Truk double engkel merupakan salah satu sarana transportasi pengangkut yang tangguh. Keberadaannya dibutuhkan oleh orang yang ingin mengangkut barang dengan muatan super berat. Lalu, berapa biaya untuk menyewanya?

Layanan truk pengangkut ini memberikan angin segar bagi siapa saja yang membutuhkan jasa pengiriman barang. Layanan ini bisa ditemukan dengan mudah. Salah satunya ialah melalui Trucking Dispatch Companies.

Perusahaan ini telah menjadi perantara bagi pengguna jasa dengan pemilik kendaraan. Perusahaan tersebut juga memberikan garansi pengiriman yang aman. Menariknya, biayanya sangat masuk akal sehingga penggunanya akan memperoleh banyak keuntungan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang truk double engkel. Seperti apa wujud dari truk tersebut serta berapa besar muatannya? Untuk mengetahuinya, simak ulasannya beserta tarif sewa truk di bawah ini.

Gambaran Sekilas Mengenai Truk Double Engkel

Truk ini biasa disebut dengan CDD. Truk ini dilengkapi dengan box pada body. Ditujukan untuk mengamankan sejumlah barang yang akan dikirimkan.

CDD Box merupakan pilihan terbaik bagi pengguna jasa. Truk ini memiliki penampilan yang gahar. Panjangnya sekitar 4 meter, lebar 2 meter dengan ketinggian mencapai 1,6 – 1,7 meter.

Mesin truk sangat tangguh. Memiliki 6 buah roda. 2 roda depan dan 4 buah roda belakang. Kemudian ditopang dengan chassis yang sangat kuat.

CDD Box ini diperuntukkan bagi pengiriman barang dalam jumlah besar. Menariknya, sarana transportasi barang ini sangat kredibel. Memiliki performa bagus serta cocok untuk melibas berbagai macam medan.

Kapasitas Dan Jenis Muatan Yang Dibawa Truk

Perlu diketahui bahwa truk double engkel ini memiliki beberapa jenis. Ini disesuaikan dengan kebutuhan muatan. Muatan apapun yang berjumlah besar bisa diangkut dalam truk tersebut.

Kebanyakan, muatan yang diangkut ialah hasil pertambangan dan perkebunan. Hasil ini biasanya dikirimkan sekitar Jabodetabek. Bahkan ada yang keluar, sampai ke luar provinsi.

Mengenai besarnya muatan, ini disesuaikan dengan jenisnya. Jenis pertama ialah CDD Box dengan kapasitas standar. Biasanya truk ini dioperasikan untuk mengangkut muatan dengan berat sekitar 4 ton.

Sementara jenis kedua ialah CDD Long. Jenis ini memiliki dimensi lebih panjang. Ini memungkinkan untuk membawa muatan jauh lebih besar. Panjangnya sekitar 5, lebar 2.1, dan tinggi sekitar 2 meteran.

Dengan dimensi seperti ini, truk ini bisa mengangkut muatan sekitar 5 ton. Tentunya, ini menjadi solusi bagi Anda yang ingin mendistribusikan hasil bumi cukup besar dalam satu waktu.

Apabila membutuhkan kendaraan dengan muatan lebih besar, Anda masih bisa menggunakan opsi lain. Salah satunya ialah Fuso Berat. Kendaraan pengangkut ini memiliki kapasitas muatan sekitar 8 ton.

Apapun jenisnya, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Kenali jumlah barang yang akan dikirim. Baru tentukan jenis kendaraan yang akan disewa pada penyedia jasa. Lalu, berapa harga sewanya?

Kisaran Harga Sewa Double Engkel

Bicara mengenai harga sewa, besar kecilnya ditentukan oleh dua faktor. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. 1. Jarak Perjalanan

Patokan pertama yang bisa menjelaskan tentang biayanya ada pada jarak perjalanan. Biasanya, penyedia jasa sudah memberikan kejelasan informasi tentang biaya berdasarkan jarak perjalanan.

Jarak tempuh sekitar 1 km biasanya dihitung dengan biaya sekitar Rp.7000. Dan ini berlaku pada kelipatannya. Tetapi semakin panjang jaraknya, harga sewanya bisa diturunkan.

Contoh dari beberapa jasa pengiriman barang ialah menetapkan harga khusus untuk jarak 60 km. Sebenarnya, biayanya sudah dihitung berdasarkan perhitungan satuan kilometer. Hanya saja, terkadang biayanya dipotong sehingga Anda jauh lebih hemat.

Setelah melewati batasan 60 km, Anda akan dikenai pemotongan biaya lagi. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya misalnya sekitar 5 ribu rupiah per kilo meter.

Skema tarif ini bisa berbeda dari satu penyedia jasa dengan lainnya. Anda hanya perlu jeli dalam menentukan siapa perusahaan yang akan dimintai bantuan.

  1. 2. Durasi Perjalanan

Sementara faktor kedua ini berkaitan langsung dengan durasi pengiriman. Durasi ini juga diatur oleh perusahaan penyedia. Tentunya tanpa memperhitungkan jarak tempuh dari pengiriman barang.

Skema yang digunakan ialah durasi 8-10 jam dalam sekali pengiriman. Untuk nilai sewa juga disesuaikan dengan kebijakan perusahaan.  Contohnya ialah diberlakukan biaya sekitar 800 ribu rupiah.

Biaya ini sudah termasuk biaya tol. Hanya saja, jumlahnya dibatasi. Misalnya bila melebihi batasan, pengguna jasa juga akan dibebani biaya tambahan.

Itulah yang perlu Anda pahami sebagai calon pengguna jasa. Kenali tujuan dan perhitungkan secara matang tentang jaraknya. Maka, Anda bisa menemukan penawaran terbaik dari penyedia jasa kirim barang menggunakan truk double engkel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *