Mungkin Anda sudah tidak terlalu asing dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) yang memang populer di kalangan calon mahasiswa. Namun tahukah Anda bahwa jurusan Fisip ini terdiri atas berbagai kerangka ilmu lain. Maka dari itu, saat menempuh perkuliahan Anda akan dihadapkan pada pembagian minat berdasar departemen yang ada.

Mengenal Departemen Yang Ada Dalam Jurusan Fisip

Fakultas ini memang tersusun atas beberapa departemen yang kemudian menyusun menjadi satu kesatuan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Beberapa departemen tersebut diantaranya;

Departemen Komunikasi

Di dalam departemen ini, mahasiswa akan dihadapkan pada beberapa peminatan antara lain

  • Hubungan Masyarakat (Public Relation)
  • Periklanan (Advertising)
  • Jurnalisme
  • Penyiaran
  • Kajian Media

Departemen Politik

Bagian ini akan lebih ideal bagi mahasiswa yang berminat dengan perpolitikan dan pemerintahan yang akan lebih menekankan pada

  • Telaah pelaksanaan peran serta fungsi sosial lembaga pemerintahan
  • Telaah pelaksanaan peran serta fungsi sosial komunitas masyarakat
  • Telaah relasi pelaksanaan peran serta fungsi sosial diantara lembaga pemerintahan dan masyarakat
  • Perbandingan antara aspek pelaksanaan peran serta fungsi sosial antar pelaku-pelaku politik

Departemen Administrasi Niaga

Alumni akan mendapatkan kompetensi penyusunan perangkat pelaksana serta perangkat kebijakan dalam suatu lembaga.

Departemen Kriminologi

Departemen ini akan lebih sesuai bagi mahasiswa yang berminat mengkaji berbagai kasus kejahatan melalui kerangka serta latar belakang relasi sosial.

Departemen Sosiologi

Dalam departemen ini, mahasiswa akan mempelajari dinamika manusia sebagai makhluk sosial dan anggota komunitas sosial secara lebih mendalam.

Departemen Kesejahteraan Sosial

Mahasiswa diajak untuk mengkaji berbagai proses penentuan standar kesejahteraan sosial, para penanggungjawabnya hingga berbagai bentuk praktik kesejahteraan sosial di masyarakat.

Departemen Antropologi

Departemen ini oleh sejumlah universitas dikategorikan dalam fakultas ilmu budaya ataupun humaniora. Namun departemen ini lebih mengkaji kepada produk dan proses penciptaan produk nilai dan kebiasaan melalui relasi sosial dalam suatu komunitas dan tidak berfokus pada produk budaya individu melainkan produk budaya sosial.

Departemen Hubungan Internasional

Departemen ini mempelajari relasi luar negeri diantara 2 negara atau lebih berikut proses perumusan kebijakan, pelaksanaannya dan konsekuensi pelaksanaan tersebut.

Demikianlah informasi tentang perkuliahan jurusan ilmu sosial dan ilmu politik yang mungkin bisa menajdi referensi Anda sebelum memutuskan memilih jurusan kuliah.

Leave a Reply