Ada sangat banyak pilihan model rambut bagi wanita yang dapat disesuaikan bentuk wajah. Kita cukup datang ke salon dan meminta model potongan rambut tertentu yang diinginkan. Akan tetapi, potongan rambut tentu harus disesuaikan bentuk wajah masing-masing. Walau sebenarnya tiap orang bebas memilih, namun bukan berarti pilihan kita adalah yang paling pas dan cocok untuk rambut dan bentuk wajah masing-masing. Bisa jadi tatanan rambut yang sekarang ini justru membuat aura wajah meredup dan kurang maksimal. Kita harus cari tahu cara yang tepat serta sesuai dalam menata mahkota agar sesuai bentuk muka. Simak ulasan macam-macam bentuk wajah serta model potongan rambut yang sesuai di bawah ini.

Macam-macam Bentuk Wajah

Tak ada larangan dalam menata rambut sesuka hati sesuai keinginan masing-masing. Akan tetapi apabila kita cuek akan gaya rambut tertentu, bisa jadi gaya rambut itu sebenarnya tidak cocok dengan bentuk wajah. Bukannya menonjolkan bentuk wajah, potongan rambut tertentu bisa jadi malah makin menunjukkan kekurangan pada wajah. Misalnya, bentuk wajah jadi semakin tampak bulat atau memanjang berkat potongan yang tak sesuai. Pancaran sinar wajah akan tertutup model potongan rambut yang kurang pas ini. Untuk itu, pertimbangkan bentuk wajah baik-baik sebelum memilih potongan rambut tertentu. Jangan ragu dalam menonjolkan sudut-sudut unik pada wajah.

Langkah awal penentuan model potongan rambut ialah dengan menentukan pola wajah. Kita bisa memperkirakannya dengan cara bercermin. Atau, kita juga bisa melakukannya dengan memperhatikan foto-foto wajah saat sedang melakukan selfie. Ambil selfie tanpa senyum dn amati wajah ketika sedang dalam keadaan natural. Amati bagian pipi, dahi serta rahang agar kita bisa tahu apakah bentuk wajah kita termasuk bulat, persegi, ova, hati atau wajik. Setelah itu cobalah beberapa variasi mimik agar dapat diketahui raut muka. Tersenyum dan berbicara di depan cermin akan membantu. Mimik memang tak begitu penting, akan tetapi sangat diperlukan karena dapat mempengaruhi perubahan raut muka.

Jika struktur muka telah diketahui, saatnya kita mulai menentukan model potongan rambut bagi wanita yang sesuai bentuk wajah masing-masing. Jika sudah ada gambaran potongan rambut yang diinginkan, kita tak akan lagi merasa bingung saat mendatangi salon. Potongan rambut bagi wanita akan dibedakan berdasarkan apakah bentuk wajahnya termasuk bulat, oval, hati, persegi atau wajik. Masing-masing bentuk wajah memiliki model potongan rambut yang berbeda-beda agar bisa menonjolkan kelebihan pada sudut-sudut unik wajah serta menyembunyikan kekurangannya. Kita juga bisa berkreasi dengan potongan rambut tertentu agar tidak monoton atau merasa bosan dengan potongan rambut yang itu-itu saja. Berikut adalah beberapa di antaranya yang bisa jadi pertimbangan.

www.pexels.com
  1. Bentuk Wajah Bulat

Banyak orang beranggapan bahwa bentuk wajah bulat akan sesuai dengan potongan pendek. Namun jika kita hendak menghindari kesan chubby di wajah, pilih poni menyamping serta potongan shaggy. Jika kita berani dan percaya diri dengan bentuk wajah bulat, bisa dipilih pula potongan pendek. Akan ada keunikan tersendiri pada penampilan wanita berwajah bulat dan berambut pendek. Salah satu artis Tanah Air yang tetap tampak manis walau wajahnya bulat dan potongan rambutnya pendek ialah Putri Titian.

Potongan model bob dan poni tipis pada dahi termasuk langkah berani. Agar tidak meninggalkan kesan terlalu gemuk, panjang rambut harus dijaga agar tetap di bawah dagu serta tidak terlalu tebal. Lalu, bagaimana dengan wanita yang kurang percaya diri karena parasnya bulat? Jangan coba potongan bob yang justru akan semakin menegaskan wajah bulat. Pilih gaya wavy layers yang akan memberi aksen seperti membingkai wajah agar dapat mengurangi kesan bulat di wajah.

  1. Bentuk Wajah Oval

Banyak orang menganggap bentuk wajah oval termasuk fleksibel, dalam artian gaya rambut apapun akan tetap tampak cocok. Ini karena bentuk oval ialah bentuk ideal untuk sebuah wajah. Rambut pendek ataupun panjang akan sama-sama cocok untuk wanita berwajah oval. Jika kita merasa wajah terlalu oval, maka gunakan potongan pendek sebahu. Ini dipilih agar dapat mengurangi panjang raut yang oval. Salah satu contohnya adalah aktris Dian Sastro dengan paras ovalnya. Gaya rambut apapun yang dipakai aktris ini takkan melunturkan kecantikannya.

Gaya lain yang dapat dicoba wanita dengan bentuk wajah oval ialah poni lurus yang tebal. Poni tebal akan menonjolkan bagian mata serta membuang jarak berlebihan antara dagu dan dahi. Poni akan cocok sebagai pemanis wanita berwajah oval baik yang menggunakan rambut pendek atau panjang. Apabila rambut pendek memiliki potongan di atas bahu, bisa dicoba potongan shaggy pendek maupun bob asimetris. Keduanya akan dapat memberikan kesan muda sehingga membuat pemakainya tampak lebih menarik.

  1. Bentuk Wajah Persegi

Wanita dengan bentuk wajah persegi idealnya memilih model potongan rambut yang menutup pipi. Bagian pipi serta rahang orang yang bentuk wajahnya persegi biasanya akan lebih jelas terlihat dan tampak tegas. Tidak perlu merasa tak percaya diri karena pipi dan rahang yang tampak jelas. Yang harus dilakukan ialah melembutkan garis dagu serta menonjolkan keunikan muka di bagian yang lain. Pilih potongan yang fokus pada bagian mata maupun mulut. Apabila kita berambut panjang, buatlah bergelombang maupun ikal. Potongan ini akan dapat menutup sudut-sudut tajam pada dagu serta pipi.

Sudut tajam ini akan memudar apabila panjang rambut telah melewati bahu. Sebaliknya, hindari potongan rambut yang terlalu pendek. Akan tetapi jika kita tetap ingin memilih potongan rambut pendek untuk melengkapi bentuk wajah persegi, pilih potongan rambut bob dengan panjang sebatas dagu. Atur agar bagian pinggirnya menjadi sedikit berantakan. Model ini akan cocok dengan bentuk wajah persegi serta memancarkan karakter kecantikan yang bebreda. Salah satu publik figur terkenal yang menerapkan gaya rambut ini adalah solois Adele. Postur berisi serta parasnya yang persegi tetap membuatnya tampil percaya diri berkat rambut sebahu.

  1. Bentuk Wajah Hati

Wanita dengan bentuk wajah hati umumnya akan memiliki tulang pipi yang menonjol serta dagu yang meruncing. Apabila rambut kita panjang, maka tak perlu repot untuk memendekkannya karena rambut panjang sangat cocok melengkapi bentuk wajah hati. Seimbangkan area dagu dan pipi dengan rambut. Buat potongan berlapis serta jatuh di bagian bawah dagu. Atur pula agar rambut sedikit bergelombang. Gunakan cara-cara yang alami seperti sanggul maupun kepang. Jangan terlalu sering memakai alat pengeriting karena aliran panasnya justru akan merusak rambut.

Wajah dengan bentuk hati ini juga sangat cocok untuk menggunakan model rambut tertentu seperti belahan tengah. Model ini terutama akan menonjolkan dahi yang tampak lebih cantik. Paras akan semakin berbinar dan memancarkan aura cantik yang tampak lebih anggun. Apabila postur tubuh kita termasuk tinggi, panjangkan rambut sampai menyentuh punggung bawah. Itu akan membuat tampilan keseluruhan terlihat semakin anggun serta memancarkan aura cantik yang khas. Jika ingin, berikan pewarnaan pada rambut sedikit saja agar tampilannya makin manis.

www.pexels.com
  1. Bentuk Wajah Wajik

Bentuk wajah wajik atau disebut juga diamond biasanya akan cocok menggunakan potongan tipis di bagian pelipis. Hal ini terutama digunakan untuk menyamarkan tulang pipi yang tampak luas mulai dari dahi serta dagu. Jika rambut kita panjang, pilih potongan bergelombang ataupun ikal. Kesan wajik pada wajah akan berkurang atau tersembunyi berkat potongan rambut ini. Akan tetapi, apabila kita lebih ingin menonjolkan pesona dari raut wajah wajik, maka gunakan potongan pixie.

Potongan ini super pendek dan akan membuat kita tak perlu repot menata rambut. Kebanyakan wanita dengan rambut pixie akan memiliki kesan cuek dan tomboy. Potongan ini terutama cocok bagi penggemar traveling maupun aktivitas outdoor lainnya. Jangan sungkan mengembangkan kreativitas dengan potongan rambut ini. Kita bisa mengkreasikannya dengan beragam gaya, misalnya membuat poni asimetris. Gaya rambut pixie terutama akan memberi aura muda pada wajah.

Bereksperimen Dengan Potongan Rambut Sesuai Bentuk Wajah

Ketika kita sudah tahu bentuk wajah serta gaya rambut yag pas, kita juga bisa melakukan sedikit eksperimen. Cobalah gaya-gaya rambut baru yang masih jarang dipakai oleh kebanyakan orang. Selain bisa membuat penampilan semakin manis, hal ini juga bisa digunakan sebagai ciri khas dari gaya sehari-hari. Intinya, beranilah dalam menampilkan gaya baru yang sesuai dengan karakter serta kepribadian masing-masing. Berikut adalah beberapa contoh yang bisa digunakan secara mudah dan sederhana.

  1. Potongan Bob Untuk Wajah Bulat

Struktur muka bulat bukanlah halangan dalam mengkreasikan gaya rambut. Pilih potongan bob agar memberi kesan berani. Kita bisa tetap mengkreasikannya dengan memberi sanggul sederhana dan agak mengarah ke atas. Tipiskan poni karena poni yang terlalu tebal justru akan membuat muka semakin tampak bulat. Kreasi rambut bob ini akan membuat penampilan semakin feminim serta lucu.

  1. Rambut Panjang Bergelombang dan Dikepang

Rambut panjang dan diberi aksen gelombang mungkin sudah sangat biasa. Untuk memberi kesan unik serta berbeda sekaligus memunculkan karakter pada rambut, kita bisa tambahkan sedikit kepangan. Kepang ini cukup pada beberapa bagian, bukan di sebagian besar rambut seperti kuncir kuda. Rambut panjang akan tetap terurai indah karena kepangan bersifat sebagai aksen pemanis. Ambil sedikit saja rambut di bagian kiri serta kanan lalu kepang tiga untai. Gaya kepang seperti ini sama seperti karakter elf dalam film The Hobbit. Tampilan akan semakin manis dan feminim.

Tren Gaya Rambut 2019

Rambut telah memiliki trennya sendiri serta mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Apabila sebelumnya gaya rambut yang populer adalah balayage, maka kini tren tersebut akan berubah. Balayage sendiri ialah teknik pewarnaan dengan menyapukan kuas pada tiap helai rambut sampai dihasilkan highlight yang beberapa tingkat lebih terang dibanding warna alami dari rambut sendiri. Tren lain yang sempat banyak diikuti sepanjang 2018 ialah long bob. Di tahun 2019 ini, gaya rambut tersebut akan berubah. Hal ini turut diungkapkan David Mercer, penata rambut sekaligus pemilik salon di Singapura dan Malaysia. Ia memprediksi gaya rambut yang akan jadi tren pada 2019 ini ialah potongan pendek bergelombang.

Sementara itu, masih menurut David, warna rambut yang akan tren ialah warna-warna hangat, misalnya kuning serta orange. Dikatakan David bahwa media sosial telah memberi banyak informasi, sehingga permintaan konsumen akan lebih kekinian. Cool tone cenderung dijauhi pada 2019 dan konsumen akan memilih warna-warna yang hangat. Selain itu, akan ada banyak perubahan sehingga gaya rambut tak lagi monoton. Ada banyak pelanggan yang menginginkan gaya rambut sesuai dengan apa yang dilihat di majalah maupun media sosial. Masih menurut David, gaya rambut biasanya akan turut berubah sesuai keinginan dari para konsumen. Penata rambut harus dapat memberi saran, rekomendasi hingga edukasi mulai dari pewarnaan serta gaya pemotongan rambut.

www.pexels.com

Percaya Diri Adalah Kunci

Sebenarnya tidak ada parameter resmi untuk menilai model potongan rambut paling pas bagi seseorang. Semua itu akan bergantung pada kepercayaan diri masing-masing dalam menampilkan potongan rambut andalan. Kita bisa mulai eksperimen dengan menggunakan model-model baru yang kira-kira pas dengan bentuk wajah sendiri. Tidak usah minder apalagi kecewa karena bentuk wajah yang telah dikaruniakan oleh Tuhan. Nyatanya, kita akan tetap bisa tampil secara mempesona selama memposisikan diri bersama gaya rambut yang sesuai. Jadilah wanita yang tangguh, percaya diri serta penuh semangat. Kecantikan sejati ada dalam keberanian untuk tampil menjadi diri sendiri.

Gaya Rambut Sesuai Jenis Karakter Rambut

Apapun gaya rambut yang dipilih, kita sebaiknya tidak melupakan kesehatan rambut. Perawatan rambut adalah hal utama agar model apapun yang kita terapkan pada rambut bisa tampak menarik. Menjaga kesehatan rambut melalui langkah-langkah perawatan bisa dimulai dari mengenali jenis serta karakter rambut yang dimiliki. Berikut adalah enam jenis dari karakter rambut yang harus kita tahu.

  1. Rambut Ikal

Rambut ini umumnya memiliki susunan sisik pada kutikula rambut yang tak rapi mendatar dikarenakan batan rambut frizzy dan kusam. Untuk menjaganya tetap sehat, gunakan shampo serta kondisioner yang kaya akan pelembab. Ganti shampo dan kondisioner tiap 6 bulan secara berkala. Akan tetapi, pastikan kita tetap menggunakan jenis yang sama. Hal ini penting supaya rambut dapat terbiasa dengan perawatan rambut yang sama dan tidak berdampak negatif apapun. Biasakan untuk mengeringkan rambut ikal secara alami. Jangan menyisir rambut dalam keadaan kering, karena justru akan membuatnya semakin frizzi. Gunakan jari untuk menyisir rambut ikal.

  1. Rambut Keriting

Rambut ini sering pula disebut sebagai rambut afro. Karakternya ialah kering serta kasar, sehingga cenderung mudah rusak karena patah. Agar kondisi helaian rambut keriting tetap halus serta elastis, pijatlah kulit kepala secara seksama dengan produk kondisioner rambut sebelum mulai keramas. Hal ini akan membantu merangsang kelenjar sebaceous. Gunakan juga produk kondisioner yang memiliki formula kaya akan pelembab. Sebulan sekali, rutin lakukan perawatan penggunakan minyak panas. Supaya terhindar dari rambut kusut, biasakan sisir rambut dengan sisir yang giginya jarang. Kita juga bisa gunakan sikat bulu alami supaya helaian rambut makin rileks.

  1. Rambut Lurus

Batan rambut dari jenis ini sangatlah lurus. Dalam kondisi prima dan sehat, sisik rambut di kutikula rambut tersusun secara rapi mendatar, sehingga tampilannya berkilau serta halus. Agar tekstur halusnya bisa dipertahankan, gunakan sampo serta kondisioner yang sesuai jenis serta kebutuhan rambut. Jika perlu, gunakan serum rambut secukupnya saja agar kekuatan kutikula rambut terjaga. Lakukan trimming atau pengguntingan ujung-ujung rambut secara berkala. Salah satu manfaat trimming ialah menghindari rambut bercabang yang jadi masalah umum dari pemilik rambut lurus.

www.pexels.com
  1. Rambut Kasar

Tekstur rambut ini akan tampak kusut serta kering, apalagi setelah dilakukan keramas atau pencucian rambut. Agar kondisinya membaik, cuci rambut menggunakan sampo serta kondisioner yang memiliki banyak pelembab. Gunakan juga produk perawatan lain seperti serum maupun leave-in conditioner tiap beraktivitas, terutama ketika berada di luar ruangan. Sementara agar kondisi kutikula rambut tersusun rapi mendatar, lakukan deep-conditioning rutin.

  1. Rambut Halus

Rambut seperti ini biasanya tampak bervolume, lepek dan lemas setelah selesai dicuci. Kondisi akan semakin parah jika kita terlalu banyak memberi kondisioner pada rambut. Supaya helaian-helaiannya makin tampak bervolume, pakai sampo serta kondisioner khusus yang dapat memberi volume lebih pada rambut. Jika diperlukan, gunakan pula produk perawatan khusus penataan rambut yang bisa memberi volume maksimal pada rambut masing-masing.

  1. Rambut Yang Terkena Proses Kimiawi

Kondisi rambut yang seringkali terkena bahan-bahan kimia untuk perawatan seperti pelurusan permanen, pewarnaan maupun pengeringan biasanya akan jadi kering, rapuh dan kusam. Supaya kondisinya tak memburuk, gunakan produk perawatan yang tepat guna. Sebagai contoh ialah sampo serta kondisioner khusus dengan formula rehydrating. Rambut yang diwarnai bisa dicuci menggunakan sampo serta kondisioner khusus rambut yang diwarnai agar elastisitas serta kelembabannya terjaga dan warnanya senantiasa awet. Pilihlah produk perawatan dengan tabir surya agar bisa melindungi rambut dari radikal bebas maupun efek negatif lain sinar matahari. Hindari alat-alat penataan rambut yang menggunakan suhu panas. Perawatan intensif harus dilakukan setidaknya tiap minggu agar kondisi rambut bisa ditingkatkan.

Rambut yang tak terawat akan kusam, kasar, lepek bahkan rontok. Masalah kerontokan memang bisa ditangani dengan Caboki penumbuh rambut. Akan tetapi, tentunya akan lebih baik lagi apabila kita menjaga kondisi rambut agar senantiasa selalu dalam keadaan prima. Tujuannya adalah agar kesehatan dan kecantikan rambut terjaga sehingga model potongan rambut apapun akan tetap tampak maksimal.

www.pexels.com
  1. Hindari kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang karena hal ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan rambut mudah rontok
  2. Jangan terlalu sering gunakan produk-produk perawatan rambut yang mengandung bahan keras seperti pewarna ataupun alat-alat yang memakai suhu panas seperti pengering
  3. Hindari debu, polusi dan terpaan sinar matahari dalam kurun waktu lama karena akan membuat rambut lepek, kusam dan kering
  4. Rutin cuci rambut menggunakan shampo yang cocok dengan jenis rambut, lalu lanjutkan dengan kondisioner yang sesuai pula
  5. Kita bisa menggunakan perawatan alami seperti masker rambut buatan sendiri maupun perawatan minyak hangat
  6. Jika diperlukan, lakukan perawatan spa rambut di salon
  7. Perhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari karena akan sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Konsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin E serta asam lemak omega 3 seperti kacang-kacangan dan ikan laut
  8. Apabila kerusakan rambut sudah terbilang parah dan tak bisa diatasi sendiri, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut

 

Perawatan rambut tidak perlu mahal. Untuk rambut rontok, misalnya, kita bisa menggunakan Caboki penumbuh rambut. Sementara perawatan lain pun bisa dilakukan secara sederhana dari dalam rumah saja. Yang penting, kita rutin dan telaten dalam melakukannya. Rambut yang senantiasa dirawat akan terjaga kesehatan dan juga keindahannya.

Leave a Reply