Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia. Mendapat julukan kota pahlawan, ternyata Surabaya juga terkenal dengan kulinernya. Tak heran, jika Surabaya mendapat julukan kota sejuta kuliner. Berbagai jenis kuliner bisa ditemukan di Surabaya, yang tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Ada makanan yang pedas, ada pula makanan yang manis, dan gurih. Tidak hanya makanan modern saja yang disajikan di Surabaya, makanan tradisional pun banyak disajikan. Banyaknya jenis makanan yang ada di Surabaya tentu menjadi surga tersendiri bagi para pecinta makanan.

Berkunjung ke Surabaya, tentu tidak akan puas dan cukup jika hanya dilakukan dalam satu hari. Maka dari itu, butuh waktu seminggu untuk bisa menikmati berbagai sajian masakan khas kuliner Surabaya. Tak hanya itu, selama berkuliner, kalian juga bisa menikmati berbagai tempat wisata yang ada di Surabaya. Lumayan kan, bisa sepaket, merasakan enaknya masakan khas Surabaya dan menikmati indahnya destinasi wisata di kota pahlawan ini. Untuk kalian yang mau, sedang, dan akan berlibur ke Surabaya, berikut akan diuraikan mengenai kuliner, penginapan, maupun rekomendasi transportasinya.

www.pexels.com

Kuliner Surabaya yang Wajib Dicoba

Kalian pecinta makanan? Kayaknya wajib nih coba kuliner Surabaya. Surabaya sepertinya menjadi destinasi yang tepat untuk kalian para pecinta makanan. Dari rujak cingur sampai rawon, semua ada di Surabaya. Berikut daftar kuliner yang wajib kalian coba saat datang ke Surabaya.

  1. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Rujak cingur merupakan makanan dengan bahan dasar hidung sapi. Rujak cingur adalah salah satu makanan khas Surabaya. Makanan yang satu ini pun juga tidak sulit untuk ditemukan, karena di setiap sudut kota Surabaya pasti banyak yang menjual rujak cingur. Namun, ada tempat makan rujak cingur di Surabaya, yang harus kalian datangi ketika berkunjung, yakni Rujak Cingur Ahmad Jaiz. Lokasi Rujak Cingur Ahmad Jaiz yakni di Jalan Achmad Jaiz No 40, Peneleh, Genteng, Surabaya. Kalian tidak akan menyesal ketika menikmati rujak cingur ini, karena ulekan bumbu rujaknya sangat khas, sehingga akan membuat kalian ketagihan.

  1. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Surabaya nampaknya masih menjaga benar kearifan lokal makanannya. Buktinya lontong balap, makanan khas Surabaya masih menjadi menu andalan ketika datang ke Surabaya. Lontong balap yang enak dan lezat bisa kalian temukan di tempat makan Lontong Balap Pak Gendut. Sungguh, rasanya yang lezat dan khas, tidak akan membuat kalian kecewa. Bahkan, bisa saja kalian akan ketagihan lontong balapnya. Pak Gendut sendiri sudah membangun usahanya sejak tahun 1958, jadi tak perlu diragukan lagi kualitas dan enaknya masakan lontong balap Pak Gendut.

  1. Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Sate klopo, dari namanya saja sudah unik. Sate klopo dibuat layaknya masakan sate pada umumnya, yakni menggunakan daging ayam, sapi, atau kambing. Yang membedakannya hanya tambahan penggunaan campuran jeroan dan lemak untuk menambah cita rasa gurih di masakannya. Tak hanya itu, sate klopo juga dilumuri dengan parutan kelapa terlebih dahulu sebelum dibakar. Wah, pasti kalian akan sangat ketagihan dengan cita rasa kuliner Surabaya yang satu ini, karena rasanya yang unik dan beda dari sate lainnya. Sebenarnya, ada banyak sekali warung penjual sate klopo di Surabaya, salah satunya adalah warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih. Lokasi warung ini terletak di Jalan Walikota Mustajab No 36, Surabaya.

www.pexels.com
  1. Nasi Goreng Jancuk

Bagi kalian pecinta makanan pedas, tidak ada salahnya jika mencoba kuliner yang satu ini. Namanya nasi goreng jancuk. Jancuk sendiri merupakan kata umpatan yang sering kali dilontarkan ketika kesal atau untuk mengekspresikan kekecewaan. Sebenarnya, pembuatan nasi goreng jancuk dengan nasi goreng lainnya sama saja. Bedanya, nasi goreng jancuk dimasak dengan banyak campuran cabe rawit. Pedasnya nasi goreng jancuk, membuat banyak orang yang menikmatinya menyebut kata jancuk saking pedasnya. Nasi goreng jancuk ini bisa kalian temukan di Hotel Tunjungan Plaza, biasanya nasi goreng jancuk dihidangkan dalam porsi besar untuk 4 sampai 5 orang.

  1. Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye

Di kalangan muda-mudi Surabaya, Sego Sambel Mak Yeye menjadi primadona. Warung Mak Yeye baru dibuka pada jam 22.00 WIB. Meskipun begitu, sudah banyak orang rela antre berjejer di warung Mak Yeye. Sego sambel buatan Mak Yeye memang tak ada tandingannya. Sebenarnya, yang spesial dari sego sambel Mak Yeye ini adalah sambal buatannya. Sedangkan untuk lauk pauknya, ya seperti biasa, ada ayam, ikan pari panggang, telur, dan tempe goreng. Lokasi warung Mak Yeye ini berada di Jalan Jagir Wonokromo Wetan No 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya.

  1. Mie Pecun

Bagi penggila pedas, memang Surabaya adalah pilihan tepat untuk memuaskan nafsu makan pedas. Mie pecun mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Mie pecun ini sebenarnya adalah mie kuah yang dicampur dengan irisan udang, telur, dan kornet, lalu ditambah dengan bumbu yang pedas. Kuliner ini bisa kalian temukan di Jalan Anjasmoro, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Surabaya.

  1. Rawon Setan Mbak Endang

Sebagai makanan khas Surabaya, rawon tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja oleh pecinta kuliner. Rawon Setan Mbak Endang berada di Jalan Embong, Malang, Surabaya. Tempat makan Mbak Endang tersebut merupakan depot asli rawon yang pertama di Indonesia. Disebut rawon setan, karena warung ini hanya buka di malam hari. Pokoknya kalian tidak akan menyesal kalau makan rawon setan Mbak Endang.

www.pexels.com

Tempat Penginapan Murah dan Nyaman di Surabaya

Jika kalian tinggal di luar Surabaya dan ingin menjelajahi kuliner Surabaya, kalian pastinya membutuhkan tempat yang sesuai untuk penginapan. Apalagi jika kalian bisa mendapatkan penginapan yang murah dan nyaman, tentunya akan menghemat biaya yang dikeluarkan bukan? Di Surabaya, ada beberapa hotel yang menawarkan paket inap hanya Rp 100.000,00/malam, yakni Livinn Hostel City Center Surabaya, Green Surabaya Homey, Capsule Homestay, West Surabaya Homey, dan My Studio Hotel City Center Surabaya.

Rekomendasi Transportasi

Berlibur dan menikmati kuliner Surabaya, tentunya kalian akan membutuhkan alat transportasi. Jika kalian tidak ingin susah-susah naik bus, maka travel malang Surabaya menjadi pilihan yang tepat. Maksudnya, kalian bisa menyewa jasa rental mobil maupun motor yang ada di Surabaya. Melalui sewa mobil ini, kalian bisa dengan mudah pergi ke mana saja tanpa takut akan kehabisan bus atau pusing-pusing harus mencari angkot umum. Pelayanan rental kini semakin bervariasi, kalian bisa saja menyewa mobil sekaligus dengan supirnya. Selain itu, kalian bisa saja menyewa lebih dari sehari, yang tentunya tarif sewa pun juga akan disesuaikan. Yang wajib kalian bawa sebagai syarat rental, yakni wajib memiliki SIM dan KTP. Hal tersebut digunakan sebagai jaminan untuk merental.

www.pexels.com

Leave a Reply