Jawa Timur merupakan salah satu propinsi besar di Indonesia yang menyimpan banyak pesona. Salah satu pesona Jawa Timur yang dikenal baik oleh masyarakat Indonesia adalah keindahan alamnya. Karena terlalu indahnya, keindahan alam Jawa Timur sulit untuk dilupakan oleh para wisatawan yang mendatanginya. Para wisatawan yang mendatangi lokasi wisata Jawa Timur bahkan akan selalu mengingat dengan baik akan keindahan alam yang dimiliki oleh Jawa Timur. Jika Anda ingin merasakan keindahan alam yang ada di Jawa Timur, Anda dapat berkunjung ke beberapa lokasi wisata alam Jawa Timur. Di beberapa lokasi wisata alam tersebut, Anda akan disajikan dengan maha karya Tuhan yang tak bernilai.

Wisata Alam Jawa Timur yang Tersembunyi

Dari banyaknya lokasi wisata alam yang ada di Jawa Timur, lokasi wisata yang tersembunyi dan belum banyak terjamah oleh tangan manusia menjadi pilihan lokasi wisata yang tepat untuk Anda kunjungi. Tidak hanya menampilkan pemandangan alam yang indah, lokasi wisata alam yang tersembunyi bebas akan sampah dan nampak asri. Ketika Anda memiliki beban pikiran yang besar, lokasi wisata alam tersembunyi yang ada di Jawa Timur menjadi pilihan lokasi wisata yang tepat untuk Anda pilih. Air terjun Madakaripura menjadi salah satu lokasi wisata alam tersembunyi yang menyajikan pemandangan alam yang mempesona. Ketika Anda berkunjung ke Madakaripura, Anda akan menemukan air terjun dengan tinggi  200 meter. Sebagai lokasi wisata yang ada di daerah Bromo, Madakaripura masuk ke dalam daftar open trip Bromo. Ketenangan yang disajikan oleh Madakaripura memberikan kesempatan bagi Anda untuk menghilangkan stress akibat banyaknya pekerjaan yang Anda miliki. Tidak hanya itu, Anda juga dapat bersantai di Madakaripura sambil mendengarkan suara gemericik air terjun yang menenangkan. Selain Madakaripura, berikut lokasi wisata alam tersembunyi lainnya yang dapat Anda kunjungi selama berada di Jawa Timur:

www.pexels.com
  1. Pantai Gondo Mayit

Jika diperhatikan dengan seksama, pantai Gondo Mayit memiliki nama yang terdengar seram. Mayit di dalam bahasa Jawa memiliki arti mayat. Meskipun memiliki nama yang seram, pantai Gondo Mayit justru memiliki penampilan yang menakjubkan. Selama berada di pantai Gondo Mayit, Anda dapat menikmati pasir putih dan deburan ombak yang mempesona. Keindahan pantai Gondo Mayit bahkan dapat dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Bali.

  1. Pantai Jonggring Saloko

Lokasi wisata alam lainnya yang belum banyak terjamah oleh tangan usil manusia adalah pantai Jonggring Saloko. Pantai yang berada di Malang ini sangat tersembunyi dan jauh dari pemukiman penduduk. Ketika Anda mendatangi pantai Jonggring Saloko, Anda dapat menghabiskan banyak waktu untuk bermain di atas pasir putih. Batu karang yang tumbuh di sekitar pantai menambah kesan indah dari pantai Jonggring Saloko. Setelah melihat betapa indahnya pemandangan yang dimiliki oleh pantai Jonggring Saloko, Anda pastinya lupa akan rumah.

  1. Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri merupakan taman yang berada di perbatasan kota Jember dan Banyuwangi. Menjadi salah satu taman nasional, taman Nasional Meru Betiri dipenuhi oleh spesies harimau besar, salah satunya adalah harimau Jawa. Karena jarang dikunjungi oleh manusia, Anda akan melihat keasrian pemandangan yang dimiliki oleh taman Nasional Meru Betiri.

  1. Air terjun Lembah Bongok

Wisata alam Jawa Timur tidak pernah ada habisnya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya lokasi wisata alam yang menyajikan pemandangan alam yang luar biasa. Jika Anda memiliki kegemaran akan pemandangan air terjun, air terjun Lembah Bongok menjadi pilihan lokasi wisata yang wajib Anda kunjungi. Ketika Anda berkunjung ke air terjun Lembah Bongok, Anda akan menemukan tiga buah air terjun di satu lokasi. Ketiga air tersebut nantinya akan mengalirkan air menuju sungai yang tidak pernah kering meskipun musim kemarau melanda. Tidak hanya memiliki tiga buah air terjun, lokasi wisata air terjun Lembah Bongok juga memanjakan wisatawan dengan burung dan kera-kera liar.

www.pexels.com
  1. Pulau Bawean

Pulau Bawean menjadi pilihan lokasi wisata alam lainnya yang menarik untuk Anda kunjungi. Pulau yang lebih dikenal dengan Pulau Putri ini kaya akan hiburan. Danau Kastoba merupakan salah satu hiburan Pulau Bawean yang memiliki air yang jernih. Selama Anda berkunjung ke danau tersebut, Anda dapat berenang dan menikmati pemandangan alam di sekitar Danau Kastoba.

Pantai terpencil di Jawa Timur dan menjadi lokasi wisata alam yang mempesona adalah Pantai Klayar. Pantai Klayar merupakan pantai yang berada di selatan propinsi Jawa Timur. Keindahan alam yang dimiliki oleh pantai Klayar tidak perlu Anda ragukan lagi. Di lokasi wisata ini, Anda akan dimanjakan dengan pasir putih dan air laut jernih yang membentang luas. Batuan karang yang ada di Pantai Klayar memiliki bentuk yang mirip dengan air mancur. Akibat bentuk batuan karang yang mirip dengan air mancur, batu karang ini mampu menghasilkan suara yang menyerupai suara seruling. Karena tawaran pemandangan alam yang dimiliki oleh Pantai Klayar, tak mengherankan jika pantai tersebut menjadi salah satu lokasi wisata yang direkomendasikan oleh pemerintah setempat.

www.pexels.com

Destinasi Wisata Jawa Timur yang Membuat Anda Ketagihan

Lokasi wisata alam Jawa Timur yang tersembunyi bukan menjadi satu-satunya jenis lokasi wisata yang dapat Anda kunjungi. Sebagai propinsi yang memiliki lokasi wisata alam yang mempesona, Jawa Timur memiliki banyak destinasi wisata yang dapat Anda pilih. Lokasi wisata yang telah banyak dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan memiliki pemadangan alam yang tak kalah dengan lokasi wisata alam yang tersembunyi. Karena terlalu indahnya, Anda akan dibuat ketagihan dengan destinasi wisata Jawa Timur yang akan dijelaskan di bawah ini:

  1. Gunung Meranti, Banyuwangi

Destinasi wisata Jawa Timur pertama yang akan membuat Anda ketagihan adalah Gunung Meranti, Banyuwangi. Destinasi yang berlokasi di kawasan Kawah Ijen dan Gunung Raung ini memiliki keindahan alam yang tiada duanya. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Gunung Meranti menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin melakukan hiking.

  1. Embung Estumulyo, Nganjuk

Embung Estumulyo merupakan kawasan wisata yang dapat dinikmati secara gratis. Embung Estumolyo sendiri merupakan kawasan penampungan air hujan yang digunakan untuk imigrasi. Meskipun digunakan sebagai penampung air hujan, Embung Estumulyo memiliki pemandangan alam yang mengesankan. Anda akan melihat hamparan pohon hijau berukuran besar yang berada di sekitar Embung Estumulyo.

  1. Coban Talun Batu

Coban Talun Batu menjadi destinasi wisata alam yang populer di kota Malang. Untuk mendatangi Coban, Talun Batu, Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan lokasi wisata tersebut. Karena lokasinya yang strategis, Coban Talun Batu sangat mudah untuk Anda temukan. Tidak hanya menawarkan pemandangan air terjun yang indah, Coban Talun Batu juga menawarkan wisata tanaman hias kepada pengunjung. Anda juga memiliki kesempatan untuk menikmati pemandangan alam Coban Talun Batu dalam waktu yang lama dengan adanya tawaran penginapan yang disajikan oleh destinasi wisata tersebut.

Destinasi wisata alam lain yang akan membuat Anda tercengang adalah Papuma Beach. Pantai popluer di Jawa Timur ini akan memanjakan mata Anda dengan pemandangan alam yang ada. Tidak hanya memiliki air yang jernih, Papuma Beach juga memiliki karang dan perbukitan yang indah. Anda dapat pula menjadikan Papuma Beach sebagai lokasi untuk outbond dan berkemah. Dengan infrastruktur yang memadai, lokasi wisata Papuma Beach sangat mudah untuk Anda datangi. Wisata alam Jawa Timur lain yang akan membuat Anda ketagihan adalah pantai Pathok Gebang. Pantai Pathok Gebang berada di kabupaten Tulungagung. Pantai yang berdekatan dengan pantai Ngalur dan pantai Sanggar ini memiliki daya tarik yang tak biasa. Sebagai pantai yang masih perawan, pantai Pathok Gebang memiliki shower alami yang mempesona. Keindahan alam asri yang dimiliki oleh pantai Pathok Gebeng membuat pantai perawan ini layak untuk tujuan liburan utama. Selama berkunjung ke lokasi wisata ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5.000 saja.

www.pexels.com

Pantai Sanggar menjadi deretan destinasi wisata alam lainnya yang ada di Jawa Timur. Dengan pemandangan alam yang disajikan oleh Pantai Sanggar, lokasi wisata alam ini menjadi lokasi wisata yang sulit untuk dilupakan. Pantai Sanggar merupakan pantai yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain masih asri, pantai Sanggar dilengkapi dengan pasir putih, hembusan angin yang kencang dan deburan ombak yang alami. Dengan tawaran tersebut, tak mengherankan jika pantai Sanggar sangguh memberikan ketenangan bagi wisatawan yang datang mengunjungi pantai Sanggar. Pemandangan pantai yang indah dapat pula Anda peroleh melalui pantai Ngalur. Sama halnya dengan pantai Sanggar, pantai Ngalur belum banyak diketahui oleh orang banyak. Karena masih asri, pemandangan alam yang dimiliki oleh pantai Ngalur tidak perlu Anda ragukan lagi.

Untuk memberikan Anda pilihan akan lokasi wisata alam Jawa Timur yang lengkap, Anda dapat menjadikan Gunung Bromo sebagai pilihan lokasi yang tepat untuk dikunjungi. Sebagai seorang traveler sejati, kurang lengkap rasanya jika Anda belum mendatangi Gunung Bromo ketika berada di Jawa Timur. Keindahan alam yang dimiliki oleh Gunung Bromo tidak hanya dikenal baik oleh wisatawan domestik saja tetapu dikenal baik pula oleh wisatawan luar negeri. Ketika Anda berkunjung ke Gunung Bromo, Anda dapat menikmati sunrise, keindahan kawah Bromo dan menjelajah pasir berbisik. Ketiga hal tersebut merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan untuk menikmati liburan di Gunung Bromo. Karena memiliki suhu udara yang dingin, Anda sebaiknya menggunakan jaket yang tebal ketika menghabiskan waktu di Gunung Bromo.

Kawah Ijen menjadi wisata alam lainnya yang menyajikan pemandangan alam luar biasa. Kawah Ijen sendiri merupakan kawah asam paling besar yang ada di dunia. Dengan luas kawah 5,466 hektar dan tinggi kaldera setinggi 500 meter. Keindahan alam yang dimiliki oleh Kawah Ijen tidak hanya dapat Anda nikmati di pagi hari tetapi dapat pula Anda nikmati ketika dini hari. Jika di pagi hari Anda akan menemukan perpaduan sinar matahari yang berwarna-warni, di dini hari Anda akan melihat fenomena blue fire yang luar biasa. Untuk menikmati keindahan alam Kawah Ijen, persiapkan stamina dengan baik agar pendakian gunung dapat Anda lalui tanpa hambatan.

 

Leave a Reply