Ibadah umrah adalah ibadah sunnah yang memiliki banyak sekali keutamaan dan pahalanya pun sangat besar. Jika mengetahui besarnya pahala umrah niscaya akan membuat manusia berlomba untuk melakukan ibadah ini. Umrah merupakan ibadah yang sangat dinanti dan tidak semua orang dapat melaksanakannya. Oleh karena itu, bersyukurlah anda djika dapat menjadi tamu Allah di ka’bah.

Keutamaan umrah sendiri yaitu umrah akan dapat menghapuskan dosa-dosa dari yang  mengamalkannya. Hal tersebut dapat dilihat dari hadits di bawah ini.

aari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“di antara umrah yang satu dan umrah selanjutnya, akan menghapuskan dosa-dosa yang ada di antara keduanya. Dan haji yang mabrur balasannya tidak ada yang lain selain surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)

Selain itu, obadah umroh juga akan menghilangkan sifat kikir. Sebagaimana hadits yang berbunyi:

“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya akan menghilangkan sifat kikir dan dosa seperti pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala lain bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. An Nasai no. 2631, Tirmidzi no. 810, Ahmad 1/387. Kata Syaikh Al Albani hadits ini hasan shahih)

unsplash.com

Pahala Umrah dan Hikmahnya Untuk Kita

Umrah akan menghapus dosa-dosa. Dan seperti yang sudah tertera pada hadits di atas, tidak ada pahala untuk haji mabrur kecuali pahala surga. Karena besarnya pahala umrah iru, pastinya kita ingin sekali menjadi tamu Allah di tanah suci, ya.

Selain itu ada beberapa hikmah dari ibadah umrah yang kita jalani. Beberapa di antaranya yaitu ada di bawah ini.

  1. Umrah Akan Menjadi Pemersatu Umat Islam

Mengapa begitu? Sebab ketika sedang dilaksanakannya umrah dan haji, umat muslim dari seluruh dunia akan bebondong-bondong menuju masjidil haram dan berkumpul di ka’bah. Bayangkan saja, ada berapa juta kaum muslim di seluruh dunia. Apabila semua kaum muslim berkumpul dan saling menjalin ukhuwah, tentu saja umat islam dapat saling bersatu padu. Wah, indah sekali ya.

  1. Umrah Meningkatkan Kualitas Iman dan Taqwa Kita

Pernahkan Anda mendengar cerita orang yang mendapatkan hidayah atau pencerahan setelah pulang dari ka;bah? Sebut saja seperti ki joko bodo dan tokoh lainnya. Umrah akan meningkatkan rasa iman dan taqwa kita kepada Allah sekaligus mendekatkan diri kepada-Nya.

Sebab, ketika umrah banyak sekali kejadian yang akan bisa membuka matahati kita. Mulai dari melihat ka’bah, melakukan thawaf dengan menyebut asma Allah, hingga berlari kecil di bukit shafa dan marwa yang sarat akan hikmah dan pelajaran. Dari itu semua, ibadah umrah akan dapat membawa kedamaian hati dan hidayah. Semoga kita termasuk yang mendapat hidaya itu, ya.

unsplash.com
  1. Umrah Akan Menjadikan Pelakunya Sebagai Tamu Allah

Mungkin banyak orang yang sudah mengetahui bahwa orang yang berhaji dan umroh adalah tamu Allah yang datang ke ka’bah. Hal tersebut benar adanya dan sesuai hadits, setiap orang yang datang ke ka’bah menjadi tamu Allah karena ia mengikuti perintah Allah. Selain itu, Allah akan mengabulkan doa dan permintaan orang yang menjadi tamu Allah karena ia telah menaati seruan-Nya. Nah, siapa yang tidak mau permintaannya dikabulkan oleh Allah?

  1. Dengan Umrah, Akan Menjadi Lebih Lebih Mawas Diri

Dalam rangkaian ibadah umrah, ada yang disebut wukuf. Ketika wukuf, kita merenungi dosa-dosa dan kehidupan selama ini. Dari situlah kita akan menjadi lebih mawas diri agar menjadi hamba yang lebih giat dalam beramal dan berhati-hati dari dosa. Selain itu, dalam umrah juga terdapat beberapa larangan yang menjadikan seorang muslim menjadi lebih berhati-hati.

unsplash.com

Adapun Alquran juga telah menjelaskan:

“(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu hendak mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan ketika mengerjakan haji…” (QS al-Baqarah: 197).

Beberapa hikmah tadi akan dapat dirasakan dengan menjalani ibadah umrah. Tentunya kita semua ingin menjadi tamu Allah yang agung, bukan? Semoga kita semua dberi kemudahan untuk pergi ke Rumah Allah dan melaksanakan ibadah haji dan umrah..

Nah, bagi Anda yang sedang mencari paket umroh murah solo, ada beberapa alternatif paket umrah yang bisa Amda ikuti. Umrah dapat dilakukan dengan biaya yang terjangkau dan tentunya aman terpercaya.

Salah satunya yaitu umrohmurahsolo.com yang menyediakan paket umrah murah dengan harga mulai dari 23 juta rupiah. Terdapat beberapa paket yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget dan kebutuhan masing-masing. Terdapat paket 9 hari atau 12 hari dengan biaya yang tentunya berbeda. Umrohmurahsolo ini merupakan PT Riyadhul Jannah yang bertujuan memberikan kemudahan umrah untuk Anda.

Demikianlah ulasan tentang pahala umrah dan juga beberapa hikmah tentang umrah, tak lupa ada juga info umroh murah solo yang bisa menjadi referensi bagi Anda. Semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply