Salah satu karya tulis yang menarik untuk dibuat atau dibaca adalah puisi. Pastinya Anda pernah membaca ataupun mendengar orang membacakan puisi, terlebih saat masa-masa sekolah. Namun, taukan Anda mengenai pengertian puisi yang sebenarnya? Kebanyakan orang tidak mengetahui mengenai hal tersebut dan hanya sekedar membaca atau menikmati orang yang membacakan pusi tersebut. Padahal mengetahui pengertian dari puisi tersebut sangatlah penting agar Anda bisa lebih masuk alias menghayati lagi saat membuat atau membacanya. Selain itu, penting untuk mengetahui stuktur fisik yang ada didalamnya mengingat unsur ini mempunyai kontribusi yang besar dalam puisi. Maka dari itulah bisa disimpulkan bahwa Anda harus mengetahui dan menyimak dengan baik penjelasan dari pengertian puisi beserta info mengenai struktur fisik yang ada didalamnya. Dijamin Anda tidak akan rugi menyimak informasi berharga tersebut.

pxhere.com

Penjelasan Lengkap dari Pengertian Puisi

Untuk mencari informasi mengenai pengertian puisi ini, Anda bisa mendapatkanya dengan mudah lewat berbagai sumber. Mulai dari pengertian dari para ahli hingga pengertian dari kbbi atau wikipedia bisa didapatkan dari adanya internet. Nah, dari berbagai pengertian yang ada ini, terdapat garis besar yang terangkum dalam pengertian dari puisi secara umum. Silahkan Anda simak dan ketahui setiap pengertian tersebut agar mampu memahami dan mendalami puisi secara maksimal. Berikut adalah penjelasan dari beberapa pengertian tersebut:

  1. Puisi merupakan sebuah karangan atau teks yang isinya mengungkapkan perasaan dan pikiran yang dipunyai seseorang dengan mengutamakan didalamnya ada keindahan rangkaian kata-kata. Lewat pengertian yang satu ini, bisa dilihat bahwa isi dari puisi ini adalah rangkaian kata yang disusun oleh seseorang secara indah  dengan tujuan mengungkapkan rasa atau pikiran.
  2. Puisi merupakan sebuah karya sastra yang wujudnya tulisan. Dalam puisi terdapat rima, irama, ritma dan lirik pada setiap baitnya. Pada pengertian yang kedua ini, bisa disimulkan bahwa untuk mengungkapkan rasa atau pikiran yang dipunyai dalam pusisi digunakan  rima, irama, lirik, ritma yang ada pada setiap baitnya.
  3. Puisi adalah pewujudan dari curahan hati, imajinasi, pemikiran dari seseorang yang mengajak orang lain yang membacanya masuk  kedalam dunia si penulis puisi tersebut.
pxhere.com

Struktur Fisik dalam Puisi

Tidak lengkap rasanya Anda membahas mengenai pengertian puisi tetapi belum membahas mengenai struktur fisik yang ada didalamnya. Bagi yang belum tahu, unsur fisik ini dikenal juga atau disebut sebagai metode penyaimpaian puisi secara hakekat. Struktur fisik puisi yang harus Anda ketahui ini ada  enam yakni ada tipografi, diksi, imaji, kata konkret,  gaya bahasa dan juga rima/irama. Nah, agar lebih paham mengenai keenam struktur fisik dalam puisi seperti paham akan pengertiannya yang sudah dijelaskan, silahkan simak berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

  1. Tipografi alias Perwajahan Puisi

Struktur fisik pertama dalam puisi adalah tipografi atau yang sering disebut dengan perwajahan puisi. Pengertian dari tipografi puisi ini sendiri adalah sebuah format penulisannya. Hal-hal yang meliputinya seperti pengaturan baris hingga  halaman tepi pada bagian kanan dan kiri. Perwajahan pada puisi ini sendiri sangatlah penting keberadaannya karena mempunyai pengaruh yang besar pada pemaknaan dari puisi.

  1. Diksi

Bagi yang belum tahu, diksi adalah pemilihan kata. Sepertiyang telah dijelaskan pada pengertian dari puisi, bahwa karya tulis tersbeut mengandalkan keindahan, pastinya pemilihan kata alias diksi akan sangat diperhatikan.  Tanpa pemilihan diksi yang tepat dalam pembuatan puisi, tidak mungkin akan menghasilkan puisi yang indah dengan makna atau pesan yang tersampaikan.

pxhere.com
  1. Imaji

Imaji puisi mempunyai pengertian sebagai susunan kata yang ada pada puisi yang mampu mengungkapkan pengalaman yang dialami si penulis berkaitan dengan pengalaman yang mampu dirasakan oleh indra seperti pengelihatan, pendengaran dan perasaan.  Dengan imaji ini, audiens bisa seakan-akan merasakan apa yang dirasakan atau apa yang terjadi pada puisi.

  1. Kata Konkret

Kata konkret merupakan struktur fisik dalam puisi keempat yang harus Anda ketahui. Pengertian dari kata konkret adalah sebuah bentuk kata yang mampu menimbulkan imaji karena bisa ditangkap oleh indra yang dipunyai manusia. Kata-kata yang digunakan ini secara umum bentuknya adalah kata yang imajinatif alias kiasan. Contohnya seperti kata “salju” yang mampu menggambarkan mengenai keadaan jiwa yang beku.

  1. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang menjadi struktur fisik puisi kelima ini disebut juga dengan majas yang  dapat berupa majas ironi, metafora, repetisi dan masih banyak lagi.  Dengan pengunaan gaya bahasa pada puisi, akan mampu menimbulkan sebuah efek tertentu dengan kontotasi khusus menggunakan bahasa yang figurati. Dengan begitulah akan  terkandung banyak makna dalam sebuah puisi.

pxhere.com
  1. Irama/Rima

Agar memenuhi unsur keindahan pada puisi seperti yang ada pada pengertiannya, maka dibutuhkanlah rima/irama. Sebagai salah satu struktur fisik puisi yang amat penting, Anda harus paham mengenai hal tersebut.  Rima adalah persamaan bunyi  pada puisi yang letaknya ada di awal, tengah atau akhir.

Keseluruhan informasi yang telah disampaikan, mulai dari pengertian mengenai puisi beserta dengan struktur fisiknya tidak ada yang boleh Anda abaikan. Hal ini dikarenakan  keduanya sangatlah penting dan berguna bagi Anda yang ingin mendalami atau hanya sekedar membaca sebuah puisi.

Leave a Reply