Serba-serbi Pot Tanaman

 

 

Berbicara soal pot tentu hal ini akan sangat terkait erat dengan tempat berukuran tertentu yang memiliki fungsi untuk menaruh tanaman. Dikarenakan pot adalah tempat untuk menaruh tanaman oleh karenanya wajar saja jika bentuknya seperti mangkuk yang terbuka dan tidak memanjang. Sebuah pot juga harus dibuat dengan bagian bawah yang berlubang. Hal ini dimaksudkan agar tanaman mendapatkan udara dari bagian bawah.

Jenis Pot Tanaman Berdasarkan Bahannya

Ada banyak sekali jenis pot tanaman yang dijual di berbagai tempat. Beragam jenis pot tanaman ini memiliki keunggulan masing-masing yang berbeda. Tak heeran jika kebanyakan orang akan memiliki pilihan pot nya tersendiri. Nah lantas apa sajakah jenis pot tersebut? berikut ini beberapa pilihan pot yang bisa menjadi referensi anda :

  1. Pot tanah liat. Sesuai dengan namanya, pot ini dibuat dengan bahan dasar tanah liat. Sifatnya yang cepat menyerap air juga sangat bagus untuk kesegaran tanaman. Hanya saja karena terbuat dari tanah liat maka pot jenis ini sangat sensitive terhadap benturan.
  2. Pot kayu. Pot kayu ini memiliki banyak sekali bentuk. Pot ini lebih kuat dipakai dibandingkan pot tanah liat. Hanya saja system penyerapannya tidak sebagus tanah liat. Apalagi karena pot ini terbuat kayu maka akan cepat melapuk jika sering terkena air.
  3. Pot plastic. Pot ini lebih ringan dan tahan lama dibandingkan jenis pot lainnya. Hanya saja karena terbuat dari plastic maka suhu dalam pot akan cepat naik jika dalam cuaca panas.

Cara Memilih Pot Yang Sesuai

Pada umumnya kebanyakan orang lebih menyukai pot berbahan plastic. Selain karena harganya yang murah, pot ini juga memiliki ketahan lama yang bagus. Akan tetapi tidak selalu pot plastic menjadi pilihan terbaik. Anda perlu menganalisa terlebih dahulu jenis tanaman yang akan anda taruh pada pot. Selain itu, memperhatikan bentuk dan bahan pot juga sangat penting untuk kesegaran dan ketahanan tanaman anda. Pilihlah pot yang mudah menyerap air dan memiliki bentuk yang sesuai dengan jenis tanaman.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *