Bunga kamboja merupakan salah satu bunga yang sangat dikenal oleh masyarakat secara luas, bunga ini memiliki banyak sekali manfaat. Dan biasanya setiap daerah menggunakan bunga kamboja berbeda- beda, seperti halnya di Bali bunga kamboja di manfaatkan untuk  sembahyang, untuk hiasan dan di beberapa daerah lainnya bunga ini dikenal sangat menyeramkan karena identik dengan pemakaman.

Bunga kamboja bukan asli dari negara Indonesia, melainkan bunga asli benua Amerika bagian tengah. Namun sekarang untuk mendapatkan bunga kamboja yang cantik anda tidak perlu jauh- jauh terbang ke benua Amerika, anda hanya perlu membelinya di Toko Bunga Jakarta. Terdapat beberapa pilihan warna yang bisa anda pilih, namun secara umum bunga kamboja yang berwarna kuning dan putihlah yang banyak di temukan.

Banya yang salah mengira bahwa bunga ini berasal dari negara Kamboja, akan tetapi hal tersebut tidaklah benar bunga ini berasal dari benua Amerika bagian tengah lebih tepatnya yaitu di negara Venezuela, Equador dan juga Cuba. Bunga ini dapat tumbuh di semua tempat, dari mulai dataran rendah hingga dataran tinggi.

Jenis Bunga Kamboja

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya bunga ini memiliki banyak jenis, namun umumnya yang sering di temukan oleh masyarakat adalah bunga kamboja dengan kelopak warna putih dengan kuning. Untuk lebih detail mengenai macam- macam jenis bunga kamboja, simaklah rincian penjelasannya sebagai berikut :

  • Plumeria Pudica

Plumeria merupakan nama ilmiah dari bunga kamboja, salah satu jenis bunga kamboja adalah plumeria pudica yang akan lebih mudah untuk dikenali oleh masyarakat karena bentuknya yang sedikit berbeda dengan bunga kamboja lainnya. Bunga kamboja jenis ini akan mudah di temukan di negara gajah putih yaitu Thailand, namun di sana bunga ini lebih di kenal dengan sebutan sri supakorn.

Sangat mudah sekali untuk membedakan plumeria pudica dengan bunga kamboja jenis lainnya, bunga kamboja jenis pudica ini memiliki ukuran kelopak yang lebih lebar jika di bandingkan dengan kelopak bunga kamboja jenis lainnya. Selain itu pohon atau dahan yang dimiliki memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi seperti pohon lainnya.

www.pexels.com
  • Plumeria Alba

Berbeda halnya dengan jenis plumeria pudica, bunga kamboja jenis ini memiliki ukuran atau tinggi pohon yang cukup tinggi jika di bandingkan dengan ukuran pohon bunga kamboja jenis lainnya lebih tepatnya yaitu sekitar 7 meter. Bentuk dahan yang dimiliki memiliki diameter yang kecil dengan melengkung keatas, setiap ujung dahan bunga kamboja alba ini akan di tumbuhi dengan sekelompok bunga kamboja yang indah.

Bunga plumeria alba ini akan selalu tumbuh subur di negara yang memiliki iklim tropis seperti Indonesia dan juga negara yang terdapat di Asia tenggara lainnya, bentuk bunga kamboja jenis alba ini sangatlah indah memiliki warna dominan putih dan terdapat aksen warna kuning pada bagian dalam kelopak bunga tersebut sehingga menambah kesan cantik dan juga klasik.

  • Plumeria Rubra

Berbeda dengan jenis bunga kamboja sebelumnya, bunga jenis ini akan sangat cocok di tanam serta tumbuh kembang di negara yang memiliki iklim subtropis. Plumeria rubra ini memiliki banyak pilihan warna yaitu warna pink, putih dan juga kuning, namun pada umumnya banyak sekali masyarakat yang mencari bunga kamboja jenis rubra yang berwarna putih.

Kelopak bunga yang dimiliki memiliki diameter yang cukup lebar serta lebih melengkung jika di bandingkan dengan kelopak bunga kamboja jenis lainnya, plumeria rubra ini memiliki ukuran tinggi pohon sekitar 8 meter. Biasanya anda dapat melihat jenis bunga kamboja ini di gunakan masyarakat Bali untuk sembahyang kepada dewa.

  • Plumeria Obutsa

Bunga kamboja jenis obutsa ini banyak di temukan pada daerah yang banyak di sinari oleh matahari, karena bunga kamboja jenis ini tidak bisa hidup pada daerah yang terlalu lembab hal ini akan menyebabkan akar bunga tersebut membusuk dan pada akhirnya mati. Mereka bisa tumbuh dan berkembang pada musim dingin dengan catatan tanah pada bunga tersebut di campur dengan pasir.

Plumeria obutsa ini merupakan jenis bunga kamboja asli dari Guetemala dan juga negara Venezuela, akan tetapi jika ana menginginkannya tidak perlu repot terbang atau melakukan impor dari luar negeri. Anda bisa mendapatkannya di Toko Bunga Jakarta dengan harga yang terjangkau serta kualitas yang bagus.

  • Adenium Swazicum

Jenis bunga kamboja yang satu ini sangat mudah sekali di budidayakan, baikmelalui penanaman dari awal yaitu dengan cara anda menanam biji bunga kamboja tersebut atapun dengan cara yang lebih mudah dan cepat yang kita kenal dengan mencangkok. Hal ini erupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan karena seperti yang kita ketahui bersama pohon dari bunga kamboja membutuhkan waktu yang cukup lama sampai waktunya bisa berbunga.

Berbeda dengan bunga kamboja lainnya, adenium swazicum ini memiliki warna yang sangat menarik yaitu hijau dan terdapat sedikit aksen bulu- bulu halus pada daunnya sedangkan untuk warna bunganya sendiri lebih ke merah muda. Bunga ini akan muncul dan bermekaran menunjukan keindahannya pada musim semi dan kemudian berguguran pada musim gugur, adenium swazicum bisa anda temukan di negara yang memiliki iklim subtropis.

  • Adenium Obesum

Bunga kamboja jenis ini berasal dari benua Afrika, memiliki warna yang sangat indah. Untuk anda yang ingin memilikinya maka tidak perlu khawatir dan jauh –jauh mencari sampai ke benua Afrika, toko bunga Jakarta telah menyediakan berbagai jenis bunga kamboja yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau.

Adenium obesum merupakan salah satu jenis bunga kamboja yang memiliki tinggi pohon sekitar 10 sampai dengan 12 meter, berbeda dengan pohon bunga kamboja jenis lainnya yang memiliki ketinggian sekitar 7 meter. Untuk warna kelopak bunga kamboja sendiri yaitu warna merah dengan semburat warna kuning di tengahnya, hal ini akan membuat siapa saja jatuh cinta dan ingin memiliki bunga tersebut ketika melihatnya

www.pexels.com

Manfaat Bunga Kamboja

Selain indah dan dapat di jadikan tanaman hias, bunga kamboja memiliki manfaat lain yang belum di ketahui oleh masyarakat luas. Hal ini di karenakan masyarakat secara umum selalu menghubungkan bunga kamboja dengan hal- hal yang bersifat mistis, adapun beberapa rincian manfaat dari bunga kamboja ialah sebagai berikut :

  • Meredakan Bengkak

Salah satu manfaat yang dimiliki oleh bunga kamboja adalah meredakan kaki yang bengkak, selain kelopak bunga yang di butuhkan untk mengobai kaki bengkak adalah akar dan juga batang bunga kamboja. Jadi semua yang ada dalam bunga kamboja dapat di manfaatkan sebagai obat, akan tetapi untuk di jadikan sebagai obat anda harus mengolahnya terlebih dahulu.

Pengolahan bunga kamboja yang harus anda lakukan untuk bisa memanfaatkannya sebagai obat sangatlah mudah dan cepat, anda hanya tinggal mendidihkan air yang bersih sesuai dengan yang di butuhkan. Setelah mendidih masukanlah kelopak bunga, akar dan juga batang diamkan sampai air mendidh dan sedikit berubah warna, kemudian campur sedikit garam.

  • Mengobati Gigi Berlubang

Hal ini sangat mungkin sekali terjadi, yang menyebabkan bunga kamboja dapat mengobati sakit gigi karena di dalamnya memiliki kandungan zat tannin dan alkaloid yang bisa membuat gigi berlubang menjadi sembuh. Akan tetapi pengobatan gigi berlubang dengan menggunakan getah bunga kamboja hanya bersifat sementara dan hanya merupakan pereda rasa sakit saja.

Seperti yang kita ketahui bahwa bunga kamboja tidak dapat menutup lubang pada gigi hanya bisa sebagai pereda dan menghilangkan rasa nyeri untuk sementara waktu. Adapun caranya adalah dengan menggunakan getah bunga kamboja yang di oleskan pada kapas, kemudian sumpal kebagian gigi yang berlubang. Lakukanlah hal tersebut secara rutin minimal sekitar 2 kali sehari agar dapat sembuh lebih maksimal.

  • Mengobati Borok

Manfaat lain yang di miliki oleh bunga kamboja adalah dapat mengobati borok pada kulit anda, cara pemakaiannya sangatlah mudah anda tidak perlu mengolahnya terlebih dahulu karena untuk mengobati borok pada kulit anda hanya membutuhkan getahnya saja. Untuk cara pengaplikasiannya bisa mengoleskan menggunakan jari atau melalui kapas agar lebih steril, dan menempel lebih lama sehingga luka pada kulit anda cepat kering dan sembuh.

Selain itu getah bunga kamboja daun kamboja dapat di gunakan untuk menyembuhkan bisul, cara yang harus anda lakukan tidak jauh berbeda yaitu dengan cara menempelkan daun bunga kamboja tersebut bagian yang terdapat bisul dan jangan lupa anda perlu menambahkan minyak zaitun agar manfaat yang di dapat lebih maksimal.

www.pexels.com
  • Mengobati Penyakit Kencing Nanah

Penyakit kencing nanah atau yang di kenal dengan sebutan gonorrhea merupakan penyakit seksual yang dapat menular, untuk mengurangi resiko penyebaran penularan penyakit tersebut anda bisa memanfaatkan bunga kamboja sebagai langkah awal pencegahan dan juga pengobatan secara lebih lanjut lagi.

Bunga kamboja dapat menyembuhkan penyakit kencing nanah ini secara bertahap dan jika anda lakukan secara rutin setiap hari sehingga hasil yang di dapat lebih maksimal dan juga cepat terlihat proses penyembuhannya. Cara yang harus anda lakukan sangatlah mudah hanya tinggal mengoleskannya pada bagian alat vital atau dengan menggodok terlebih dahulu kemudian air tersebut di gunakan untuk membasuh.

  • Digunakan Sebagai Antibiotik

Bunga amboja memiliki banyak sekali manfaat selain dapat dinikmati keindahannya dan juga di gunakan sebagai salah satu bahan yang di gunakan oleh umat budha ketika beribadah, salah satunya adalah dapat di gunakan sebagai antibiotic.

Tentunya dalam penggunaan bunga kamboja sebagai anti biotik ini tidak boleh di lakukan sembarangan, harus ada dosis tertentu yang di ikuti agar hasilnya dapat maksimal dan tidak menyebabkan berbagai hal yang tidak di inginkan. Untuk mendapatkan hasil lebih maksimal maka setelah menggunakan getah kamboja pada penanganan awal, maka hendaklah anda berkonsultasi kepada dokter sebagai tahap lanjutan.

Bunga kamboja merupakan bunga hias yang memiliki banyak manfaat dan kegunaannya selain di jadikan untuk tanaman hias bunga kamboja sering di temukan di makam tentunya dengan ukuran yang sangat tinggi dan berbeda dengan bunga kamboja yang di jdikan sebagai tanaman hias.

Leave a Reply