Keistimewaan Yang Dimiliki Wanita Dalam Islam

Wanita dalam Islam memiliki banyak keistimewaan itulah mengapa muslimah dimuliakan dalam perannya di kehidupan. Mungkin inilah juga yang menjadi alasan mengapa doa wanita lebih mustajab daripada doa laki-laki. Sifat penyayang seorang perempuan tentu akan lebih kuat dari pada pris sehingga Rasulullah SAW menyebutkan bahwa doa seorang penyanyang tidak akan pernah menjadi sia-sia.

Apresiasi wanita dalam Islam sendiri bisa dilihat dari banyaknya ketetapan hukum syariat khusus bagi mereka. Selain itu dijelaskan juga mengenai hak dan kewajiban seorang wanita dalam agama Islam. Semua ketetapan itu tentu memiliki tujuan yang baik yaitu untuk menjaga dan melindungi kehormatan serta kemuliaan dari seorang wanita.

Dari sekian banyaknya penghargaan Islam terhadap wanita adalah adanya kesamaan kedudukan mereka dengan kaum laki-laki. Untuk perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam beberapa hukum syariat justru memperlihatkan bahwa Islam benar-benar memperhatikan kondisi ini.

pexels.com

Keistimewaan Wanita dalam Islam

Untuk lebih mengetahui mengenai apa saja sih keistimewaan seorang wanita dalam agama Islam, maka simaklah daftarnya berikut ini :

  1. Di dalam Islam wanita dan laki-laki adalah sama

Allah menciptakan wanita sebagai pasangan dari laki-laki, hal ini bisa dilihat dalam Al-Qur’an surat Al Hujarat, ayat 13. Pada ayat tersebut dikatakan bahwa Allah SWT telah menciptakan manusia dari seorang laki-laki dan seorang perempuan. Lalu dijadikan dalam banyak bangsa dan banyak suku agar bisa saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah adalah orang yang bertaqwa, dan Allah SWT itu maha mengetahui.

Jika melihat dari ayat tersebut tentunya sudah menjelaskan dengan sangat jelas tentang posisi seorang wanita dalam agama Islam. Wanita adalah pendamping dari laki-laki bukan bawahan ataupun atasan sehingga bisa diperlakukan dengan sesukanya.

  1. Ibu memiliki kedudukan 3 kali lebih tinggi dari Ayah

Inilah salah satu bukti bahwa dalam Islam wanita memiliki keistimewaa yang luar biasa. Dalam sebuah riwayat terdapat penjelasan bahwa ada seorang yang bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang siapakah yang harus dicintainya terlebih dahulu. Kemudian Rasulullah menjawab ibumu, selanjutnya ia bertanya lagi siapa lagi berikutnya dan jawaban tetap sama hingga 3 kali.

Setelah itu ia kembali bertanya untuk yang keempat kalinya  dan barulah jawabannya adalah ayahmu. Penghargaan Islam terhadap pengorbanan seorang wanita begitu tinggi sehingga ketika perempuan menjadi seorang ibu maka akan mendapatkan derajad 3x lebih tinggi jika dibandingkan dengan seorang ayah.

  1. Dalam perang wanita dilindungi

Dengan sangat jelas dalam agama Islam bahwa ketika perang sangat dilarang untuk membunuh wanita dan anak-anak. Hal ini bisa dilihat dalam hadits Nabi Muhammad SAW yaitu: (HR. Malik), dalam hadits tersebut dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW dengan jelas melarang orang untuk membunuh seorang wanita dan anak-anak.

Pernah ada peristiwa dimana ada seorang yang berkata memiliki keinginan untuk membunuh istri dari Ibnu Abu Al Huqaiq karena ia berteriak sehingga menyusahkan bagi mereka. Namun untungnya seorang tersebut ingat larangan Nabi sehingga ia akhirnya ia membatalkan niat tersebut. Dia mengatakan bahwa jika saja tidak ada larangan untuk membunuh wanita maka ia sudah pasti akan membunuh istri Ibnu Abu AL Huqaiq tersebut.

pexels.com
  1. Memperoleh bagian dalam warisan

Pada zaman jahiliyah dulu wanita dianggap memiliki derajad yang sama dengan sebuah barang sehingga ia bisa dijadikan sebagai warisan. Namun Islam justru memperlakukan wanita seperti manusia lainnya sehingga ia diberikan hak untuk memperoleh warisan terhadap harta dengan memiliki pembagian yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Ketetapan itu bisa dilihat dalam Al-Qur’an surat An Nisa ayat 7 , disana tertulis bahwa seorang anak laki-laki akan memiliki hak bagian dalam harta yang ditinggalkan oleh orang tua yaitu ayah dan ibu serta kerabat. Kemudian bagi anak perempuan juga memperoleh hak untuk mendapatkan bagian harta yang ditinggalkan ayah dan ibunya serta kerabat.

  1. Jaminan masuk surga dari pintu manapun untuk wanita Sholehah

Wanita sholehah adalah mereka yang bertaqwa kepada Allah SWT, mengerjakan amal yang baik dan meninggalkan semua yang menjadi larangannya. Karena itulah Allah SWT memberikan balasan berupa jaminan untuk masuk surga dari pintu mana saja yang ia inginkan.

Ada sebuah hadits yang menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda jika ada seorang wanita yang telah menjalankan shalat lima waktu, kemudian ia juga berpuasa, dan bisa menjaga kemaluannya serta taat pada suami. Maka ia akan bisa masuk dari surga dari pintu mana saja yang diinginkannya, bukankah ini menjadi keistimewaan yang amat berharga bagi anda kaum wanita.

  1. Islam melindungi kehormatan dari seorang wanita

Allah SWt telah mengatur wanita untuk menutup aurat sehingga terhindari dari pandangan syahwat laki-laki. Seorang wanita hendakanya menggunanakan pakaian yang sesuai dengan aturan Islam seperti tidak terbuka, tidak menerawang, tidak membentuk lekuk tubuh. Untuk menjalankan hal tersebut maka wanita bisa memilih untuk menggunakan baju gamis.

Selain tentang aturan bagaimana seorang wanita berbusana Allah SWT juga telah mengatur tentang wanita yang baik untuk dinikahi adalah maksimal 4 orang dengan catatan bahwa laki-laki harus bisa berlaku adil. Ketentuan ini bertujuan untuk melindungi wanita dari perilaku Jahiliyah yaitu wanita dinikahi sesuka hati dan sebanyak yang dikehendaki.

Ketentuan mengenai aturan ini telah disebutkan dalam surat An Nisa ayat 3 yaitu perintah untuk menikahi seorang perempuan yang disenangi bisa dua tiga atau juga empat. Namun jika takut tidak bisa berbuat adil maka lebih baik untuk menikahi satu orang saja. Begitu juga dengan seorang hamba sahaya yang dimiliki. Karena dengan berlaku demikian bisa terhindar dari perbuatan yang zalim.

  1. Wanita yang sholehah itu jauh lebih baik daripada 70 orang pria yang sholeh.
  2. Wanita yang tinggal bersama anak-anaknya maka akan tinggal bersama Nabi Muhammad SAW di dalam surga.
  3. Setiap wanita yang menolong suaminya dalam urusan agama maka akan masuk dalam surga terlebih dahulu daripada suaminya.
  4. Seorang wanita yang tengah mengandung janin dalam rahimnya maka para malaikat akan beristigfar untuknya. Dan Allah SWT akan mencatatkan untuknya dengan seribu kebaikan serta menghapus seribu kejahatan darinya.
  5. Ketika seorang wanita mengalami kesakitan ketika bersalin maka Allah SWT akan mencatatkan untuknya pahal yang setara dengan berjihad di jalannya.
  6. Wanita yang melayani suaminya dengan baik ketika pulang kerumah dalam keadaan yang lelah maka ia akan mendapatkan pahala seperti ia melakukan jihad.

Membahas tentang keistimewaan wanita dalam agama Islam yang telah disebutkan tadi tentu ada point menarik yang harus dibahas secara mendalam yaitu tentang bagaimana seharusnya seorang wanita berbusana. Untuk mengetahui secara lebih rinci maka simaklah pembahasaanya dibawah ini:

pexels.com

Cara Berpakaian yang Baik untuk Wanita Muslimah

Karena Islam sangat menyanyangi dan menghargai wanita maka tentu ada aturan-aturan yang harus diikuti. Percayalah bahwa aturan tersebut memiliki nilai kebaikan dalam setiap halnya, khusus dalam bagaimana cara berpakaian yang baik dalam islam maka ada beberapa aturan yang harus dipenuhi yaitu :

  1. Harus menutupi aurat

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Aisyah berkata bahwa pada suatu hari Asma binti Abu Bakar pernah datang kepada Nabi dengan menggunakan pakaian yang tipis. Oleh karena itu lantas Nabi memanglingkan muka dan tidak melihatnya kemudian ia bersabda jika seorang wanita yang telah baligh maka tidak boleh dilihat kecuali muka dan telapak tangannya.

  1. Tidak boleh terlalu tipis

Ketentuan mengenai ini bisa dilihat dari hadits shohih Rasulullah bersabda yang isinya adalah bahwa beliau belum pernah melihat dua golongan penduduk yang ia temukan di neraka. Kedua golongan tersebut adalah golongan yang memiliki campk seperti ekor sapi yang digunakan untuk memukul wanita. lalu ada juga golongan wanita yang berpakaian namun hakikatnya ia sedang telanjang. Berjalan dengan berlenggak-lenggok serta kepala mereka membentuk seperti punuk unta yang miring. Golongan-golongan tersebutlah yang dikatakan tidak akan masuk surga bahkan tidak akan menciumnya padahal bau surga itu bisa tercium dari jarak yang sangat jauh.

Selain itu ada juga bisa juga dilihat dalam Al Mar’ah Al Muslimah 125-126 yang menyebutkan bahwa wanita yang menggunakan busana tipis akan bisa menggambarkan bentuk tubuhnya. Selain itu pakaian itu juga belum bisa untuk menutupi tubuhnya dengan sempurna. Itulah yang disebut dengan berbusana namun pada hakikatnya ia telanjang.

  1. Tidak boleh ketat dan membentuk lekuk tubuh

Seorang wanita muslimah hendaknya menggunakan pakaian yang longgar dan menghindari menggunakan pakaian yang ketat sehingga bisa membentuk lekuk tubuh. Dengan menggunakan pakaian yang terlalu ketat maka sama halnya dengan mereka berpakaian namun hakikatnya telanjang.

pexels.com

Trend fashion untuk Muslimah

Saat ini perkembangan trend fashion busana muslimah sangatlah berkembang dengan pesat, ada banyak sekali pilihan pakaian yang memang dikhususkan untuk wanita muslimah. Hal ini tentunya menjadi sebuah kebaikan bagi wanita. Tidak ada lagi ketakutan untuk terlihat tidak bisa mengikuti trend fashion ketika menggunakan pakaian muslimah.

Mengikuti perkembangan fashion muslim memang tidak ada salahnya namun anda sebagai wanita juga harus bisa bersikap bijak dengan memilah mana yang sesuai dengan aturan agama. Usahakan untuk menggunakan pakaian yang bukan dilarang dalam agama sehingga anda bisa dengan nyaman menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari.

Saat ini banyak sekali wanita muslimah yang berhijab namun belum bisa menggunakan pakaian yang sesuai. Acapkali mereka menggunakan pakaian yang justru mengundang keprihatinan, bagaimana tidak ? mereka memilih menggunakan celana jeans dan memadukannya hanya dengan kaos. Sebagai seorang muslimah alangkah baiknya pemilihan busana yang demikian untuk dihindari agar bisa menggunakan pakaian yang memang sesuai dengan ketentuan sehingga anda akan bisa memperoleh manfaatnya dengan baik bukan.

Masya allah bukankah menakjubkan semua keistimewaan wanita yang diberikan oleh Allas SWT. Bukankah melihat banyaknya keistimewaan tersebut menjadikan kita semakin bersyukur terlahir sebagai wanita yang amat dilindungi dan di hargai dalam Islam. Dengan banyaknya keistimewaan tersebut alangkah baiknya bagi kita wanita muslimah untuk menjalankan dan menerapkan semua aturan yang ada. Dengan demikian maka sudah pasti anda akan mendapatkan manfaat yang bisa berguna dalam kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags: