Bagian dapur merupakan salah satu bagian rumah yang harus dipehatikan keindahan dan kebersihannya. Pasalnya di dalam dapur, setiap hari terdapat aktifitas yakni memasak dan bersih-bersih. Dalam hal ini, bersih-bersih yang dimaksud adalah bersih-bersih perabot dapur serta bersih-bersih bahan makanan yang akan dimasaka. Untuk itu tentu keberadaan air yang mengalir untuk mendukung baik aktifitas memasak maupun bersih-bersih merupakan hal yang penting.

Nah dalam hal ini maka dibuatlah wastafel dengan desainnya yang sedemikian rupa guna memudahkan Anda untuk mencuci piring maupun membersihkan bahan makanan yang akan di masak. Untuk itu keindahan dapur termasuk bagian wastafel ini tentunya juga harus diperhatikan keindahan dan kenyamanan saat digunakan. Oleh karena itu, Anda dapat mencari berbagai informasi seputar kitchen set dengan mengunjungi situs ruangarstek.id.

Tips Membuat Wastafel Dapur Nyaman untuk Digunakan

Dengan adanya wastafel tentunya kita akan lebih mudah dalam mencuci berbagai peralatan dapur, serta membersihkan berbagai bahan makanan yang akan kita masak. Kesehatan wastafel tentunya harus diperhatikan sehingga nyaman saat digunakan. Nah berikut adalah beberapa tips dalam membaut wastafel menjadi lebih nyaman untuk digunakan:

  1. Ukuran wastafel

Ukuran wastafel hendaknya disesuaikan dengan ukuran dapur. Untuk dapur dengan ukuran kecil, pada umumnya Anda da[at memilih wastafel dengan bak mangkuk tunggal. Edangkan untuk dapur dengan ukuran yang lebih besar, Anda dapat memilih wastael dengan bak mangkuk ganda atau triple.

  1. Tentukan konfigurasinya

Sebaiknya Anda menentukan konfigurasi aksesori keran dan wastafel sebelumnya. Dalam hal ini Anda perlu mengetahuai jenis pengaturan keran yang akan digunakan. Nah untuk menentukan konfigurasi, Anda dapat mempertimbangkan pada bagaimana Anda menggunakannya dari hari e hari. Nah dari banyaknya jumlah itulah Anda dapat menentukan jumlah mangkuk yang Anda pilih.

  1. Memilih bahan

Bahan dasar wastafel merupakan hal yang harus dipertimbangkan. Sebab saat ini banyak tersedia wastafel dengan berbagai bahan yang ada. Berikut adalah beberapa jenis bahan wastafel beserta keunggulan dan kekurangannya:

  • Porcelin merupakan bahan yang memiliki keunggulan yang dapat membuat dapur terlihat lebih vintage. Namun procelin sink bisa chip sehingga meninggalkan tanda hitam.
  • Komposit granit merupakan bahan yang terbuat dari partikel granit dan polimer sehingga tahan akan goresan. Namun serbuk granit memiliki warna ringan dan dapat ternoda.
  • Fireclay merupakan bentuk keramik yang mirip dengan vitreous china. Keunggulannya adalah bahan ini lebih kuat dan tahan lama.
  • Acrylic dapat menciptakan permukaan yang mudah dirawat dan tahan terhadap noda. Sebenarnya acrylic ini adalah plastik yang dibentuk sedimikian rupa sehingga menjadi wastafel.
  • Batu alam merupakan salah satu bahan yang menjadi pilihan umum untuk wastafel. Bahan in dapat menjadikan tampilan dapur menjadi periode otentik. Adapun bahannya memang agak mahal, dan dapat tergores serta akan meninggalkan chip.

Ide Kreasi Wastafel Dapur Unik

Meskipun keberadannya tidak terlalu menonjol, namun keindahan wastafel juga menjadi bagian dapur yang harus diperhatikan. Saat ini banyak sekali tersedia desain wastafel yang dapat Anda pilih. Nah berikut adalah beberapa kreasi wastafel unik yang dapat membuat suasana dapur Anda menjadi lebih menarik:

  1. Wastafel bergaya vintage

Wastafel dengan gaya vintage dapat Anda buat dengan satu bak cucian dari keremik. Untuk menciptakan kesan vintage, Anda dapat memadukan desainnya dengan kabinet dapur dari bahan kayu yang dicat hijau telur. Anda dapat membuatnya dengan ukuran yang besar sehingga dapat menampung perabot kotor yang menunggu untuk di cuci.

  1. Wastafel dengan desain deep sink

Untuk Anda yang hobi memasak, tentunya akan memiliki banyak perabot kotor setelah masak dan makan. Nah untuk itu Anda memerlukan wastafel cuci piring dengan desain deep sink atau bak cucian yang dalam. Dengan bak cucian yang dalam ini akan mencegah tumpukan perabot jatuh dan dapat membuat air terciprat ke berbagai arah. Desain sederhana dari seleek ini juga sangat cocok untuk diterapkan pada rumah dengan gaya minimalis.

  1. Wastafel dengan gaya rustic

Memilih wastafel dari material kuningan sepertinya menjadi hal yang menarik. Untuk Anda yang ingin memiliki dapur dengan tampilan rustic, maka warna-warna ini sangatlah menarik. Dengan bentuk persegi panjang yang dipadukan dengan kabinet dari kayu akan menghasilkan tampilan yang sederhana namun cukup memukau.

  1. Wastafel multifungsi

Nah jika Anda tidak memiliki banyak ruang untuk membuat wastafel khusus mencuci piring dan wastafel khusus untuk mencuci bahan makanan, maka memilih wastafel multifungsi adalah pilihan yang tepat. Iya desain wastafel multifungsi akan memenuhi berbagai kebutuhan. Wastafel ini dilengkapi dengan tempat untuk meletakkan peralatan masak pada sisi kanan dan tempat untuk meniriskan peralatan masak yang selesai di cuci pada bagian kiri. Nah untuk bagian atas juga terdapat tlenan kayu yang dapat digeser sesuai dengan keinginan.

  1. Wastafel built in

Wastafel yang satu ini hadir dengan desain yang unik karena menggunakan material marmer, dengan demikian tentu tampilannya akan lebih elegan dan dapat disesuaikan dengan area bachsplash dapur. Material ini sebenarnya juga cukup awet karena tahan akan goresan dan lebih mudah dibersihkan saat terkena noda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *