Sya’ban merupakan momen yang sangat spesial bagi umat muslim. Dimana hari tersebut sangat dinantikan mengingat banyak kesempatan untuk memperoleh pahala di hari tersebut. sehingga pada hari tersebut dimanfaatkan umat muslim untuk berdoa dan meminta ampunan kepada Allah SWT.

Nisfu Sya’ban Hari Diampuninya Segala Dosa Selain Musyrik

Untuk mendapatkan pahala maka pada momen tersebut di manfaatkan oleh umat muslim untuk melakukan amalan-amalan. Dimana amalan-amalan tersebut diharapkan dapat menambah pahala, diampuninya segala dosa, harapan dikabulkannya doa, dan pastinya terbebas dari api neraka.

hasana.id Berdasarkan hadis Riwayat al-Baihaqi dijelaskan bahwa rahmat dan juga keberkahan Allah SWT akan turun ke bumi pada malam Nisfu Sya’ban. Dimana akan diampuni segala bentuk dosa manusia terkecuali dosa-dosa Musyrik dan juga orang munafik.

Betapa istimewanya hari tersebut, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Gunakan waktu tersebut untuk meminta ampunan Allah atas segala dosa yang pernah Anda lakukan.

Adapun berbagai amalan-amalan yang biasanya dilakukan oleh umat muslim ketika hari tersebut dapat Anda simak secara lengkap dibawah ini. Jadi jangan pernah untuk skip dan baca terus tulisan ini hingga Anda mendaptkan jawabannya.

Amalan-amalan Yang Dilakukan Umat Muslim Pada Momen Nisfu Sya’ban

Banyak sekali amalan-amalan yang dapat dilakukan ketika sya’ban atau saat momen nisfu sya’ban. Beberapa amalan-amalan yang dilakukan oleh umat muslim pada momen tersebut di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Berpuasa

Salah satu amalan yang sering dilakukan oleh umat muslim ketika momen tersebut tiba adalah berpuasa. Dimana puasa ini bukanlah puasa wajib sehingga tidak berdosa jika ditinggalkan. Dimana ketika melakukan puasa, akan jauh lebih bersemangat jika melakukan ibadah wajib seperti sholat.

  • Memperbanyak sholat Sunnah

Selain berpuasa jangan lewatkan untuk melaksanakan sholat-sholat sunnah pada momen tersebut. di antara amalan sholat Sunnah yang tidak boleh Anda lewatkan adalah sholat tahajud, sholat qabliyah sebelum sholat wajib dan sholat sunah ba’diyah setelah sholat wajib, sholat dhuha dan masih banyak lagi.

  • Berdoa dan meminta ampunan

Satu lagi amalan yang harus Anda lakukan ketika momen berharga tersebut tiba yaitu berdoa dan meminta ampunan kepada Allah SWT. Berdoalah dan mintalah kepada Allah apa saja yang Anda inginkan secara detail. Dimana akan besar kemungkinan Allah menjawab setiap doa yang Anda minta.

Selain itu jangan berhenti untuk senantiasa beristigfar dan juga berzikir. Dimana salah satu usaha untuk mengingat Allah serta mendapatkan ampunan Allah adalah dengan banyak berzikir dan beristigfar.

  • Perbanyak sedekah

Salah satu kebaikan atau amalan yang dapat dilakukan ketika momen tersebut tiba adalah dengan bersedekah. Sedekah dapat mendatangkan kebaikan untuk Anda dimana orang yang Anda berikan sedekah akan mendoakan Anda. Selain itu sedekah juga akan membukakan pintu rezeki.