Cara Menggunakan WhatsApp Web dan Beragam Fitur

Di zaman modern ini ada banyak cara untuk bisa berkomunikasi dengan banyak orang walaupun terhalang jarak yang jauh. Salah satunya dengan menggunakan media social, karena lebih mudah dan lebih efisien digunakan. Untuk mendapatkan media social anda bisa datang ke Play Store. Media sosial yang sangat popular adalah facebook, twitter dan instagram. Ketiga media social tersebut cukup umum dan tidak memiliki privacy yang terbatas. Jika anda mencari aplikasi chat dan telephone yang lebih mengutamakan privacy maka anda bisa memilih WhatsApp. WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang bisa digunakan bagi yang memiliki aplikasi smartphone. Dengan menggunakan WhatsApp anda bisa berkirim pesan, telephone, video call dengan menggunakan internet.

Untuk bisa menggunakan WhatsApp anda harus mendaftarkan terlebih dahulu nomor handphone anda. Aplikasi ini sangat popular dan diminati oleh semua kalangan masyarakat. Aplikasi ini didirikan pada tanggal 24 Februari 2009. Didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum yang sebelumnya bekerja di Yahoo. Dengan modal $400.000 bersama temannya Alex Fishman mereka bertemu dengan pengembang iPhone Igor Solomennikov dari Rusia. Awal berdirinya penuh dengan perjuangan hingga akhirnya pada bulan November 2009 WhatsApp sudah masuk ke App Store. Pada rahun 2013 WhatsApp atau dikenal dengan singkatan WA digunakan oleh pengguna aktif hingga 200 juta, dan pada tahun 2014 mencapai 500 juta. Pada tahun 2015 pengguna WA mencapai 900 juta. Umumnya WA digunakan untuk pengguna android, namun anda juga bisa menggunakan WA melalui Web. WhatsApp Web adalah WA yang berbentuk web dan bisa digunakan di laptop atau computer.

pexels.com

Pengertian WhatsApp Web dan Cara Menggunakannya

Pengertian dari WhatsApp untuk web adalah aplikasi yang berbasis computer dan laptop, cara menggunakannya bisa melalui browser seperti Mozila Firefox maupun Google Chrome. Untuk bisa menggunakan WA Dalam bentuk web anda harus mengaktifkannya melalui WA di smartphone secara bersamaan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam mengakses WA Web, antara lain anda harus memiliki akun wa sendiri di hp smartphone. Pastikan jaringan internet stabil dan lancar, dan selanjutnya pastikan bahwa laptop maupun PC anda sudah menginstall broser baik Mozila maupun Chrome. Berikut ini adalah cara menggunakan WA Web yang harus anda ketahui :

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuka browser yang ada di laptop, baik chrome maupun Mozilla Firefox.
  • Selanjutnya kunjungi alamat web.whatsapp.com
  • Buka aplikasi WhatsApp yang ada di handphone anda. Untuk handphone satu dengan yang lainnya berbeda. HP android anda bisa klik wa yang ada di hp, kemudian klik titik tiga yang ada di kanan atas, akan muncul whatsApp web silahkan klik.
  • Akan muncul kode QR dan silahkan pindai dengan scan di layar PC
  • Maka Wa akan langsung tampak di layar PC maupun laptop. Anda bisa menggunakan langsung di PC. Untuk penggunaan yang lancar sebaiknya gunakan jaringan wi-fi.
  • Untuk menutup WhatsApp yang ada di laptop juga sangat mudah sekali, anda tinggal menutup kembali WA yang ada di HP maupun di laptop.
pexels.com

Fitur-fitur Keren Terbaru di WhatsApp

Selain WhatsApp web, ada banyak lagi fitur keren yang terus ada pada aplikasi WhatsApp. Berikut ini adalah fitur keren yang bisa anda coba :

  • Mengetahui LastSeen yang disembunyikan

Banyak orang yang menonaktifkan LastSeen, jika anda penasaran maka ada fitur menggunakan cara lain untuk melihat terakhir mereka aktif. Anda bisa mengetahui LastSeen yang disembunyikan dengan cara aplikasi Onlog, kemudian daftarkan nomor WA yang akan anda trecking. Sangat cocok digunakan untuk memantau pasangan anda.

  • Melakukan video call kelompok di WhatsApp

Banyak orang yang tidak mengira bahwa ternyata WhatsApp juga memiliki fitur keren video call di dalam grub atau kelompok. banyak yang hanya melakukan video call dengan satu nomor saja. Namun anda ternyata bisa melakukan video call dengan 3 orang sekaligus. Fitur lainnya yang tidak kalah keren adalah adanya fitur group voice call, bisa digunakan untuk telephone bersama-sama.

  • Ganti Background

Jika anda bosan dengan background itu-itu saja, maka anda bisa menggunakan background lainnya yang lebih menarik. Bahkan anda juga bisa memilih foto pribadi untuk dijadikan sebagai background WhatsApp anda. Untuk bisa mengganti background anda bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Wallpaper.

  • Mengetahui orang yang kepo dengan akun WhatsApp anda

Terkadang kita penasaran dengan orang yang kepo dengan akun whatsApp kita, untuk mengetahui orang-orang yang kepo anda bisa menggunakan aplikasi Whats Tracker. Segera dapatkan aplikasi tersebut untuk tahu siapa orang yang kepo dengan anda.

  • Kirim pesan tanpa menyimpan nomor

Ada kalanya waktu tergesa-gesa menghampiri anda, akan mengirimkan pesan namun ternyata nomor yang anda tuju belum disimpan di kontak anda. Untuk menyimpan kontak anda membutuhkan waktu yang lama. Namun anda tidak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa anda coba. Yaitu dengan menggunakan fitur terbaru yang ada di WA.

  • Fitur centang satu walaupun sudah dibaca

Biasanya orang-orang sering menggunakan fitur dua centang dan berwarna biru untuk memastikan pesan sudah diterima dan dibaca, tetapi jika anda membutuhkan privasi agar pesan sudah diterima atau belum maka anda bisa menggunakan fitur centang satu. Untuk bisa menggunakan pesan centang satu anda bisa menggunakan cheat.

  • Membungkam chat teman yang ada di grub WhatsApp

Salah satu fitur keren yang bisa anda dapatkan di WA adalah fitur grub, Anda bisa membuat grub dan menjadi admin grub. Jika ada salah satu anggota grub yang sering mengirim hal-hal yang mengganggu anggota grub, maka anda sebagai admin bisa membungkamnya. Untuk bisa membungkam chat tersebut anda bisa menggunakan menu yang ada di group settings. Bahkan anda juga bisa membuat hanya admin yang bisa mengirim pesan di grup.

  • Membuat Boomerang di WA

Fitur Boomerang seringkali kita jumpai di aplikasi Instagram, tetapi di WA anda juga bisa membuat Boomerang. Dan penting untuk diketahui bahwa WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang sudah dimiliki oleh Facebook, begitu juga Instagram. Untuk bisa membuat video boomerang anda bisa menggunakan aplikasi Boomerang for Instagram. Selain membuat boomerang anda juga bisa membuat GIF yang direkam.

pexels.com
  • Mengetahui siapa saja orang yang dihubungi oleh pasangan maupun teman

Sering sekali kita penasaran dan ingin tahu siapa saja orang-orang yang sering dihubungi oleh pasangan maupun teman. Untuk mengetahui orang-orang tersebut anda bisa menggunakan fitur yang ada di WhatsApp.

  • Membuat foto profil berbentuk 3 dimensi

Banyak orang yang ingin tampil lebih dibanding orang lain, begitu juga dengan keinginan tampil lebih baik pada foto profil di WhatsApp. Untuk bisa tampil lebih keren anda bisa menggunakan fitur keren yang akan membuat tampilan foto anda 3 dimensi. Anda juga harus menggunakan aplikasi pendukung lainnya dengan menggunakan Pixel Lap. Untuk pemula cara di aplikasi pendukung ini memang susah, namun jika digunakan sesering mungkin anda akan terbiasa dengan aplikasi ini.

  • Mengedit foto seperti Snapchat

Edit Foto ala snapchat juga bisa anda lakukan dengan cara menambahkan fitur drawing. Caranya sangat mudah sekali yaitu dengan mengambil foto atau video dan tambahkan dengan emoji, anda bisa menambahkan teks, corat-coret dan lain sebagainya seperti yang bisa anda lakukan di Snapchat. Fitur yang tidak kalah keren lainnya adalah adanya flash yang memiliki fungsi untuk objek sehingga menghasilkan selfie ditempat yang memiliki penerangan terbatas.

  • Memberi tanda bintang

Ada fitur keren lainnya yang bisa anda lakukan pada chat wa anda, anda bisa menambahkan tanda bintang agar chat yang anda sukai tidak tenggelam dan susah untuk menemukannya lagi. Tandai chat yang penting dengan tanda bintang. Untuk member tanda bintang caranya sangat mudah sekali, yaitu dengan menyentuh selama beberapa detik dan akan muncul sendiri tanda bintang pada header WA. Untuk melihat pesan yang sudah diberi bintang, caranya dengan klik menu tiga titik di atas kanan, dan pilih starred messages.

  • Mention temen di Group

WhatsApp juga memilliki fitur seperti twitter, anda bisa melakukan mention layaknya twitter. Caranya sangat mudah sekali, anda tinggal memberi tanda @ sebelum nama orang tersebut. Dengan adanya fitur ini maka anda akan lebih mudah memanggil nama teman kalian di group.

  • Cara membalas pesan yang tenggelam di Group

Group salah satu chat yang tidak pernah habis, ada banyak orang yang akan selalu mengirim info penting hingga info tidak penting. Jika anda mendapatkan info penting dan takut tenggelam maka tidak perlu khawatir. Atau anda mendapatkan pesan dari teman anda yang belum tahu pernyataan tersebut untuk siapa, sebelum chat tersebut tenggelam anda bisa langsung balas, caranya sangat mudah sekali yaitu dengan menekan lama chat tersebut. Setelah ditekan maka akan muncul beberapa pilihan, silahkan pilih ikon untuk membelas yaitu ikon dengan tanda panah. Anda bisa mengomentari pesan tersebut segera dan klik untuk mengirim langsung padanya.

  • Mematikan download otomatis

banyak orang yang sering mengalami masalah ini, tanpa di download foto yang ada di group langsung ke download. Anda tidak perlu bingung atau emosi terlebih dahulu, anda bisa mengatur dengan pengaturan untuk membuat mode download otomatis tidak aktif. Caranya adalah dengan masuk ke menu setting terlebih dahulu, silahkan pillih Data usage. kemudian anda akan menemukan Media Auto Download, silahkan isi atau atur dengan mode tidak untuhan otomatis.

  • Blokir kontak

Ada kalanya kita merasa terganggu dengan salah satu kenalan, apalagi orang tersebut adalah orang asing dan iseng untuk mengganggu kita. Anda bisa memblokir orang tersebut di WhatsApp. Caranya sangat mudah yaitu dengan membuka percakapan, sillahkan klik tiga titik menu dibagian atas kanan, silahkan pilih more, dan klik block di menu tersebut.

  • Melakukan Video Call

Fitur keren ini sebenarnya sudah tidak asing lagi, banyak orang yang mudah melakukan Video call dengan menggunakan WA. Anda tidak perlu mengeluarkan pulsa telephone, cukup dengan WA serta jaringan internet yang lancar anda bisa melakukan video call. Akan tetapi fitur keren ini tidak semua hp bisa melakukannya. Pastikan juga bahwa mode handphone anda adalah mode beta.

  • Sembunyikan status WA Last Seen

Aplikasi WA menjadi salah satu apllikasi yang sangat mengutamakan privacy. Agar wa anda tidak bisa dillihat sembarang orang maka anda bisa menonaktifkan status Last See. Cara menonaktifkannya sangat mudah sekali, yaitu dengan masuk ke setting, selanjutnya pilih Account, pilih privacy, pilih menu last seen dan pilih nobody agar tidak ada seorangpun yang bisa melihat anda terakhir aktif. Selain digunakan di HP, cara ini juga bisa dilakukan melalui WhatsApp Web.

  • Cara tahu WhatsApp sudah dibawa walaupun centang biru dimatikan

Yaitu dengan cara mengirim rekaman suara, dengan menggunakan rekaman suara maka centang dua biru akan tetap muncul. Dengan cara ini maka anda akan tahu apakah orang yang anda kirimi pesan mengabaikan anda atau tidak. Anda juga bisa menggunakan cara lainnya untuk tahu bahwa pesan anda sudah dibaca atau belum dengan aplikasi lain.

  • Dengan menggunakan WA anda bisa mengirim berbagai jenis file

WhatsApp tidak hanya mampu mengirim foto saja, namun WA juga mampu mengirim file dengan beragam format. Anda bisa mengirim file dalam bentuk word, dalam bentuk power point, dalam bentuk PDF, dan lain sebagainya.

  • Pesan WhatsApp lebih terenkripsi

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi komunikasi yang sangat mengutamakan privasi dan keamanan. Sehingga aplikasi ini mampu mengenskripsi percakapan di antara pengguna. Semua pesan dalam bentuk foto, file, video dan lainnya sebelum dikirim akan di end to end. Dengan adanya fitur keren ini anda tidak perlu khawatir dengan keamanan di dalamnya.

  • Quick Reply Notifikasi

Fitur ini memilliki fungsi untuk memudahkan anda membalas pesan, tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp. Bahkan fitur keren ini bekerja dilayar lockscreen, anda tinggal menekan reply button dan anda tinggal mengetik balasannya.

  • Fitur untuk mengirim pesan dengan beragam jenis huruf

Untuk tulisan huruf biasa yang ada di WA sudah menjadi hal biasa yang terkadang membosankan. Anda bisa menggunakan fitur keren WA untuk membuat tulisan dengan bentuk tebal, miring dan lainnya. Untuk bisa menggunakan tulisan tersebut anda harus memasukkan kode unik agar teks nya bisa berubah.

  • Mengembalikan pesan yang sudah dihapus

Sudah tidak asing lagi bahwa kebanyakan pengguna WA menggunakan WA sebagai chatting. Ada banyak hal-hal istimewa yang kita obrolkan dengan keluarga maupun teman anda melalui WA. Dan terkadang tanpa disengaja anda menghapus pesan tersebut. Jika anda tidak ingin kehilangan tulisan atau chat tersebut maka anda bisa mengembalikannya lagi. Anda masih bisa mengembalikan pesan dengan cara tertentu.

  • Cara mengetahui lokasi orang melalui WhatsApp

Anda juga bisa melakukan pencarian lokasi seseorang menggunakan pesan WA.

  • Membaca pesan tanpa ketahuan

Terkadang sering sekali kita malas untuk membaca pesan seseorang, jika anda mengalami hal seperti ini maka anda bisa membaca pesan tersebut tanpa ketahuan.

  • Tips menggunakan 2 akun WhatsApp dalam satu handphone

Kata siapa kita hanya bisa menggunakan satu WhatsApp saja, ternyata kita bisa memiliki dua akun sendiri di handphone satu. Caranya adalah dengan menggunakan aplikasi Disa. Selain menggunakan aplikasi ini anda juga bisa menggunakan cara lainnya. Sangat cocok digunakan bagi anda yang memiliki bisnis. Anda sediakan satu hp dengan 2 memory kartu. Selanjutnya Download aplikasi WhatsApp biasa dan WhatsApp bisnis. Masukkan nomor satu yang digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman di WhatsApp biasa. Dan letakkan nomor khusus pelanggan atau klien letakkan di WhatsApp bisnis.

  • Cara membuat WA teman rusak atau crash

Cara mudah untuk jail dengan teman adalah dengan mengirim 4200 emoji ke WA teman anda, selanjutnya WA teman anda akan memngalami crash atau kerusakan.

  • Emoji jari tengah dan kondom

Emoji jari menjadi emoji yang resmi di WhatsApp. Ada juga emoji kondom yang digunakan sebagai emoji kampanya anti AIDS.

  • Menggunakan WA web

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa WA tidak hanya dimainkan di HP saja, namun juga bisa anda mainkan di laptop atau PC. Cara menggunakan WhatsApp web sangat mudah sekali, anda tinggal masuk ke alamat whatsApp online. Aktifkan wa anda dan silahkan scan barcode. Selanjutnya anda bisa mengirim berbagai file, film dan lain sebagainya.

  • Kirim pesan WhatsApp secara otomatis dan juga terjadwal

Anda juga bisa mengirim pesan waktu secara terjadwal dan otomatis sendiri, caranya adalah dengan mengisntal aplikasi lainnya yang bernama WhatsApp Scheduler. Dengan bantuan dari fitur keren ini maka anda bisa membuat sebuah pesan WhatsApp. Silahkan atur waktu kirim sesuaikan yang anda inginkan.

  • Cara mengetahui whatsApp diblokir atau tidak diblokir

Sering sekali kadang kita hanya bisa menebak apakah WA kita diblokir atau tidak. Untuk mengetahui apakah WA kita diblokir atau tidak adalah dengan beberapa cara.

  • Mematikan notifikasi group

Banyak orang yang memiliki group di WA. Sering sekali anda akan terganggu dengan hal-hal kecil seperti notifikasi. Dan tidak selamanya pesan yang dikirim teman-teman anda penting. Ada banyak hal tidak penting yang dibahas. Dan yang membuat pengguna tidak suka adalah bunyi notifikasi. Untuk mengatasi bunyi notifikasi yang mengganggu maka anda bisa mematikan notifikasi grop. Dengan adanya fitur ini maka anda tidak akan terganggu. Cara untuk mematikan notifikasi juga sangat mudah sekali, yaitu dengan cara menekan lama group, selanjutnya pilih gambar speaker.

  • Backup pesan WhatsApp di Cloud Stroge

Sangat penting sekali membackap file maupun percakapan yang masuk ke pesan WhatsApp. Anda bisa menggunakan aplikasi Symnc untuk mendapatkan pesan yang dibackup.

  • Melakukan chatting tanpa adanya kartu SIM

Bagi anda yang menggunakan tablet maka bisa bermain WhatsApp tanpa adanya SIM.

  • Ada banyak fitur keren lainnya

Ada banyak sekali fitur keren yang akan anda dapatkan melalui WA. Di antaranya ada preview linkwebsite, custom notification, dan backup google drive.

Dan masih banyak lagi fitur keren lainnya yang ada pada WhatsApp. Dengan fitur keren di atas maka anda bisa berkomunikasi nyaman dengan seseorang. Jika anda mengalami masalah pada WhatsApp di hp, anda jugabisa menggunakan WhatsApp web di laptop maupun PC. Untuk info seputar WA web anda bisa mampir untuk mendapatkan info beragam jenis melalui androox.com. Androox merupakan salah satu website terpercaya segala hal yang menyangkut dengan teknologi. Dapatkan beragam tips dan trik menarik di tempat ini. Selain WhatsApp juga membahas aplikasi keren lainnya seperti instagram, BBM, dan lainnya. Bahkan anda juga bisa mendapatkan beragam info seputar game.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tags: