Daun wungu memang lebih dikenal sebagai daun ungu karena warnya yang ungu. Daun ini asalnya dari Polinesia dan Papua Nugini dan sampai saat ini bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia.  Di berbagai daerah sebutan untuk daun wungu ini beragam seperti  daun handeuleum, daun putri, daun demung, daun karontong dan maih banyak lagi.  daun wungu ini dapat mempunyai panjang antara 11 – 15 cm dengan lebernya 5-11 cm. Nah, banyak orang saat ini mulai membudidayakan daun wungu ini karena banyak orang mencarinya sebagai tanaman hias dan terbanyak sebagai tanaman obat. Pasalnya daun wungu ini dikenal bisa mengobati banyak penyakit bila dikonsumsi secara benar. Tentunya Anda harus menyimak terlebih dahulu tutorial cara memanfaatkan daun wungu yang benar agar tidak salah dosis yang berefek samping tidak baik bagi kesehatan.

Cara Memanfaatkan Daun Wungu yang Tepat

Dalam tutorial cara memanfaatkan daun wungu yang tepat ini tergantung dari tujuan pemanfaatannya. Adapun cara memanfaatkan yang tepat berdasarkan tujuannya adalah sebagai berikut:

  1. Mengobati Sembelit

Ketika daun wungu ini dimanfaatkan untuk mengobati sembelit maka Anda harus merebut sebanyak 7 lembar daun tersebut. Tambahan dua gelar air dan rebus sampai tinggal setengah gelas saja. Anda bisa langsung menyaringnya setelah dingin dan silahkan langsung meminumnya. Lakukan kegiatan ini setiap hari pada pagi hari untuk hasil yang maksimal.

  1. Mengatasi Ambeien

Sementara itu, Anda butuh 15 lembar daun wungu bila ingin mengatasi ambeien yang dialami.  Rebuslah 15 lembar daun tersebut lalu tambahkan kunyit seukuran ibu jari dengan gula aren. Rebus dengan 4 gelar air dan tunggu hingga air tersisa setengah gelas saja. Jangan lupa untuk menyaringnya terlebih dahulu  sebelum meminumnya sebanyak 2x sehari.

  1. Mengobati Wasir

Cara memanfaatkan daun wungu yang tepat berikutnya adalah untuk penyakit wasir. Anda membutuhkan 10 gr dari daun tersebut untuk direbus. Gunakan 2 gelas air dan rebus hingga tersisa kira kira segelas saja. Anda bisa meminum air rebusan tersebut dua kali sehari dengan takaran setengah gelas  saja.

Leave a Reply