Surat Al Falaq, Surat Makkiyah yang Memiliki Banyak Keutamaan

Al Qur’an merupakan pedoman hidup bagi umat islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Al Qur’an terdiri dari 30 juz, 114 surat, dan 6236 ayat. Untuk jumlah ayatnya masih terjadi perbedaan pendapat. Namun , untuk jumlah surah dan juznya sudah pasti. Al-Qur’an ini diturunkan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW sebelum akhirnya dibukukan atau dimushafkan. Dalam kurun waktu sekitar 22 tahun, hammad22 bulan, dan 22 hari, Al-Qur’an telah diturunkan kepada Nabi Muhammad untuk dijadikan pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. Adapun tempat Al-Qur’an ini diturunkan adalah di Kota Makkah dan Madinah. Nabi Muhammad tinggal di Makkah, kemudian pindah ke Madinah untuk berhijrah, jadi Al Qur’an pun diturunkan di kedua kota tersebut. Selama 13 tahun di Kota Makkah Al Qur’an diturunkan, sedangkan di Madinah selama kurang lebih 10 tahun.

Nah, dalam Al Qur’an terdapat banyak surah, salah satunya surah Al Falaq. Surat Al Falaq merupakan surah ke 113 dalam Al Qur’an. Al Falaq termasuk ke dalam surat Makkiyah yang artinya surat ini diturunkan di Kota Makkah. Nama surat ini diambil ayat pertama dalam surat ini yaitu Al Falaq yang berarti subuh.

pexels.com

            Makna Surat Al Falaq

Ada alasan mengapa setiap surat dalam Al Qur’an diturunkan secara berangsur angsur. Salah satu alasannya adalah agar lebih mudah dipahami maknanya serta diturunkan sebagai solusi maupun sesuai kejadian yang terjadi saat itu. Berikut adalah makna dari surat Al Falaq.

  1. Ayat Pertama

Makna dari ayat pertama adalah kita diperintahkan untuk memohon kepada Allah yang merupakan Penguasa Subuh.

  1. Ayat kedua

makna dari ayat kedua adalah lanjutan dari ayat pertama dimana kita meminta pertolongan dari Allah dari tipuan makhluk-makhluk atau godaan syaitan.

  1. Ayat Ketiga

Dalam ayat ketiga masih berlanjut dari ayat sebelumnya yaitu semoga kita dilindungi dari tipu daya kegelapan jika telah mulai menyelimuti.

  1. Ayat Keempat

Ayat berikutnya memiliki makna bahwa kita harus memohon perlindungan Allah dari tipu daya tukang sihir yang biasa menggunakan mantra-mantra.

  1. Ayat Kelima

Isi dari ayat ini adalah menghadapi tipu daya orang yang suka menghasut dan memendam dengki.

 

Surat Al Falaq termasuk ke dalam surat pendek karena hanya berisi 5 ayat saja. Dan itu arti yang terkandung dalam surat Al Falaq. Ayat ini merupakan bentuk do’a yang bisa kita panjatkan agar senantiasa dilindungi oleh Allah dari berbagai godaan atau tipu daya dari manusia maupun makhluk Allah lainnya. Surat ini biasa digunakan sebagai bacaan saat mengerjakan sholat lima waktu. Bahkan diterangkan oleh Aisyah bahwa Rasulullah SAW membaca surat ini setiap malam sebelum beliau tidur bersama dengan surat pendek lainnya yaitu Surat An-Nas dan Al Ikhlas. Hal tersebut merupakan salah satu keutamaan dari surah Ala Falaq. Hal ini juga disebutkan dalam hadits nabi yang diriwayatkan oleh Uqbah bin Amir bahwa Nabi membaca surah  An-Nas dan Al Falaq saat sedang tersesat dalam perjalanan.

pexels.com

Keutamaan Surat Al Falaq

Surat Al Falaq merupakan surat yang paling banyak dihafalkan karena jumlah ayatnya yang sedikit sehingga lebih mudah diingat. Selain itu makna yang terkandung dalam surat pendek satu ini juga luar biasa dan memiliki berbagai keutamaan. Berikut adalah beberapa keutamaan dari surat Al Falaq yang bisa kita dapatkan jika kita membaca dan memahami makna yang terdapat di dalamnya.

 

  1. Salah satu surat Al Qur’an yang belum diturunkan sebelumnya

Tentunya sering sekali kita mendengar bahwa surat Al Falaq memiliki hubungan dengan surat An-Nas. Hal ini seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kedua surat ini biasa dibaca saat Nabi tengah tersesat dalam perjalanan. Tak hanya itu, surat ini juga dibaca oleh nabi sebelum beliau tidur sebagaimana diterangkan oleh Aisyah.

  1. Dianjurkan oleh Rasulullah untuk dibaca di waktu pagi dan petang

Keutamaan lainnya adalah surat ini dianjurkan oleh Rasulullas kepada para sahabat agar dibaca di waktu pagi dan petang. Tentu saja tujuannya agar kita tetap diberikan perlindungan oleh Allah di waktu pagi maupun petang. Hal ini dijelaskan dalam hadits nabi yang diriwayatkan oleh sahabat Rasul yaitu Abdullah bin Khubaib.

  1. Penghalang sihir

Kautamaan lainnya adalah menjadi penghalang untuk berbagai jenis sihir. Selain itu, Al Falaq juga merupakan obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit dengki. Hal ini dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah R.A yang juga telah diterangkan di atas. Rasulullah membaca Surat Al Falaq dan beberapa surat pendek lainnya. Saat Rasulullah sakit, beliau akan membaca surat- surat pendek tersebut lalu meniupkannya pada tubuhnya.

  1. Dibaca di penghujung sholat

Karena beberapa keutamaannya, Rasulullah menganjurkan surat ini untuk dibaca di penghujung sholat. Hal ini dijelaskan dalam Hadits yang diriwayatkan Uqbah bin Amir bahwa Rasulullah pernah menyuruhnya membaca surat ini bersama dengan surat An-Nas dan Al Falaq di penghujung sholatnya.

pexels.com

Karena jumlah ayatnya yang sedikit, surat Al Falaq ini sering kali digunakan untuk bacaan sholat. Bahkan surat pendek ini termasuk surat yang paling mudah dihafalkan oleh anak-anak. Terlebih lagi arti dan makna yang terkandung di dalam surat ini memiliki banyak pelajaran yang bisa kita ambil jika kita berusaha memahaminya. Allah menyuruh kita untuk membaca Al Qur’an sekaligus memhami makna yang terkandung dalam setiap ayatnya. Al Qur’an ini jika dipahami dan diamalkan, maka kita bisa masuk ke surga dengan mudah. Semua hal yang merupakan pedoman hidup umat manusia semuanya terdapat dalam Al Qur’an jika kita mau mempelajarinya. Allah juga telah menjanjikan pahala bagi mereka yang membaca Al Qur’an serta mengamalkannya. Bahkan untuk mereka yang hanya membaca satu ayat Al Qur’an saja pahalanya akan dihitung perhuruf. Jadi, bayangkan saja jika kita membaca Al Qur’an pada bulan ramadhan yang pahalanya berlipat ganda hingga berkali-kali lipat.

 

Selain membiasakan membaca surat dalam Al Qur’an kita juga diperintahkan untuk mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan Al Qur’an. Salah satunya adalah mengetahui nama lain Al Quran. Nama lain dari Al Qur’an diantaranya adalah Al-Kitab yang memiliki arti buku yang dijadikan pedoman hidup bagi manusia dimana tidak terdapat keraguan sekalipun di dalamnya. Nama lain dari Al Qur’an yang kedua adalah Adz- Dzikr yang berarti pemberi peringatan. Di dalam al qur’an memang Allah menyampaikan berbagai peringatan tentang hal yang telah dterjadi di zaman dahulu maupun hal yang akan terjadi di masa depan. Nama lain dari Al Qur’an yang lainnya yaitu Al-Mau’idah, Asy-Syifa, Al-furqon, Al-Hukm, Al-Hikmah, Al-Huda, dan masih banyak lagi. Masing-masing namanya memiliki makna berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags: