Perkembangan teknologi terutama di bidang komunikasi semakin memudahkan orang-orang untuk berinteraksi. Jarak bukan halangan, tidak bisa bertemu secara langsung, videocall menjadi perantara. Berkat kondisi ini, komunikasi menjadi begitu mudah.

Internet merupakan salah satu bentuk teknologi komunikasi yang berdampak bagi kehidupan. Munculnya jaringan yang menghubungkan seluruh dunia ini memiliki peran besar terciptanya peradaban baru. Dahulu, semuanya serba manual, tetapi internet menjadikan semua itu menjadi hal yang instan dan otomatis. Dengan demikian, banyak sekali perubahan yang disebabkan oleh internet.

Pemasaran Online menjadi Primadona, Akankah Media Outdoor Tergeser?

Pemasaran juga mengalami perubahan. Internet sangat efisien dan efektif sebagai media pemasaran, karena target pemasaran bersifat global. Saat ini, banyak cara pemasaran yang dapat dilakukan melalui jaringan internasional ini, seperti melalui media sosial, situs, iklan, video online, newsletter, dan beberapa lainnya.

Perubahan cara pemasaran ini memang sangat positif, tetapi ada cara lama menjadi kian tergeser dan mulai ditinggalkan. Cara yang mulai sedikit peminat ini adalah media luar ruang. Tahukah Anda apa itu media luar ruang? Media ini merupakan sarana untuk pemasaran yang dipasang pada papan reklame yang diletakkan di ruang terbuka tertentu, dimana lokasinya biasanya ramai agar banyak mata yang melihatnya.

Kita tahu bahwa cara pemasaran tersebut adalah cara yang kuno lantas apakah media luar ruang masih ampuh diterapkan di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari mengetahui terlebih dahulu beberapa fungsi dari media pemasaran yang cukup ampuh di zaman dahulu itu.

pixabay.com

Keampuhan Media Luar Ruang

Media luar ruang dulunya memang memiliki pengaruh yang besar bagi pengenalan produk suatu usaha atau saat ini lebih dikenal dengan sebutan branding. Tahukah Anda jika manusia adalah makhluk visual? Oleh karenanya, kita akan lebih mudah menangkap pesan dan tanpa sadar mensugesti alam bawah sadar jika melihat gambar.

Inilah salah satu fungsi yang dimiliki pemasaran media luar ruang. Tujuan utamanya adalah untuk mengenalkan dan dikenal oleh publik. Lantas apakah penting dikenal oleh publik? Kita semua tahu salah satu merk terkenal dan sangat fenomenal dari air mineral yang dijual di Indonesia, yaitu Aqua.

Lihatlah bagaimana fenomena yang terjadi di masyarakat ketika mereka membeli air mineral. Walaupun ingin membeli produk air mineral lainnya, tetapi mereka selalu menyebutkan Aqua ketika membelinya. Hal ini terjadi karena brand tersebut sudah masuk ke alam bawah sadar dari sebagian besar masyarakat, sehingga air mineral yang terdiri dari berbagai macam merek lebih dikenal dengan satu merek.

Perkembangan teknologi juga mempengaruhi media luar ruang. Dahulu, desain yang terpampang di media luar ruang belum maksimal, karena belum ada perangkat lunak untuk desain grafis, tetapi saat ini desainnya sangat berbeda, karena telah menggunaan perangkat lunak tersebut.

Tidak hanya berupa grafis atau gambar saja, saat ini media luar ruang juga menjelma menjadi televisi raksasa yang dapat menampilkan video, sehingga lebih efektif untuk menyampaikan pesan. Penjelmaan ini lebih dikenal dengan videotron.

Biasanya, videotron diletakkan pada lokasi-lokasi yang ada di persimpangan jalan dan terdapat lampu lalu lintas yang berdurasi lama. Hal ini bertujuan agar video yang ditampilkan dapat dilihat secara keseluruhan oleh para pengguna kendaraan bermotor.

Dengan demikian, media luar ruang sebenarnya juga mengikuti perkembangan zaman, yaitu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada saat ini. Oleh karena itu, cara pemasaran ini masih ampuh untuk diterapkan. Lantas apa saja jenis media luar ruangan yang masih banyak digunakan untuk beriklan? Berikut informasinya.

pixabay.com

Varian Media Luar Ruang yang Masih Ampuh

Kekuatan yang dimiliki media luar ruang tidak perlu diragukan dan ternyata tidak tergerus oleh kemajuan teknologi. Banyak sekali pilihan media luar ruag yang dapat digunakan. Berikut adalah beberapa diantaranya.

  • Baliho

Baliho merupakan salah media luar ruang yang banyak digunakan. Ukurannya yang besar membuat efektifitasnya menjadi meningkat dan hasilnya adalah banyak pasang mata yang melihatnya. Baliho juga bisa disebut dengan papan reklame yang sering dijumpai di jalan-jalan besar.

  • Spanduk

Ukuran spanduk lebih kecil daripada baliho dan umumnya memanjang. Fungsinya hampir sama dengan baliho, tetapi biasanya digunakan untuk cakupan yang lebih sempit, karena ukurannya juga tidak sebesar baliho serta informasi yang dapat disampaikan sangat terbatas. Oleh karena itu, kemampuan menata kata serta desain sangat mempengaruhi keberhasilan pemasaran.

  • Poster

Desain yang atraktif adalah salah satu ciri dari poster. Desain tersebut dibuat bukan tanpa tujuan. Desain tersebut dibuat untuk memancing orang agar melihat poster tersebut. Semakin unik desain poster, maka semakin sering orang melihatnya. Namun, tidak jarang desain yang menarik tidak dapat menyampaikan pesan dengan baik. Oleh karena itu, perpaduan desain dan konten poster harus berimbang dan saling mendukung satu sama lain.

  • Neon Box

Media luar ruang yang satu ini sering digunakan, tetapi penggunaanya akan lebih efektif saat malam hari, karena media ini menggunakan pencahayaan yang berada di belakang cover. Bagian cover berisi pesan yang ingin disampaikan, sehingga pesan akan terlihat mencolok dan tentu dapat menarik perhatian orang-orang.

pixabay.com
  • Videotron

Video menjadi hal yang sangat menarik dan sangat ampuh untuk pemasaran apalagi jika ditampilkan di layar berukuran besar. Videotron mampu melakukan hal itu. Manfaatkan videotron untuk menyampaikan pesan pemasaran sekaligus menghibur masyarakat, sehingga produk yang dipasarkan lebih cepat dikenal.

 

  • Wall painting

Walaupun di Indonesia sangat jarang menggunakan media luar ruang ini, tetapi media ini sebenarnya sangat menarik dan patut untuk dicoba. Namun kendala utamanya adalah tidak tersedianya tembok yang berlokasi di pinggir jalan.

Itulah informasi terkait ampuh atau tidaknya media luar ruang di Indonesia beserta beberapa jenis media luar ruang yang dapat digunakan. Sinergimedia.co.id dapat menjawab kegelisahan Anda dalam memutuskan untuk menggunakan media luar ruang atau tidak.

 

Leave a Reply