Mempercantik Rumah dengan Tanaman Hias nan Cantik

            Pernahkah anda merasa bahwa rumah anda terasa gersang? Jika iya, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Menanam pohon atau tumbuhan merupakan salah satu cara untuk membuat udara di sekitar kita semakin segar. Selain itu, warna hijau tumbuhan bisa membuat kita merasa lebih tenang dan nyaman. Pasalnya, untuk pohon tentu kita tidak bisa menanamnya di dalam rumah, jadi akan lebih baik jika kita memanfaatkan tanaman hias untuk menghias ruangan agar lebih indah dan terlihat segar.

Sebenarnya selain memiliki tanaman hias di rumah, kita juga bisa mengubah warna cat menjadi lebih cerah untuk menghidupkan suasana di rumah. Sayangnya, tidak semua orang suka memiliki warna dinding yang cerah karena terkadang cenderung memberikan kesan terlalu terang. Nah, untuk menyeimbangkan udara di rumah kita bisa menanam tanaman hias yang tidak terlalu besar untuk di pasang di dalam maupun di depan rumah.

Jika anda berniat membuat rumah anda menjadi lebih hidup, maka berikut ini ada beberapa tanamah hias yang bisa anda pilih. Sebelum kita lihat apa saja tanaman hiasnya, sebaiknya kita kenali dulu beberapa tanaman hias. Ada tanaman bunga, ada juga yang tanaman daun saja. Untuk pemilihannya, anda bisa pilih yang paling sesuai dengan selera anda. Setiap orang juga memiliki selera sendiri mengenai tanaman hias yang disukai.

pexels.com

            Tanaman Hias Daun Untuk Rumah Lebih Indah

            Tanaman hias ada banyak bentuknya, ada yang kecil dan ada yang besar. Jika berniat untuk ditaruh di dalam rumah, maka anda bisa pilih yang bentuknya kecil. Bagaimanapun tanaman hias juga lama kelamaan tumbuh, jadi kalau bentuknya terlalu besar mungkin akan memenuhi ruangan. Makanya, berikut ini ada beberapa pilihan tanaman yang bentuknya tidak terlalu besar dan cocok untuk ditaruh di dalam maupun di luar ruangan.

  1. Kaktus

Tanaman yang satu ini banyak sekali jenisnya. Tentu saja sedikit berbahaya meletakkan tanaman berduri ini di dalam rumah yang ukurannya besar. Jika ingin ditaruh didalam rumah, maka anda bisa pilih yang ukurannya kecil. Tanaman yang satu ini tidak membutuhkan tempat yang luas. Meskipun bentuknya tidak seindah tanaman dengan bunga yang berwarna-warni, namun tanaman kaktus ini akan membuat ruangan di rumah anda makin cantik lho.

  1. Siklok

Untuk tanaman yang satu ini, anda bisa menanamnya di dalam maupun di luar rumah karena bentuknya yang bisa tumbuh semakin besar. Tanaman ini memiliki ciri-ciri daun berbentuk seperti mata pedang dengan warna hijau dan kuning. Warna kuning pada daun tanaman ini bisa dilihat di bagian tepinya, sedangkan bagian tengahnya tetap hijau. Laipula tanaman hias yang satu ini juga harganya tidak dukup terjangkau. Jadi, selain untuk memperindah rumah agar lebih asri, anda juga bisa menghemat pengeluaran dalam mendekorasi rumah.

  1. Kalatea

Satu lagi tanaman daun yang bisa anda gunakan untuk menghiasi rumah yaitu Kalatea. Tanaman yang memiliki nama latin Calathea ini warna daunnya beragam. Selain daun berwarna hijau, ada juga pilihan tanaman kalatea yang memiliki daun berwarna warni seperti putih dan merah hati. Daripada memasang bunga plastik, tentu akan lebih menarik jika memasang bunga yang satu ini sebagai hiasan di rumah. Semakin banyak tanaman yang ada di sekitar kita, maka kualitas udara juga akan semakin bagus.

  1. Tanaman sirih gading

Tanaman selanjutnya adalah tanaman sirih gading yang bisa ditanam menggunakan pot maupun tidak. Karena sirih gading adalah tanaman yang merambat, maka daunnya bisa dirambatkan ke dinding maupun tiang. Pastinya tanaman yang satu ini akan membuat rumah semakin asri dan tampak indah

  1. Kuping Gajah

Berikutnya ada kuping gajah yang juga merupakan tanaman hias paling banyak disukai mereka yang ingin membuat rumah lebih asri. Tanaman ini bisa dengan mudah ditemukan di beberapa daerah. Perawatan tanaman ini juga cukup mudah karena bisa ditanam di pot maupun di tanah.

  1. Pohon Palem

Kalau anda mendengar nama pohon palem mungkin kamu akan berpikiran bahwa pohon palem yang biasa di pinggir jalan yang tinggi. Padahal pohon palem juga ada yang hias, jadi bentuknya tidak terlalu besar. Hal ini memungkinkan tanaman ini bisa dijadikan hiasan di dalam rumah maupun di halaman. Tanaman ini cocok untuk diletakkan di ruang tamu agar terasa lebih segar dan asri. Jika anda memiliki sudut ruangan yang kosong, coba taruh tanaman yang satu ini. Sudut ruangan anda akan lebih indah dan hijau. Cukup rajin disiram, tanaman ini bisa bertahan hidup di musim hujan maupun musim kemarau sekalipun.

  1. Daun walisongo

Pernah lihat tanaman yang satu ini? tanaman perdu yang memiliki daun bergerombol ini juga biasa di jual di berbagai penjual tanaman hias. Warna daunnya yang merupakan perpaduan hijau dan kuning membuat tanaman yang satu ini membuat rmah terlihat lebih berwarna. Tak hanya menambah kesejukan, tanaman ini ternyata memiliki manfaat lain lho. Apakah kira-kira? Tanaman ini ternyata bisa membantu menetralisir racun asap rokok. Jika anda tinggal di rumah dimana ada perokok di dalamnya, maka taruhlah tanaman yang satu ini di sekitar rumah. entah itu di dalam maupun di luar rumah.

  1. Lidah mertua

Tanaman yang satu ini pasti sudah sering anda lihat. Tanaman yang bentuknya mirip dengan tanaman lidah buaya ini memiliki bentuk daun yang lebih tipis. Tidak seperti lidah buaya yang di dalamnya terdapat gel, tanaman lidah mertua ini paling bagus jika ingin dijadikan tanaman hias di dalam rumah. Pasalnya tanaman ini cukup disiram secara rutin dan sekali-kali diberikan cahaya matahari untuk perawatannya.

  1. Tanaman Pachira

Selanjutnya ada tanaman pachira yang paling sering digunakan untuk tanaman dalam ruangan. Tanaman yang memiliki nama lain money plant ini konon memberikan energi yang baik terutama jika telah menyangkut keuangan.

  1. Philodendron

Satu lagi tanaman yang bagus untuk diletakkan di sudut ruangan. Dengan warna daun yang hijau menawan, tanaman yang satu ini memiliki daun berbentuk hati. Sebaiknya jika memiliki hewan peliharaan atau anak kecil, letakkan tanaman ini di di sudut ruangan agar tidak mengganggu keduanya.

 

Selain tanaman-tanaman dia atas, kita juga bisa menaruh beberapa tanaman hias yang tidak memiliki bunga. Beberapa orang hanya menyukai hiasan yang berupa tanaman daun saja, namun beberapa lebih menyukai tanaman yang berbunga. Karena biasanya tanaman dengan bunga cukup sulit perawatannya dibandingkan tanaman yang hanya berupa daun saja. Namun, bagaimanapun, semua tergantung selera masing-masing. Karena yang kita bahas di atas adalah beberapa tanaman yang tidak berbunga, maka selanjutnya yang akan kita bahas adalah tanaman hias dengan bunga yang indah untuk mempercantik rumah.

pexels.com

Tanaman Indoor Untuk Hiasan Rumah

            Tanaman tidak selalu harus di luar rumah, hal ini terbukti dari beberapa tanaman berikut ini yang bisa dijadikan sebagai hiasan di dalam rumah. Tanaman bunga yang diletakkan sebagai hiasan di dalam rumah, sebaiknya tidak berbahaya bagi   kesehatan dan tidak rawan terhadap ulat. Bagaimanapun, salah satu masalah yang kerap kali kita temui jika meletakkan tanaman di dalam rumah adalah adanya ulat. Tidak hanya bahaya untuk kita, tentunya ulat juga dapat merusak tanaman sehingga kurang sedap dipandang.

 

  1. Peace Lily

Tanaman indoor yang satu ini  memang cantik seperti namanya. Dengan bunga berwarna putih dan dauh yang menghijau, tanaman ini sangatlah cocok untuk membuat ruangan makin sejuk dan nyaman.

  1. Anggrek

Bunga yang memiliki banyak jenis dan warna ini memang sangat cantik. Tak hanya bisa ditanam di luar ruangan, tanaman yang satu ini juga bisa dijadikan salah satu tanaman hiasan di dalam ruangan. Harga bunga yang satu ini biasanya tergantung pada spesiesnya. Jika termasuk ke dalam spesies langka, maka harganya jauh lebih mahal. Selain cantik, tanaman yang satu ini juga tidak harus hidup menggunakan tanah. Kita bisa memanfaatkan sabut kelapa sebagai tempat pertumbuhannya. Untuk dalam ruangan, gunakan pot dan anda bisa menikmati cantiknya bunga anggrek setiap hari.

  1. Krisan

Bunga yang satu ini juga terdiri dari berbagai jenis warna. Ada yang warna ungu, kuning, putih. pink, hingga perpaduan kuning dan orange. Untuk anda yang pecinta tanaman bunga, tanaman yang satu ini pastinya akan sangat cantik jika diletakkan sebagai hiasan di dalam rumah.

  1. Kaktus

Sebelumnya kita juga telah membahas tanaman berduri yang satu ini. Namun, tahukah anda kalau tanaman kaktus juga ada yang berbunga? Meskipun terlihat berbahaya, namun tanaman yang satu ini bisa sangat cantik jika sudah berbunga. Lagipula tanaman yang satu ini juga paling sering digunakan sebagai hiasan di dalam ruangan karena tidak terlalu sulit dirawat.

  1. Azalea

Secantik namanya, bunga Azalea juga memiliki bunga yang cantik. Bunga yang mirip dengan bunga bougenville ini akan membuat ruangan anda terlihat segar dan pastinya cantik. Bunga yang berwarna merah muda ini akan membuat siapapun yang melihatnya tertarik.

  1. Lavender

Bunga yang memiliki aromaterapi ini juga punya bunga yang cantik lho. Tidak salah jika bunga yang satu ini juga sering digunakan sebagai penghias ruangan. Bunga lavender juga bisa dijadikan tanaman untuk memperindah halaman. Tak hanya itu, bunga yang satu ini juga ampuh untuk mengusir nyamuk, sehingga ruangan akan bebas nyamuk jika meletakkan pot dengan bunga lavender ini. Bunga lavender ini butuh cahaya matahari yang cukup untuk tumbuh, jadi usahakan untuk menempatkan bunga yang satu ini di tempat yang mudah terkena sinar matahari seperti di samping jendela ataupun pintu.

  1. Bunga Anthurium

Berikutnya adalah bunga unik Anthurium yang tidak membutuhkan tanah. Bunga ini membutuhkan air untuk bisa tumbuh. Jenis bunga Anthurium ini ada banyak, mulai dari yang daunnya kecil hingga yang daunnya lebar. Warna bunganya juga beragam, tergantung bibit tanaman yang anda beli. Manfaatkan pot kaca yang tidak terpakai, untuk bunga yang satu ini dan anda akan bisa menikmati keindahannya di rumah anda.

 

Selain tanaman dengan bunga di atas, tanaman untuk menghiasi dalam ruangan masih banyak pilihannya. Untuk yang tidak maish belum tahu bagaimana merawat tanaman hias, akan lebih mudah jika kita memilih tanaman yang mudah perawatannya. Dan salah satu tanaman yang mudah perawatannya namun juga bisa dikreasikan dengan berbagai bentuk adalah tanaman lucky bamboo. Tanaman yang biasa kita temui di berbagai jenis toko tanaman ini memang cocok untuk anda yang suka berkreasi. Pasalnya batang bambu ini bisa dirapatkan dan disilang-silang agar membentuk susunan yang keren. Selain itu bagi anda yang ingin memiliki tanaman bermanfaat tidak hanya untuk hiasan saja, mungkin menanam tanaman Rosemary bisa jadi solusi. Pasalnya tanaman wangi ini juga biasa dijadikan bumbu lho untuk memasak berbagai masakan. Daunnya akan memberikan aroma yang seda dan wangi pada masakn jika dicampurkan. Tanaman ini juga banyak dijadikan berbagai jenis restaurant untuk menyajikan berbagai jenis masakan.

pexels.com

            Tips Merawat Tanaman di Dalam Rumah

 

Kebanyakan tanaman membutuhkan bantuan sinar matahari untuk bertahan hidup. Tak hanya matahari, tanaman juga butuh air untuk bisa tumbuh, namun kapasitas sinar matahari dan air yang dibutuhkan oleh setiap tanaman agar bisa tumbuh dengan baik itu berbeda-beda. Beberapa orang memang lebih memilih bunga plastik sebagai hiasan salah satu alasannya adalah karena perawatannya yang mungkin rumit. Padahal sebenarnya tidak semua tanaman sulit dirawat, Asalkan tahu caranya, memilih tanaman hidup sebagai hiasan di dalam rumah tentu saja jauh lebih bermanfaat. Tanaman hidup dapat memberikan oksigen, memperindah, serta memberikan manfaat-manfaat lainnya. Sekarang untuk anda yang masih ragu untuk memilih tanaman hidup sebagai hiasan di dalam rumah, mari simak dulu tips merawat tanaman hias berikut ini:

 

  1. Karakteristik Tanaman

Salah satu tips merawat tanaman di dalam rumah adalah mengetahui karakteristik tanaman. Hal ini mencakup suhu ruangan yang paling cocok untuk tanaman tersebut tumbuh. Jika tanaman yang biasa hidup di suhu yang panas ditempatkan di tempat yang dingin, maka tentu saja tanaman ini tidak akan bisa tumbuh dengan baik. Begitu juga sebaliknya. Untuk itu mengetahui karakteristik tanaman merupakan hal yang penting untuk merawat tanaman dengan baik. Suhu ruangan berbeda dengan suhu di luar ruangan, makanya tidak semua tanaman bisa tumbuh dengan baik jika terus menerus berada di suhu ruangan. Berikut ada beberapa tanaman yang bisa hidup dengan baik di suhu ruangan. Salah satunya adalah Anggrek lili, sirih gading, dan beberapa tanaman lainnya yang telah kita bahas sebelumnya.

  1. Cahaya matahari yang cukup

Salah satu faktor penyebab tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik atau bahkan mati adalah kurangnya kapasitas cahaya matahari yang di dapatkan. Cahaya matahari yang dibutuhkan oleh setiap tanaman berbeda-beda kapasitasnya, maka dari itu kita juga harus mempertimbangkan karaketristik tanaman dalam merawat tanaman. Jika memang tanaman tersebut memiliki karakteristik yang butuh banyak cahaya matahari, maka akan lebih baik jika kita meletakkannya di luar ruangan.

  1. Penggantian pot

Satu lagi cara yang harus diperhatikan dalam merawat tanaman, terutama tanaman hias adalah penggantian pot. Pot seharusnya diganti secara berkala. Fungsinya adalah untuk menyesuaikan ukuran tanaman dimana tanaman yang sudah semakin besar tentunya butuh ruang yang lebih besar untuk tumbuh. Hal ini juga dapat mempengaruhi kelembaban tanah dalam pot tersbeut agar tanaman anda bisa tumbuh lebih baik.

  1. Pemakaian pupuk

Sama halnya dengan menanam tanaman di luar rumah, tanaman di dalam rumah juga butuh diberi pupuk agar bisa tumbuh subur. Namun, penggunaan pupuk juga harus disesuaikan dengan karakteristik tanamannya.

  1. Pilihlah media tanam yang tepat

Tidak semua tanaman bisa tumbuh dengan baik di dalam pot, makanya sebelum menanam tanaman di pot, pastikan dulu bahwa media yang dibutuhkan untuk tanaman tersebut sudah tepat. Untuk mengatasi nutrisi yang dibutuhkan dalam pot, gunakanlah pupuk yang tepat agar tanaman dapat tumbuh dengan baik.

  1. Intensitas air

Tanaman membutuhkan air untuk tumbuh, namun intensitas air yang dibutuhakan setiap tanaman berbeda-beda. Untuk itu, ketahui dulu intensitas air yang paling tepat untuk tanaman anda. Meskipun disiram, jika intensitas airnya kurang ataupun berlebihan, maka bukan tidak mungkin bahwa tanaman hias bunga anda justru malah mati atau busuk karena kelebihan air.

pexels.com
  1. Kelembaban Udara

Untuk anda yang memiliki tanaman di dalam ruangan ber AC, sebaiknya perhatikan kelembaban dalam ruangan tersebut. Jika kelembaban yang dibutuhkan tidak terpenuhi, bukannya ruangan akan menjadi cantik, tapi daun tanaman bisa menjadi layu, dan mungkin daunnya akan berubah menjadi coklat.

  1. Pemangkasan

Cara yang satu ini dapat dilakukan untuk mengendalikan pertumbuhan dari tanaman kita. Hal ini juga untuk membuat bentuk tanaman kita lebih rapi. Pemangkasan dapat dilakukan untuk daun-daun yang telat, rusak, maupun ranting yang kering.

  1. Membersihkan debu di tanaman

Jika kita memiliki tanaman di dalam ruangan, tentu saja kebersihannya merupakan bagian dari langkah memperindah tanaman. Fungsi tanaman dalam ruangan adalah untuk memberikan suasan segar, mempercantik, serta memberikan oksigen yang lebih dalam ruangan. Untuk itu kebersihan dari tanaman ini haruskah diperhatikan. Bersihkan tanaman dari debu yang menempel pada daun-daunnya. Debu yang menumpuk di tanaman dapat mengganggu kesehatan kita jika tercampur dengan udara yang ada di dalam ruangan. Hal ini juga pastinya diperlukan untuk menjaga kebersihan perabotan dan ruangan di sekitar tanaman. Terlebih lagi jika tanaman hias tersebut ditempatkan di dalam ruangan.

 

Itu dia beberapa tips untuk merawat tanaman agar tumbuh dengan baik meskipun ditempatkan di dalam ruangan. Sebelum membeli tanaman yang  akan dijadikan hiasan di dalam ruangan, sebaiknya ketahui karakteristik yang dimilikinya. Hal tersebut akan memudahkan anda dalam melakukan perawatan terutama terkait perawatannya. Tidak semua tanaman bisa tumbuh dengan baik di dalam ruangan, makanya berhati-hatilah dalam memilih tanaman yang akan dijadikan hiasan dalam rumah anda. Untuk mengetahui karakteristik dari tiap tanaman, anda bisa mencari infonya di internet atau bertanya kepada penjual tanaman tersebut mengenai hal-hal yang harus anda ketahui.

 

Untuk anda yang masih ragu memutuskan untuk memelihara tanaman di dalam rumah, berikut ini ada beberapa manfaat memelihara tanaman di dalam ruangan berikut ini. Pertama, tanaman di dalam ruangan dapat dimanfaatkan sebagai penghias ruangan agar lebih cantik dan indah. Manfaat lainnya adalah untuk memurnikan udara. Selain itu, tanaman juga bisa membuat kita tidur lebih tenang lho. Beberapa tanaman memiliki wangi dan khasiat yang membuat kita bisa tidur lebih nyenyak. Salah satu tanaman yang memiliki manfaat tersebut adalah lavender, anggrek, lidah buaya, dan beberapa tanaman lainnya. Manfaat lainnya adalah membantu mengurangi depresi/stress yang seing kita alami saat banyak pikiran

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags: