Internet memang kini tengah menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa dilepas begitu saja penggunaannya. Layaknya kebutuhan pokok, bagi beberapa orang, internet bahkan bisa dikatakan sebagai sumber kehidupan. Bagaimana tidak, di zaman serba digital ini, banyak pekerjaan dan penghasilan bisa didapatkan dari internet. Misalnya saja online shop dan penulis blog. Kedua pekerjaan tersebut tidak membutuhkan effort khusus layaknya pekerjaan kantoran yang datang pagi pulang sore. Online shop dan penulis blog bisa bekerja 24 jam dengan hanya mengandalkan laptop dan internet. Bisa dibayangkan jika internet tiba-tiba mati. Tentunya sumber penghasilan juga ikut mati. Untuk itulah, dibutuhkan fasilitas internet cepat untuk menunjangnya. Nah, pasti kita sudah tidak asing lagi dengan nama Telkom Speedy bukan?

Telkom Speedy merupakan salah satu pihak penyedia jasa internet yang ada di Indonesia. Merk ini merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh Telkom Indonesia. Tentunya karena dimiliki oleh perusahaan telekomunikasi terbesar di tanah air, kecepatan internetnya sudah tidak diragukan lagi. Saat pertama kali peluncurannya, produk ini seolah menjadi primadona para pencari jasa internet cepat. Speedy mengklaim kecepatan yang dapat mereka berikan bisa sampai 100 mbps. Hebat, bukan?

Nah, meski sudah menjadi produk discontinue sekarang ini dan tergantikan indiHome, tapi tidak salah bukan jika mereka yang belum pernah tahu Speedy mencoba mengenalnya? Yuk, simak ulasan berikut ini ya!

www.pexels.com

Apa itu Telkom Speedy?

Produk ini adalah salah satu produk Telkom Indonesia yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan internet. Telkom Speedy ini bisa dipasang di berbagai tempat, tergantung request konsumen, misalnya saja sekolah, café, rumah, perusahaan, hingga taman dan lain sebagainya. Jadi, pelanggan bisa mengakses jaringan internet alias wifi sendiri tanpa perlu memakai modem atau kabel optik.

Paket Telkom Speedy

Sejak peluncuran hingga sebelum dinyatakan discontinue, Telkom Speedy sejatinya selalu berusaha meningkatkan kemudahan penggunaan dan juga kualitas pelayanan. Hal ini tentunya dilakukan demi mengimbangi pesatnya perkembangan teknologi dan ketatnya persaingan dalam lingkup penyedia jasa layanan Internet. Pasalnya, semakin zaman berkembang, semakin banyak produk selain ISP lokal yang menyediakan internet murah dan disediakan oleh operator selular. Nah, demi tetap menggaet pelanggannya, di zamannya Telkom sering lho memberikan berbagai promo khusus, misalnya saja pendaftaran gratis, modem gratis, sampai kemudahan dalam penambahan bandwidth yang tidak dipungut biaya alias gratis.

Ada beberapa paket Telkom Speedy yang pernah diluncurkan, yakni sebanyak 9 paket internet. Pembagian golongan tersebut disesuaikan dengan kecepatan internetnya, mulai dari 512Kbps sampai 100Mbps. Tentunya harga yang dibanderol juga bervariasi. Semua paket internet ini dibagi lagi ke dalam 3 jenis, yaitu Speedy Only yang hanya menyediakan paket internet tanpa embel-embel lain, Speedy Pro yang memberikan tambahan berupa telepon gratis, dan terakhir Speedy Star berupa paket 3 in 1 (internet, telepon, dan U see TV).

www.pexels.com

Pergeseran Menuju Speedy IndiHome

Dilansir dari CNN Indonesia, Telkom Indonesia ternyata sudah memutus pemasaran Telkom Speedy dari permulaan tahun 2015. Dengan penghentian ini, tentunya pelanggan pelanggan Speedy kemudian dialihkan ke dalam IndiHome yang merupakan layanan baru internet dari Telkom. indiHome ini sama dengan Speedy Star karena menyediakan paket layanan internet berupa internet itu sendiri dengan penambahan telepon rumah dan televisi berlangganan.

Menurut Vice President Marketing and Sales Telkom kala itu, yakni Bapak Jemy Confido, Telkom tidak lagi memakai Speedy dan berganti dengan High Speed Internet atau disebut juga Internet on Fiber. Dengan layanan ini, para pelanggan yang memiliki telepon rumah bisa berlangganan UseeTV dan juga Internet melalui IndiHome.

Mengapa indiHome Lebih Laris dari Speedy?

Sebenarnya apa sih indiHome itu? Sejatinya, indiHome adalah layanan telekomunikasi yang diluncurkan Telkom dimana kabel serat optik digunakan untuk backbone. Melalui jaringan ini, koneksi internet diklaim lebih stabil. Dengan munculnya layanan ini, berarti sekarang Telkom mempunyai rival yakni FirstMedia dan Biznet Networks. Keduanya juga bergelut dalam bidang layanan yang sama, yaitu penyedia internet, telekomunikasi dan televisi berlangganan.

Pada awal munculnya, pelanggan indiHome sudah mencapai angka fantastis dengan menyentuh jumlah sekitar 350 ribu pelanggan yang tersebar ada di seluruh Indonesia. Hal ini mungkin terjadi karena harga paket internet yang dibanderol indihome jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan paket dari speedy.

www.pexels.com

Macam Layanan Paket indiHome

Ada sebuah kebijakan yang diberikan indiHome untuk pemakaian internet mereka. Jika sebelumnya internet Speedy tidak memberlakukan batas kuota alias unlimited, hal berbeda justru ditunjukkan indiHome. Sesuai ketentuan yang diterapkan, indiHome memberlakukan sistem kuota demi mengurangi penyalahgunaan jasa mereka. Jangan khawatir tidak bisa bebas berselancar di dunia maya karena sebenarnya pemberlakuan batas kuota ini masih dalam tahap ‘wajar’. Pasalnya internet masih bisa dipakai meski kuota sudah habis. Dengan kata lain, hanya kecepatannya saja yang berkurang, bukannya tidak bisa digunakan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak berbagai rincian paket indiHome di ulasan dibawah ini!

·         10 Mbps

Untuk kecepatan dalam tahap ini, Fair Usage yang diberlakukan adalah sekitar 300 GB. Nah, jika kuota sudah habis, kecepatannya hanya akan diturunkan sekitar 25% saja sampai kuota 400 GB. Setelahnya, kecepatannya akan turun kembali menjadi 40% namun dapat digunakan tanpa batas alias unlimited.

·         20 Mbps

Untuk kecepatan di tahap ini, Fair Usage yang diberlakukan adalah 500 GB dengan menurunkan kecepatan sekitar 25% jika sudah terlampaui. Kecepatan ini dapat dipakai hingga kuota 800 GB dan akan diturunkan kembali menjadi 40% untuk penggunaan unlimited.

·         30 Mbps

Untuk paket ini, Fair Usage yang dipatok adalah 700 GB dengan menurunkan kecepatan sekitar 25% jika batas terlampaui. Kecepatan ini dapat digunakan hingga 1200 GB dan akan menurun lagi di angka 40% dengan kuota tanpa batas.

·         40 Mbps

Jika kamu memilih paket internet dengan kecepatan 40 Mbps, kamu akan menerima Fair Usage sampai batas 900 GB. Setelahnya, internet akan diturunkan kecepatannya sekitar 25% saja dari sebelumnya dengan kuota hingga 1600 GB. Setelah kuota terlampaui, kamu akan dikenakan penurunan kecepatan sekitar 40% untuk penggunaan tanpa batas alias unlimited.

·         50 Mbps

Memilih layanan internet 50 Mbps akan memberikanmu Fair Usage sekitar 1200 GB. Selepasnya, kamu akan menerima batas 2000 GB untuk pemakaian internet dengan kecepatan yang diturunkan sekitar 25%. Setelah 2000 GB terlampaui, kecepatan internetmu akan menurun lagi hingga 40% namun dengan daya penggunaan unlimited.

·         100 Mbps

Nah, di layanan paket 100 Mbps ini, Fair Usage yang diberikan sangat besar, yakni sekitar 2000 GB. Setelah kuota tersebut terlampaui, kecepatan hanya akan menurun sekitar 50% dengan sistem unlimited.

Adapun catatan tambahan dari penggunaan paket-paket diatas yaitu apabila Fair Usage tidak tercapai, tentu saja penggunaan tetap 100% sesuai pilihan paket. Sebagai perbandingan saja, untuk menonton film berkualitas standar sebanyak 1200 film dengan total jam tayang sebanyak 1800 jam, hanya membutuhkan internet sekitar 300 GB saja. Sedangkan penggunaan sebesar itu jika digunakan untuk menonton film berkualitas tinggi alias HD akan memakan waktu sekitar 300 jam atau 200 judul film.

www.pexels.com

Cara Registrasi Telkom Speedy indiHome

Bagi kamu yang ingin memasang indiHome untuk layanan internet baik di rumah maupun kantor, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Berikut adalah cara registrasi Telkom Speedy indiHome, yaitu :

1.      Persiapkan Berkas Lengkap

Berkas yang dimaksud yakni fotocopy ktp dan pilihan paket yang akan dipakai. tentukan paket internet yang ingin digunakan. Untuk lebih lengkapnya, kamu mengeceknya melalui situs resmi Telkom.

2.      Datang ke Kantor

Untuk mengajukan berkas pemasangan, kamu wajib datang ke kantor Telkom yang ada di wilayah rumahmu. Selain untuk mendaftar dan mengecek ketersediaan layanan, datang ke kantor juga berguna untuk mengkonfirmasi data-data yang sudah kamu berikan.

3.      Jalani Prosedur Pendaftaran Sesuai Instruksi

Biasanya, kamu akan diminta mengisi formulir untuk keterangan data pengguna saja. Kamu juga tidak akan disuruh membayar apapun saat mendaftar. Biaya yang dikeluarkan hanya akan berlaku untuk harga pemasangan paket internet per bulan saja. Biaya ini juga dibayar pada bulan berikutnya, jadi tidak langsung pada saat itu juga.

4.      Tunggu Petugas Datang

Setelah semua tahapan selesai, kamu tinggal menunggu kapan petugas dari Telkom akan datang ke rumahmu memasang jaringan internet mereka.

Mudah, bukan? Tentunya jangan sampai lupa membayar tiap bulan agar internetmu tidak diputus.

Cara Migrasi dari Speedy ke indiHome

Mungkin ada yang bertanya jika Speedy mengalami discontinue, maka bagaimana nasib penggunanya? Nah, ternyata para pengguna Speedy ini sudah dimigrasikan ke layanan indiHome lho. Penasaran bagaimana cara migrasi antar paket internet Telkom ini?

Untuk migrasi layanan internet, para pengguna Speedy berkunjung ke Plasa Telkom yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Disana, pelanggan akan ditanyai terkait data pengguna. Setelah semuanya selesai diurus, terdapat biaya migrasi dari Speedy ke indiHome sekitar Rp 85.000. jadi, total biaya yang akan dibayar pelanggan di bulan pertama pemakaian indiHome yakni Rp 485.000 dengan rincian Rp 400.000 pembayaran internet dan Rp 85.000 pembayaran migrasi. Tentunya biaya ini sudah termasuk biaya langganan TV sekitar Rp 30.000. Yang perlu digarisbawahi, meski kamu tidak berlangganan televisi sekalipun, kamu tetap akan dikenakan biaya ini alias tidak bisa kembali.

www.pexels.com

Kemudahan yang Didapat indiHome Dibanding Speedy

Jika kalian masih bertanya-tanya mengapa Speedy kini tergeser indiHome, alasannya sudah jelas bukan? Perbandingan kecepatan internet antara dua layanan tersebut sangat berbeda jauh. Speedy hanya mampu memberikan kecepatan sekitar 1 Mbps saja, sedangkan indiHome dapat memberikan kecepatan internet sekitar 10 Mbps dengan jangkauan harga yang sama. Hmmm, menggugah minat untuk memasang wifi bukan?

Selain internet, paket televisi berlangganan yang diberikan indiHome juga nyatanya menjadi primadona. Pasalnya, dakam paket tersebut tercantum 99 TV kabel gratis yang semuanya tergabung dalam Usee TV. Diantara chanel gratis tersebut, terdapat banyak chanel besar dan populer, sebut saja National Geographic Channel, HBO, hingga chanel tv lokal tanah air.

Demikianlah ulasan mengenai Telkom Speedy yang kini sudah digeser indiHome. Bagaimana? Sudah lihat bukan bagaimana kelebihannya? Maka tidak heran jika banyak pelanggan Speedy yang berbondong-bondong migrasi ke indiHome. Jangan lupa, untuk pelanggan Paket Internet Telkomsel, kamu bisa lho membeli paket indiHome harian hingga bulanan demi kelancaran aktifitasmu saat berselancar di Plasa Telkom. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply