Saat berencana mendapatkan dana tambahan, pekerjaan yang dapat anda lakukan adalah membuat blog. Namun membuat blog yang menarik dan mendatangkan banyak uang, tidak secara sembarangan. Anda harus mendesain blog dengan menarik dan indah. Sehingga banyak yang mendatangi blog dan tertarik untuk membaca blog secara berkelanjutan. Untuk mendapatkan semuanya itu, adakah cara yang harus dilakukan agar desain blog terlihat menarik?

 

Dalam pembuatan desain blog yang menarik dan bagus, terkadan menyulitkan bagi banyak orang. Permasalahannya adalah tidak ada pengetahuan untuk memulai dan mengerjakannya dari mana. Untuk membantu anda, sebenarnya dapat digunakan jasa website yang tersedia diberbagai tempat. Namun, jika tertarik untuk menjalankannya dan belajar otodidak, tidak ada salahnya mengikuti beberapa cara. Adapun cara yang dimaksud, akan diketahui jika melakukan pembacaan artikel hingga usai.

pxhere.com

9 Cara Mudah Mendesain Blog dengan Menarik dan Bagus

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara agar blog anda memiliki tampilan yang menarik. Setiap tips yang diberikan dapat dijalankan langsung dan diterapkan pada blog. Berikut informasi cara mudah mendesain blog:

  1. Tampilkan Deskripsi Singkat

Pertama yang harus dilakukan adalah menyampaikan deskripsi singkat terkait blog. Contohnya, masukkan penjelasan bahwa blog ini akan mengulas tentang olahraga. Maka, berita-berita terkait tentang olahrga akan tersedia didalamnya. Di sinilah, kekreativitsan anda akan diuji, karena dalam deskripsi singkat, informasi yang diinginkan dapat tersampaikan.

  1. Gunakan Subheading

Kebanyakan pembuat blog, tidak menggunakan subheading dalam blognya. Hal ini menyebabkan pembaca bosan dalam membacanya. Penggunaan subheading akan memberikan kesan mudah dalam pembacaan. Selain itu, konten menjadi lebih terstruktur. Penggunaan subheading dapat dilakukan sesuai kebutuhan. Namun umumnya, pada subheading ketiga.

  1. Masukkan Gambar

Untuk membuat tulisan yang rapi dan nyaman dibaca, tambahkan gambar pada tulisan. Buat gambar-gambar yang berwarna, sehingga lebih menarik perhatian. Selain itu, masukkan pula sumber gambar agar dapat lolos dari pengecekan plagiarism. Penggunaan gambar pada tulisan, akan memudahkan pembaca mengerti maksud dari tulisan anda.

pxhere.com
  1. Gunakan Warna Untuk Desain Blog

Berikutnya anda perlu menentukan warna apa yang akan digunakan dalam blog. Jika berencana menggunakan warna biru, maka pilihlah warna lain sebagai padanan. Namun, jangan gunakan warna yang berlebihan. Artinya, pemilik blog hanya dapat memiliki tiga warna untuk blog tersebut. Hal ini dapat membantu untuk membentuk identitas pada blog yang dimilikki.

  1. Gunakan Blog Background dengan Warna Terang

Kebanyakan blog yang ada di dunia maya, saat ini adalah berwarna hitam. Untuk itu, disarankan untuk memikirkannya kembali. Karena penggunaan background dengan warna gelap akan menyulitkan dalam pemilihan warna tulisan. Usahakan gunakan warna yang netral agar memudahkan dalam pembacaan tulisan serta pemilihan warna tulisan di blog.

  1. Jaga Konsistensi

Dalam menulis blog dan melakukan desain diperlukan sebuah konsistensi. Bukan hanya dalam pembuatan konten, anda harus konsisten dalam pembuatan identitas (desain) yang dibangun. Gunakan warna tombol home yang sama dengan laman lainnya. hal ini akan membantu pembaca merasa lebih familiar dengan pemilik blog.

  1. Masukkan Profil Media Sosial

Anda yang tertarik menambah teman dengan membuat blog penting untuk memasukkan profil lain didalamnya. Profil yang dimaksud adalah media sosial yang dimilikki. Masukkan profil media sosial tersebut pada bagian sidebar ataupun footer blog. Hal ini akan membantu pembaca, siapakah pemilih dari blog yang selama ini dikunjungi. Dan dapat mengenalnya secara lebih jauh.

  1. Tetapkan Tujuan

Tujuan dalam desain blog adalah membuat blog lebih unik dan bagus. Karenanya, perubahan secara keseluruhan harus diperhatikan dan dipikirkan dengan matang. Contohnya, perhatikan tema apa yang akan dibuat dalam blog. Tentukan tujuan tersebut, agar dalam pembuatan desain blog dapat dillakukan dengan lebih mudah.

  1. Pembuatan Navigasi yang Mudah

Dalam pembuatan sebuah blog, anda harus berpandai-pandai membuat navigasi untuk pembaca. Pemilik blog harus mengetahui, apakah navigasi yang digunakan berlebihan atau sudah tepat. Penggunaan navigasi yang mudah akan membantu pembaca lebih lama dan nyaman berlama-lama di blog. Sedangkan jika tidak, pembaca hanya akan berlalu dari blog.

Itulah beberapa tips yang dapat dijalankan agar mendesain blog yang bagus dapat dilakukan dengan mudah. Untuk memperkuat tujuan anda dalam membuat blog, akan dijelaskan beberapa keuntungan memiliki blog pada bagian berikutnya.

pxhere.com

Keuntungan Memiliki dan Mendesain Blog

Mungkin banyak orang bertanya-tanya, apakah keuntungan memiliki blog dan mendesainnya. Jawabannya cukup beragam, ada yang mencari keuntungan dan pendapatan tambahan. Namun ada pula yang berencana mencari teman baru dengan menggunakan blog. Karenanya, setiap orang memiliki alasan masing-masing untuk memiliki blog. Sedangkan untuk mendesainnya diperlukan, agar semakin banyak pengunjung yang mendatangi blog dan membuat semangat menulis semakin tinggi.

 

Simpulan

Jadi, itulah beberapa cara yang dapat dijalankan untuk membuat blog yang bagus. Jika dirasa tidak mampu melakukannya, gunakanlah jasa mendesain blog yang kini telah tersedia dibanyak tempat. Tidak perlu khawatir, karena jasa desain blog tidak terlalu mahal. Namun diperlukan cara-cara menawar yang baik, agar didapatkan harga yang sesuai dengan harapan.

 

 

Leave a Reply