasaran itu bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

Mungkin bagi sebagian besar orang bidang manajemen untuk kegiatan pemasaran ini bisa dilakukan dengan mudah. namun pada kenyataannya membangun sebuah manajemen untuk pemasaran harus dilakukan dengan langkah yang benar yang tentunya harus dilakukan dengan memperhitungkan hal-hal penting lainnya yang memang harus diperhitungkan. Oleh karenanya tak heran jika ada jurusan perkuliahan mengenai manajemen pemasaran. Hal ini karena ada ilmu-ilmu tertentu yang harus dipelajari dengan baik dan dipraktekkan sekaligus agar bisa mengimplementasikan ilmu manajemen tersebut.

pexels.com

Konsep Memanajemen Bidang Pemasaran

Konsep manajemen artinya ada hal-hal yang menjadi pokok atau landasan penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang yang bekerja di bidang manajemen pemasaran. Adapun tujuan juga merupakan hal yang penting untuk dipahami oleh setiap orang yang bekerja dalam bidang pemasaran. Nah lantas apakah tujuan dari adanya manajemen dalam bidang pemasaran ini? Beberapa tujuannya adalah seperti memberikan kepuasan tersendiri untuk setiap konsumen terhadap setiap keinginannya. Oleh karenanya dalam melakukan kegiatan pemasaran maka seseorang harus melakukan hal-hal tertentu yang akan membawa pengaruh baik bagi konsumen yang ada di sekitarnya. Tidak bisa asal-asalan saja. Ada beberapa hal yang harus ada dan menjadi elemen yang sangat penting harus dipenuhi saat membangun dan memanajemen kegiatan pemasaran. Diantara beberapa elemen tersebut adalah seperti :

  1. Target pencapaian kepuasan setiap pelanggan atau konsumen yang menjadi sasaran kegiatan pemasaran.
  2. Pemasaran yang dilakukan dengan orientasi berdasarkan keinginan konsumen. Hal ini sangat penting mengingat kebutuhan dan keinginan konsumen yang inginnya selalu mendapatkan keuntungan.
  3. Agenda kegiatan pemasaran yang harus disusun sebelumnya dan tertata dengan rapi.
  4. Marketing mix. Dalam bidang pemasaran ada istilah marketing mix yang mana hal ini memiliki artian gabungan dari beberapa variable penting yang ada dalam bidang pemasaran. Beberapa variable penting tersebut adalah seperti system distribusi, kualitas danbentuk produk, tingkat harga produk, dan agenda kegiatan dalam melakukan promosi.

Tiga elemen pokok di atas memang harus dipenuhi demi pencapaian target pemasaran yang baik. Apalagi dengan banyaknya pesaing di bidang pemasaran maka 3 elemen tersebut benar-benar harus disiapkan sematang mungkin dengan dasar pemenuhan kepuasan dari setiap konsumen atau pelanggan yang ada.

pexels.com

Strategi Pemasaran Digital Online Yang Baik

Dalam mengatur pemasaran yang baik memang seseorang harus tahu terlebih dahulu dasar ideologi dari pemasaran itu sendiri. Selain definisinya seseorang yang bekerja dalam bidang pemasaran juga harus paham betul tujuan dan target sasaran dari kegiatan pemasaran tersebut. nah setelah mengetahui konsep dasarnya maka selanjutnya adalah bagaimana mengatur strategi yang baik untuk melakukan kegiatan pemasaran.

Jaman dahulu kegiatan pemasaran hanya bisa dilakukan melalui cara bertemu secara langsung dengan calon konsumen atau calon pelanggan. Namun hal ini berbeda dengan jaman sekarang yang semuanya serba digital. Hal ini menunjukkan bahwa ada kemajuan di bidang teknologi informasi yang memberikan efek positif pada masyarakat. Kegiatan pemasaran pun bisa dilakukan melalui media digital yang kini semakin memudahkan siapa saja yang bekerja dalam bidang pemasaran.

Kegiatan pemasaran bisa dilakukan dalam internet secara online yang mana tentu saja jangkauan pemasarannya akan lebih luas dibanding menggunakan cara lama. Akan tetapi karena jangkauannya yang sangat besar dan luas maka tentu saja pesaingnya juga akan lebih banyak. Nah oleh karenya seorang marketer yang akan melakukan promosi atau kegiatan pemasaran menggunakan media digital secara online harus memperhatikan banyak hal dan membangun strategi pemasaran yang baik dan benar demi kelancaran usaha pemasaran yang dilakukannya tersebut. membangun strategi pemasaran yang baik bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti di bawah ini :

pexels.com
  1. Menentukan tema dari situs yang akan dijalankan untuk melakukan pemasaran. Hal ini menjadi hal yang sangat penting untuk anda lakukan. Setelah menentukan tema maka akan mudah bagi anda untuk melakukan strategi berikutnya.
  2. Susunlah konten dari situs pemasaran anda dengan baik dan benar. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengurus konten situs adalah seperti bahasa yang digunakan untuk melakukan promosi. Tawarkan beragam kelebihan atau keunggulan produk anda seolah-olah anda tengah mensugesti para konsumen. Selain itu adalah desain dari situs anda. semakin menarik desain yang anda buat maka akan semakin bagus untuk kegiatan pemasaran anda. anda bisa menyampaikan promosi melalui gambar atau animasi yang lebih menarik tentang produk yang anda pasarkan.
  3. Pelajari dan atur SEO dengan baik dan benar. Dalam hal pemasaran digital ada yang namanya SEO. SEO ini merupakan suatu metode atau cara yang bisa membantu anda menemukan banyak konsumen dengan membuka situs anda tersebut. tentukan kata yang mudah dicari oleh banyak orang. Menggunakan SEO akan membuat situs anda muncul pada pencarian teratas dari search engine yang ada. Hal ini tentu akan membuat banyak orang akhirnya bisa membuka dan mempelajari situs anda.
  4. Lakukan pemasaran di banyak media social. Saat ini hampir semua orang memiliki social media. Entah itu facebook, instagram, dan media social lainnya. Nah semua media social tersebut jika tidak anda manfaatkan dengan baik maka akan sangat percuma. Oleh karenanya anda bisa memanfaatkan semua media social yang anda punyai tersebut untuk melakukan promosi dari produk atau melakukan kegiatan pemasaran anda.
  5. Lakukan kegiatan pemasaran berkali-kali dalam sehari. Hal ini sebagai bentuk usaha anda sebagai marketer yang baik karena melakukan pemasaran di media online bukanlah hal yang cukup mudah. namun dengan bahasa sugesti yang meyakinkan akan sangat membantu anda untuk menemukan banyak konsumen.
  6. Manfaatkan google ads. Google ads adalah layanan iklan yang akan sangat membantu anda untuk kegiatan pemasaran anda.
  7. Lakukan secara konsisten. Hal ini adalah hal yang terbilang paling susah. Ada banyak sekali orang di luar sana yang tidak melakukan pemasaran dengan telaten dan konsisten dikarenakan usaha pertamanya hanya berbuah hasil yang sedikit dan tidak sesuai dengan harapan. Pada akhirnya mereka beralih pada bidang lainnya. Memenuhi target sesuai harapan di media online memang bukan hal yang mudah. namun jika dilakuakan secara telaten maka anda akan bisa menghasilkan hasil yang cukup memuaskan. Oleh karenanya kesabaran adalah salah satu kunci berharga dalam melakukan kegiatan pemasaran.
  8. Membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan. Hal ini bisa menjadi kunci utama yang akan menghasilkan target pemasaran yang sesuai dengan harapan. Dengan adanya relasi yang baik dengan para pelanggan maka usaha pemasaran anda secara tidak langsung akan terbantu oleh para pelanggan yang ikut serta menawarkan dan melakukan promosi pada kerabatnya yang lain. Tentu hal ini akan menguntungkan anda tanpa merugikan pihak pelanggan. Hal inilah yang menjadi taktik jitu dalam sebuah manajemen bidang pemasaran yang seringkali dilalaikan namun menjadi elemen yang sangat penting sebenarnya.

Masih ada banyak hal yang sebenarnya harus dipalajari oleh setiap orang yang bekerja dalam bidang pemasaran. Mereka juga harus paham dan mengenal kode promosi yang biasanya ada pada setiap kegiatan promosi. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai kode promosi anda bisa akses kodepromosi.co.id.

pexels.com

Dalam manajemen pemasaran semua hal dan langkah dalam kegiatan pemasaran memang harus disusun dengan baik dan benar. Manajemen yang tertata rapi akan membuat anda mendapatkan hasil yang baik pula. Hal yang termasuk dalam kegiatan manajemen untuk pemasaran adalah adanya evaluasi dan dibarengi dengan perbaikan pada setiap strategi yang dilakukan. Tentu saja hal ini menjadi sangat penting guna mendapatkan target pemasaran yang sesuai.

Jika hasil yang didapat sangat tidak maksimal maka dalam ilmu manajemen harus ada hal yang diteliti lagi apakah semua susuna langkah pemasaran sudah benar atau memang ada yang belum maksimal. Jika memang ada mungkin hal tersebut bisa menjadi factor utama tidak maksimalnya hasil target pemasaran yang diharapkan. Setelah mengetahui factor tidak maksimalnya pemasaran tersebut maka selanjutnya adalah usaha untuk memperbaiki langkah dalam pemasaran tersebut. tentu saja setiap strategi pemasaran yang dilakukan harus sesuai dengan keadaan konsumen yang ada disekitar. Hal seperti ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan dan dilakukan dalam kegiatan memanajemen bidang pemasaran.

Selain memperhatikan evaluasi pada kegiatan pemasaran yang telah dilakukan, dalam strategi  dan manajemen bidang pemasaran selanjutnya yang penting untuk diperhatikan adalah melakukan perhitungan terhadap pengeluaran dan pemasukan juga terbilang sangat penting. Hal ini karena jika pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan dan tidak bisa seimbang dalam jangka waktu yang lama tentu hal ini merupakan suatu kerugian besar yang bsia dialami oleh pengusaha tersebut. maka hal ini bisa saja kembali pada konsep ilmu ekonomi yang mana pemasukan harusnya lebih besar dari pengeluaran atau setidaknya keduanya seimbang dan sama.

Memanajemen kegiatan pemasaran akan menjadi hal yang mudah dilakukan jika anda paham dan melakukannya dengan konsisten dan tentunya sesuai dengan aturan serta keadaa yang ada. Cara pemasaran yang akan dilakukan juga akan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Strategi yang bagus akan membuahkan hasil yang baik pula.

 

Leave a Reply